Best Friends nd Love with Line special part "Ending.."

Lima tahun telah berlalu dengan cepat. Meski semua terasa berat di tahun-tahun pertama, tapi mereka semua mencoba tegar. Mencoba terus bertahan di hidup mereka masing-masing, mencoba untuk terus maju dengan senyuman, dan tetap mengenang alvin
Nova membuka tirai jendela kamarnya. Dia tersenyum mengahadap matahari, lalu pandangannya beralih ke arah sebuah poto yang terletak di samping tempat tidurnya.
“Selamat pagi kak, pagi yang indah hari ini..” sapa nova ke poto alvin. Nova mengambil poto tersebut, memandanginya dalam-dalam, senyumnya alvin yang terlihat nyata.
“Hari ini tepat lima tahun kak..” lanjut nova lagi. Matanya menerawang, diam-diam nova masih suka menangis ketika melihat alvin. Dia masih suka mengenang alvin sendiri, pergi ke padang ilalang tempat dimana alvin mencurahkan isi hatinya.
“Tok..tok..tok..nov..” nova menghapus sedikit air mata yang terpeta di wajahnya. Tepat ketika ify dan aren masuk ke dalam kamarnya.
“Udah siap nov ?” tanya ify.
“Udah kak”
“Ya udah ayo kita berangkat, entar keburu siang” kata aren. Nova mengangguk, dia mengambil tas selempangnya, dan mengikuti ify dan aren keluar kamar. Sudah ada ray, rio, cakka,  iel, via, bastian, ourel, osa dan lintar.
“Kak lintar ?” nova begitu surprise melihat lintar juga duduk di ruang tamunya.
“Hai nov, gimana kabar lo ?” lintar tersenyum ke arah nova.
“Baik-baik aja, kakak kapan pulang ? di email terakhir kakak, kakak bilang baru pulang lebaran nanti ?”
“Ini kejutan buat lo”
“Udah-udah kangen-kangenannya, mending kita berangkat sekarang yuk” ajak iel. Teman-temannya nurut.
Mereka langsung berdoa sesampainya mereka di depan makam alvin. Suasana cukup hening, angin-angin yang berhembus bagai sebuah musik pengiring yang mengantarkan rasa rindu mereka untuk, pacar, sahabat, saudara serta kakak.
“Ini..” nova menyodorkan beberapa lembar kertas dan pulpen ke arah semua yang ada disitu.
“Buat apa nov ?” tanya ify bingung.
“Surat buat kak alvin, bukannya kak alvin suka ekspresiin dirinya lewat tulisan ? kenapa kita enggak ngelakuin hal yang sama ?” semuanya tersenyum ke arah nova, lalu mengambil kertas dan pulpen untuk mereka masing-masing. Dalam diam, mereka mengambil tempat yang nyaman, dan mulai menuliskan perasaan mereka.
For my big brother
Gue enggak tahu mau  nulis apa sebenernya kak, gue yakin lo tahu perasaan gue sekarang kaya apa, gue yakin lo tetep kakak gue yang selalu perhatian sama adek-adeknya, dimanapun sekarang lo berada.
Gue cuma mau bilang, kalo sampai sekarang gue masih terus berusaha untuk jadi kakak yang hebat buat aren, walaupun enggak akan pernah sehebat kakak. Tapi gue udah enggak pernah lagi berantem sama dia, gue sekarang selalu berusaha ada buat dia, kita berdua masih sering ngadain sharing time, dan saat-saat itu, rasanya kita berdua bener-bener enggak lengkap tanpa kakak.
Gue yakin kakak baik-baik aja disana, karena gue baik-baik aja disini, dan gue akan selalu menjaga aren.
Ini ajalah kak, tahu kan gue enggak suka nulis ? hehe
Gue kangen sama lo kak.
Ray.
***
Kak alvin
Aren kangen banget sama kakak...
Kakak tahu enggak, aren suka tidur di kamar kakak, suka pake selimut kakak, suka lihat-lihatin poto kakak. Aren tahu, kakak enggak suka aren kaya gini, tapi enggak mudah kak, kalo aren bangun pagi dan cuma nemuin kak ray di meja makan.
Aren emang udah enggak pernah nangis lagi, aren berusaha kuat, berusaha inget kakak pake senyuman aren. Untung ada kak deva, dia masih nemenin aren sampe sekarang. Dia yang nyemangatin aren untuk bangkit dan terus maju. Tapi hari ini kak deva enggak bisa ikut, dia lagi ada tugas di kampusnya, tapi dia bilang, dia nitip salam sama doa buat kakak.
