Another Way to Love Part 2

Rio melemaskan otot-otot lehernya, sudah jam sebelas malam, tapi dia masih sibuk di depan laptopnya. Tanpa mengalihkan pandangannya, rio menggapai-gapai gelas yang ia letakkan di samping laptopnya. Dan dia baru sadar kalo gelas itu udah kosong, waktu enggak ada setitik airpun yang menetes ke dalam mulutnya. Setelah memastikan tugasnya telah ia save, dia pun memutuskan untuk keluar kamar, ngambil minum.
Lampu ruang tengah masih menyala terang, rio dapat melihat mamanya masih duduk di sofa sambil baca-baca majalah. Dia tahu mamanya lagi ngapain, tapi dia memilih untuk ke dapur dulu ngisi gelasnya, dan baru basa-basi ke mamanya.
“Alvin masih belum pulang ma ?” tanya rio setelah kembali dari dapur.
“Belum yo, kok kamu belum tidur sih ?”
“Masih ada tugas ma..” tapi bukannya kembali ke kamarnya, rio malah duduk di samping mamanya. Emang udah jadi rutinitas mamanya hampir setiap malam, nungguin alvin yang paling cepet sampe rumah jam sembilan malem.
“Alvin enggak bilang mau kemana gitu sama kamu yo ?”
“Enggak ma, tenang ajalah, anak mama yang itu kan jagoan, dia enggak bakal kenapa-napa” ujar rio menenangkan hati mamanya.
“Masalahnya, sekarang kan papa kamu lagi ada disini, kalo papa pulang duluan sebelum alvin, bisa-bisa ada perang besar nanti” rio menghela napasnya, dia juga sadar sama kondisi di rumah ini. Di satu sisi dia tahu papanya kasar sama alvin karena alvinnya kadang keterlaluan, tapi di satu sisi rio juga tahu, kalo alvin cuma enggak suka di atur ini itu.
“Kok belum pada tidur sih ?” acha, adek kandungnya rio sama alvin, keluar dari kamarnya.
“Kamu sendiri ngapain cha ?” tanya mamanya.
“Lagi enggak bisa tidur ma..”
“Enggak bisa tidur, apa lagi twitteran..” goda rio.
“Yee, apaan sih kak rio..”
“Jangan lupa lho cha, kamu sekarang udah kelas tiga smp, bentar lagi ujian, di kurangin dululah main internetnya” nasihat mamanya bijak. Acha cuma bisa senyum-senyum doang, tapi matanya mendelik ke arah rio.
“Iya mamaku sayang. Lagi nungguin kak alvin ya ?”
“Udah sana, kalian pada tidur aja besok kan masih sekolah, biar mama yang nungguin kak alvin” acha dan rio enggak ngebantah kata-kata mamanya. Mereka sama beranjak menuju kamar masing-masing.
“Kak..” acha menarik tangan rio saat radius mereka sudah cukup aman dari tempat mamanya.
“Kenapa cha ?”
“Tadi aku di kasih tahu aren, katanya dia hari ini, kakaknya kak riko, enggak bisa jemput dia gara-gara ada urusan, kakak tahu kan maksud aku ?” rio sangat paham akan maksud adeknya itu.
“Ya udah, kakak coba hubungin alvin. Udah sana kamu tidur” acha nurut dan langsung masuk ke kamarnya. Rio juga langsung masuk ke kamarnya, dan meraih bbnya. Baru ia mau menghubungi alvin, alvin lebih dahulu menelponnya.
“Dimana lo ?” tanya rio langsung.
“Di depan rumah. Mama  masih nungguin gue ya ? gue enggak bisa masuk nih. Enggak mau bikin mama khawatir kalo ngelihat gue”
“Ya udah gue alihin dulu perhatian mama, tunggu ya” rio langsung memutuskan telponnya dan pergi ke kamar acha. Acha yang udah siap banget mau tidur, bener-bener kaget sama ulah kakaknya.
“Ya ampun kak, bikin kaget aja”
“Cha, kamu alihin perhatiannya mama dong, alvin udah di depan rumah, tapi kayanya dia bonyok deh, bisa heboh nanti mama lihat dia kaya gitu”
“Terus aku ngapain kak ?” tanya acha bingung.