Sekarang aren akur sama kak ray, kita kompak banget. Kakak pasti bangga deh kalo lihat kita sekarang.
Aren sayang sama kakak selamanya.
***
Kak alvin
Cuma satu kata yang kita bertiga bisa ucapin ke kakak, terimakasih.
Untuk segala ketulusan dan kasih sayang yang kakak kasih buat kita.
Untuk mata yang bikin ourel bisa melihat dunia yang selama ini cuma ourel tahu warnanya hitam.
Untuk jantung yang bikin bastian enggak perlu lagi takut ngadepin banyak hal mulai sekarang.
Untuk ginjal yang bikin osa bisa terus beraktivitas tanpa osa harus takut lagi.
Semua yang udah selalu kakak lakuin dan tunjukkin ke kita, harapan-harapan yang selalu kakak ajarin buat kita. Cuma ini yang bisa kita lakuin buat kakak, tapi kita janji, kita bakal pake semua yang udah kakak kasih ke hidup kita dengan baik-baik, kita enggak akan sia-siain ini, Kita bakal ngelanjutin cita-cita kakak. Kita enggak akan bikin kakak nyesel udah ngelakuin ini ke kita.
Makasih kak alvin.
Ourel, osa dan bastian.
***
Buat sobat sejati gue
Alvin, baik-baik aja kan lo ? gue kangen nih sama lo. Enggak ada lagi yang ngajak gue ke the book, enggak ada lagi yang bisa gue telpon malem-malem buat gue curhatin, enggak ada lagi yang ngerti perasaan gue tanpa harus cerita.
Gue yakin lo lihat gue dari atas sana, gue sekarang udah jadi pianis vin. Gue udah ngelangkahin kaki kecil gue untuk menapaki cita-cita gue. Kadang saat gue lagi di tengah-tengah panggung, gue berharap gue bisa nemuin lo di deretan bangku paling depan. Gue berharap bisa lihat lo senyum ke arah gue. Tapi gue yakin, lo pasti tetep melihat gue, lo pasti tetep ngedukung gue, lo pasti tetep ada buat gue, apapun caranya.
Gue sama rio baik-baik aja, dia ngelamar gue seminggu yang lalu. Dan sekarang orang tua gue sama dia mulai cari tanggal-tanggal yang bagus buat hari besar itu. Sedih rasanya kalo gue ngebayangin hari itu, pasti ada yang kurang tanpa hadirnya lo. Tapi hidup harus terus berjalan kan vin, apapun yang terjadi. Gue harap lo selalu jagain kita ya, jagain gue sama rio.
Alyssa kangen alvin.
***
Alvin
Gila udah lima tahun aja ya ?!
Pantes kok rasanya lama banget, ternyata emang susah jalanin hidup kalo orang yang berarti di kehidupan kita udah pergi gitu aja, semuanya jadi terasa enggak imbang.
Haha, keren kan kata-kata gue ? iya dong. Mario gitu. Sekarang gue udah terkenal, lagu gue hits dimana-mana, penyanyi-penyanyi pada antri mesen lagu sama gue. Tapi lo tahu lagu apa yang pertama gue ciptain dan bikin gue terkenal ?
Yap, you’re right. Lagu rindukan dirimu yang inspirasinya dateng dari lo. Lo tahu kan, gue bukan model cowok cengeng. Gue minta maaf waktu gue nganterin lo, kesini, ke tempat peristirahatan terakhir lo, gue enggak bisa nahan air mata itu. Kehilangan ternyata enggak semudah itu, rasanya baru kemarin kita temenan, masih pake seragam tk, rasanya baru kemarin kita jalan bareng, ngobrol bareng, ketawa bareng, eh tiba-tiba gue harus sadar kalo lo udah enggak ada.
Oh ya, gue baru aja ngelamar ify. Dan kali ini tanpa bantuan lo sama sekali..hehe. gue ngelamar dia, di tempat yang sama saat gue nembak dia, gedung kesenian yang lo saranin dan sewain buat gue (sstt..ini tetep rahasia, ify masih mikir kalo itu ide asli gue). Tapi selain itu, semuanya pure ide gue. Entar cuma iel dan cakka yang jadi pengiring gue, padahal harusnya kan ada lo, harusnya lo ikutan berdiri di samping gue, saat gue menjemput hari-hari bahagia itu nanti.