“Ngapain kek, ayolah..” bujuk rio.
“Kalian berdua entar traktir aku ya..” rio cuma menganggukan kepalanya. Lalu dia ngekorin acha keluar kamar.
“Ma..” acha menyenderkan kepalanya di pundak mamanya.
“Kenapa sih cha ? kok keluar lagi ?”
“Acha enggak bisa tidur ma, mama temenin acha di kamar dong” acha mulai mengeluarkan jurus manjanya.
“Biasanya juga tidur sendiri”
“Tadi acha sama aren abis nonton film horror ma, serem banget, acha takut” acha yang enggak patah semangat terus usaha ngebujuk mamanya.
“Bentar lagi ya, tunggu kak alvin dulu”
“Udah ma biar rio aja yang nungguin alvin” tiba-tiba rio keluar lagi dari kamarnya, dengan cara yang sama, bawa-bawa gelas kosong.
“Ya udah entar kamu yang bukain pintu ya, biar enggak usah rame-rame, enggak enak sama tetangga. Ayo cha, makanya lain kali kalo penakut, enggak usah nonton film hantu segala” acha cuma nyengir doang, dia langsung ngajak mamanya ke kamarnya. Sementara rio, setelah melihat keadaan aman, langsung buka pintu depan. Tanpa dicari, ternyata alvin udah nunggu di depan pintu.
Rio sih enggak kaget-kaget amat, lihat muka alvin yang sedikit lebam. Dia ngikutin alvin ke kamarnya sambil nenteng-nenteng kotak p3k. Alvin pasrah aja di obatin sama rio, kalo udah kaya gini, rio jadi galak sama dia.
“Thanks yo..”
“Sip. Traktir gue sama acha ya, tanpa dia, susah banget deh tadi nagalihin mama”
“Terserah lo deh..auww..pelan-pelan gila !” rio tersenyum nakal, dia sengaja agak neken di bagian pipinya alvin yang jadi biru.
“Sama riko ya ?”
“Siapa lagi sih ?” alvin malah balik nanya.
“Lo enggak capek apa ? ayolah, ini udah 2010, enggak jamannya lagi tawuran. Nama sekolah kita nih yang kebawa-bawa” rio emang enggak pernah bisa ngelarang alvin berantem, karena alvin bakal selalu jadi ngehindarin dia kalo udah ngebahas ini.
“Yo, gue capek, mau tidur” selalu seperti ini ujungnya. Rio mencoba mengerti, dia cuma nepuk-nepuk punggungnya alvin terus dia  mau beranjak keluar kamar, tapi tiba-tiba dia jadi teringat sesuatu, dia menghentikan langkah kakinya, dan langsung putar balik terus duduk lagi di tempat tidur alvin.
“Apaan lagi dah lo ?” tanya alvin bingung.
“Gue mau curhat sama lo” ujar rio mantap.
“Via lagi ?” alvin udah apal betul, kalo rio bilang mau curhat ya isinya via semua.
“Hehe, siapa lagi sih bro. Gue mau nembak dia, gimana menurut lo ?” alvin diam, berusaha untuk menguasai emosinya.
“Ya udah sih tembak aja, kenapa nanya gue, kalo mau minta restu sama mama papanya lah” jawab alvin asal.
“Maksud gue gimana cara nembaknya, bantuin gue dong, gue enggak pernah tahu soal ginian nih”
“Lo aja enggak ngerti gimana gue, lo kan lebih pinter dari gue” alvin diam lagi, dia bingung kenapa kata-katanya jadi terkesan sinis gini ke rio. Dia melihat ke arah rio yang kayanya juga agak enggak nyaman sama kaya dia.
“Lo beneran capek ya vin ? ya udahlah curhatnya gue to be continue ajalah”
“Eh enggak kok enggak, yah lo jangan ngambek gitu dong yo. Gue tadi mikir tahu gimana caranya lo bisa nembak via, mau denger enggak ide gue ?” alvin mengedip-ngedipkan sebelah matanya, terkesan lebai emang untuk seorang alvin, tapi alvin rela deh asal suasananya kembali enak.
“Apaan ?” tanya rio semangat. Alvin tersenyum jahil, bikin rio lebih penasaran.
“Besok aja ya, pokoknya besok lo tinggal terima beres deh dari gue”
“Sekarang aja deh vin..” paksa rio.
“Besok ya besok ! udah sana gue mau tidur..hush..hush..” layaknya mengusir seekor anak ayam, rio pasrah aja, dia percaya alvin bakal punya ide yang bagus buat dia besok.
Sepeninggal rio dari kamarnya, alvin melihat ke arah poto yang sengaja di pajang oleh via di kamar ini. Poto mereka bertiga, waktu kelulusan smp. Via berdiri di tengah-tengah, diapit oleh rio dan alvin di kanan kirinya. Via mengalungkan kedua tangannya di pundak masing-masing sahabatnya tersebut. Senyumnya begitu lebar, rona kebahagiaan jelas terpancar di wajahnya. Rio juga tersenyum sumringah, tangan kanannya memamerkan piala juara umumnya, nilai ujian nasional terbaik. Sementara alvin justru tidak sedang menatap kamera, tapi wajahnya malah sedang melihat ke arah via di sampingnya. Via bilang suka banget sama poto ini, karena dia bilang, alvin pantesnya nyanyiin lagu ‘wajahmu mengalihkan duniaku’ buatnya.
Alvin tersenyum simpul, diam-diam dia juga menyukai poto ini. Tapi kemudian dia kembali sadar akan kata-kata rio barusan. Sejujurnya alvin belum menemukan ide apapun untuk rio, itu tadi hanya alibimya saja untuk membuat rio enggak ngerasa disinisin sama alvin. Alvin melihat poto itu sekali lagi, dan entah kenapa tiba-tiba, sebuah ide langsung tergambar cepat di otaknya.
***
Via udah muterin hampir satu gedung sekolahan, dia udah ngecek ke semua kelas, dan ruangan, tapi hasilnya nihil, dia enggak bisa nemuin alvin dimanapun. Sekarang, dia lagi berdiri di depan ruang osis, berharap rapat osis ini cepet selesai dan dia bisa tanya sama rio dimana alvin. Gara-garanya dia baru aja dapet berita, kalo abis ada tawuran lagi antara anak vendas (sing.atventhas) sama anak vailant.
“Rio..” via langsung ngeloyor masuk setelah pintu ruangan terbuka serta beberapa anak keluar dan langsung menghampiri rio. Shilla yang melihat itu, mencoba tersenyum ke via.
“Kenapa vi ?”
“Alvin kemana ? dia baik-baik aja kan ? gue baru denger kalo kemarin ada tawuran lagi”
“Dia sih baik-baik aja, cuma pipinya agak lebam. Tapi hari ini dia emang udah ngilang daritadi pagi, tenang ajalah, dia pasti bakal baik-baik aja kok” rio yang tahu kalo alvin lagi nyiapin idenya jadi santai-santai aja.
“Tapi dia enggak pernah enggak masuk sampai jam segini yo, ini udah istirahat jam pertama” ada nada kekhawatiran yang jelas yang terpancar di suara via.
“Percaya deh vi sama gue, alvin baik-baik aja, oke” rio memegang pundak via dengan kedua tangannya, sehingga posisi mereka berhadap-hadapan, shilla jadi ngerasa enggak enak sendiri, dia pengen keluar, tapi posisinya udah nanggung banget.
“Iya, dia bakal baik-baik aja. Ya ampun shil, maaf ya, kita berdua jadi ngacangin lo”  via yang kayanya baru sadar kalo shilla ada disitu langsung senyum ke arah shilla.
“It’s oke vi, masih mau ngobrol ya ? ya udah deh gue keluar dulu”
“Eh enggak usah shil, hehe, gue udah selesai kok urusanya sama rio, gue aja yang keluar, kalian pasti masih mau ngurusin osis kan ?”
“Via, entar pulang bareng gue lagi ya” kata-kata rio menahan langkah kaki via, dia segera berbalik ke arah rio, tersenyum lalu mengangguk.
“Cie rio, lancar nih pedekatenya” goda shila, rio cuma nyengar-nyengir doang. Entahlah rio sadar atau tidak, tapi shilla merasa aneh saat melihat via yang tatapan matanya begitu khawatir saat menanyakan alvin tadi. 

Via tidak bisa menyembunyikan ketakjubannya, saat rio membuka tutup matanya. Tutup mata yang sengaja rio pasang sejak tadi ia mengajak via pulang bareng. Tanpa disadari, via langsung memeluk rio yang berdiri di sampingnya. Rio yang kaget sekaligus seneng, membalas pelukan via.
“Makasih yo, ternyata lo masih inget impian gue” bisik via di telinganya rio. Rio yang sebenernya enggak ngerti apa-apa cuma ngangguk-ngangguk doang. Lalu dia teringat akan intruksi alvin yang dikirimkan panjang lebar lewat sms kepadanya tadi.
Rio melepaskan pelukannya, dia meraih tangan via, menggenggamnya lalu mengajak via berdiri di tengah-tengah lingkaran bunga yang tersusun rapi. Kemudian rio berlutut di hadapan via.
“Gue mario stevano aditya haling sayang banget sama elo sivia azizah, apa lo mau jadi orang yang akan selalu ada di samping gue, melebihi tugas seorang sahabat” tatapan mata rio begitu tulus. Via menatap mata itu dalam-dalam, dia sangat-sangat kaget, dia enggak pernah nyangka kalo rio bakal ngungkapin isi hatinya ke dia.
Via memejamkan matanya sejenak, lalu ia membuka matanya kembali. Tapi entah mengapa, bukan sosok rio yang ia lihat, ia malah melihat sosok alvin yang sedang tersenyum ke arahnya.
“Vi..” panggil rio pelan.
“Ehm, sejak kapan yo ?”
“Udah lama vi, dari dulu, dari kita masih kecil” ujar rio mantap. Via menghela napasnya, perasaanya enggak menentu saat ini.
“Alvin ?” via tahu mungkin itu pertanyaan bodoh di saat seperti ini, tapi lidahnya bertindak tanpa kuasanya.
“Dia tahu semua perasaan gue, dia ngedukung gue banget” hati via mencelos. Entah mengapa dia sedikit kecewa mendengar kata-kata rio barusan.
“Apa lo masih butuh waktu ?” tanya rio, posisinya masih belum berubah, tetap berlutut di depan via.
“Gue..gue mau jadi cewek lo..” rio langsung berdiri, dia langsung memeluk via, di usapnya lembut rambut kekasihnya tersebut. Via hanya tersenyum, mencoba yakin akan pilihannya.
Alvin menatap adegan itu dari tempat yang cukup tersembunyi. Seharian ini dia udah nyiapin semuanya. Alvin sendiri enggak ngerti kenapa dia harus repot-repot sama semua ini, tapi semua itu bagai terbayar tuntas saat ia melihat senyum via tadi ketika via melihat hasil karyanya ini.
_Flashback_
Via dan rio sedang menggambar sedangkan alvin sibuk dengan bola sepaknya, meski via sudah membujuknya daritadi untuk ikut menggambar, tapi alvin enggak bergeming sedikit pun.
“Alvin duduk dulu dong disini, panas-panasan mulu” dengan malas-malasan alvin ikut duduk di samping via dan rio yang masih sibuk dengan gambarnya masing-masing.
“Gambar apaan tuh, jelek banget” komen alvin saat ia melihat gambar via, yang di dominasi sama warna pink dan bunga.
“Bagus ah vin, lo aja yang enggak ngerti seni” bela rio, via tersenyum ke arah rio, lalu menjulurkan bibirnya ke arah alvin.
“Ini itu cita-cita gue tahu” terang via akan gambarnya.
“Cita-cita apa vi ?” tanya rio penasaran.
“Gue pengen, kalo gue udah gede nanti, ada cowok cakep yang bakal nembak gue di danau ini, terus dia bikinin gue karangan bunga, dari ujung jalan sana sampe ke tepi danau, nah di tepi danaunya itu, ada lingkaran bentuk hati yang juga di bikin dari bunga, terus bunganya warnanya harus pink, nah udah gitu, cowok itu bakal berlutut di depan gue, di dalam lingkaran itu, dan dia bakal minta gue buat jadi ceweknya, romantis banget kan” dengan semangat pol-polan, via menjelaskan itu kepada kedua sahabatnya. Rio mendengarkan itu dengan serius, sementara alvin tetap dengan gaya acuh tak acuhnya.
“Ditembak ya matilah vi” ledek alvin.
“Ah elo mah nyebelin banget sih ! awas aja ya nanti kalo lo udah gede nembak gue, enggak bakal deh gue terima”
“Kalo gue yang nembak di terima enggak vi ?” tanya rio nyamber.
“Enggak tahu deh. Lihat dulu entar rio gedenya ganteng apa enggak”
“Ya gantenglah vi, sekarang aja udah ganteng” ujar rio narsis.
“Entar deh gue pikir-pikir dulu, lagian kata mama, via baru boleh pacaran kalo udah di atas lima belas tahun”
“Masih 8 tahun lagi dong” jawab rio yang nyoba ngitung pake jarinya.
“Tunggu aja ya yo..hehe..alvin enggak mau daftar ?”
“Enggak ah, males..” jawab alvin pendek yang bikin via merengut sebal.
_Flashbackend_
Dan seharian ini, alvin berusaha mengumpulkan bunga warna pink yang berjumlah cukup banyak untuk membuat rangkaiannya dari ujung jalan menuju danau hingga ke tepi danau. Sekali lagi ia melihat ke arah via dan rio yang tampaknya sedang tertawa berdua.
“Yang baru jadian wajib ngasih gue pj” celetuk alvin yang keluar dari tempat persembunyiannya.
“Eh vin, gue cariin dari tadi, thanks ya vin, buat sem...”
“Iya-iya yo, tenang aja, gue siap bantuin lo kapan aja” potong alvin cepat sebelum rio menyelesaikan kata-katanya.
“Buat sem apa ?” tanya via bingung.
“Enggak kok, selamet ya vi, ini bikinan rio semua, bagus kan, sesuai cita-cita lo”
“Vin ini kan ?” tanya rio enggak kalah bingungnya.
“Apaan sih yo ? ya ampun, masa lo sungkan banget sih sama gue, cuma masalah bunga doang sih gampanglah yo”
“Ini semua bikinan lo kan yo ?”
“Iya lah vi, ini bikinan rio, gue cuma bantu cari bunga doang kok” sebelum rio jawab pertanyaan via, lagi-lagi alvin udah jawab duluan. Rio melotot mendengar jawaban alvin, dia enggak ngerti apa maksud alvin bilang gitu.
“Eh gue cabut ya bro, ada urusan” alvin menepuk-nepuk pundak rio sambil tersenyum, dia langsung berbalik gitu aja.
“Vin” langkah alvin berhenti karena suara via menahannya, dari tadi dia emang sengaja enggak mau melihat ke arah via.
“Eh iya vi, lupa, good luck ya” alvin mengahampiri via, tersenyum ke arahnya, lalu kemudian berbalik lagi tanpa memberi via kesempatan untuk ngomong sepatah katapun.
Via memandang punggung alvin yang semakin menjauh, tangan kirinya tergenggam erat oleh tangan rio. Sempat ada beberapa detik, dimana via memaksa matanya bertemu dengan mata alvin, dan yang ia lihat bukanlah mata cuek seperti biasa, mata itu cenderung menatapnya tidak bersahabat dan tersirat sedikit sorot mata nanar sarat kesedihan.
“Udah sore vi, pulang yuk” rio melepaskan jaketnya dan memakaikannya ke via. Via hanya tersenyum melihat aksi pacarnya tersebut. Tapi jauh di lubuk hatinya, via hanya berharap satu, dia tidak sedang ada di jalan yang salah.

Komentar

Postingan Populer