Enggak tahu lagi harus bilang apa, sejujurnya mata gue udah berkaca-kaca sekarang, tapi masa seorang penyanyi terkenal kaya gue harus nangis disini sih..hehe. Intinya apapun yang terjadi, gue akan selalu mengenang lo, sahabat terbaik dan akan selalu jadi yang terbaik.
Mario stevano (nama panggung gue vin !)
***
Hai sob..
Lima tahun. Gue pikir gue enggak akan bisa bertahan selama ini, gue pikir gue enggak akan mungkin bisa terus move on setelah ini, tapi kaya yang selalu lo bilang, kalo Tuhan udah punya takdir dan takdir itu selalu punya rahasia yang indah untuk masing-masing orang.
Lo tahu apa yang paling bikin gue sedih, saat gue masuk ke ruang osis, mimpin rapat dan enggak ada lo di samping gue. Walaupun saat itu, banyak yang ngusulin buat diangkatnya waketos yang baru, gue mati-matian nolak, karena gue cuma pengen angkatan 28 punya satu waketos, waketos yang selalu bisa di andelin, alvin jonathan sindunata.
 Hidup emang enggak bisa di tebak, kaya yang lo tahu, cita-cita gue itu pengen punya perusahaan musik kan ya. Dan entah kenapa sekarang gue malah jadi pilot..hahaha.Tapi jadi pilot bukan berarti dunia musik gue terhenti, gue lagi bantuin via buat ngerintis manajemen artis. Dia emang jago kan kalo soal kaya gini. Dan gue rasa kita bisa jadi partner yang sukses.
Kita emang sempet putus sambung, apalagi pas gue ke australi buat ngelanjutin sekolah gue, tapi emang jodoh enggak kemana. Sekarang gue sama dia, lagi nabung berdua buat kehidupan kita nanti..haha..dewasa banget enggak sih gue ? biasanya ini bagian lo kan. Kita harap kita bisa cepet-cepet nyusul rio sama ify ya. Via lagi di samping gue nih, kita berdua minta doa dari lo ya.
Sahabat enggak pernah pergi sekalipun jiwanya mati.
Gabriel dan sivia.
***
Bro..
Gimana lo disana ? sepi enggak ? atau rame ? kangen kan sama gue ? haha
Gue sih kangen banget sama lo, sumpah ! gue tebak, pasti disana banyak yang antri buat jadi pacar lo..haha. Lo tahu berapa banyak yang nangisin lo lima tahun yang lalu ? hmm, kira-kira hampir seluruh anak cewek satu sekolahan !
Padahal mereka enggak kenal sama lo, jadi lo bisa bayangin kan rasanya gue yang kenal sama lo dari kecil. Idih, hari itu gue beneran lupain gengsi gue. Yang gue tahu cuma, hari itu sahabat terbaik gue udah pergi duluan ninggalin gue.
Tahu yang bikin gue terpuruk ? lo sama agni, sama-sama ninggalin gue gitu aja. Rasanya hidup gue kacau, semuanya jadi enggak beraturan. Gue jadi nyebelin dan bertindak semau gue sendiri. Iel, rio sama ify sampe enggak bisa ngelakuin apa-apa buat nyadarin gue.
Terus lo pasti inget, waktu itu, entah apa dan kenapa. Malem-malem gue dateng kesini, gue cerita semua masalah gue sama lo, dan lo dateng ke mimpi gue, lo cuma bilang ‘jangan sia-siain hidup lo cak, jangan sia-siain orang yang udah sayang sama lo’ . Lo tahu vin, pas bangun pagi-pagi gue ngerasa bersalah banget. Gue langsung sungkem sama nyokap gue, minta maaf, karena gue jadi sering bentak-bentak dia, gue langsung ikhlasin duit gue, buat nraktir anak-anak, gara-gara gue sadar gue udah jadi biang onar selama beberapa hari itu.
Makasih ya vin, apapun lo. Lo tetep aja sahabat gue, yang selalu ada buat gue, yang selalu ngingetin gue. Sekarang gue udah kerja di perusaahaan bokap gue, siapa lagi yang bisa ngehandle itu kalo bukan gue. Padahal dulu gue sering ngetawain lo, kalo lo lagi ngewakilin bokap lo rapat, eh sekarang malah gue yang jadi eksekutif muda..hehehe..
Basket masih tetep jadi hobby gue, tapi gue sadar gue enggak bisa bergantung sama itu. Gue masih mainin itu setiap hari, bahkan gue masang ring basket di ruang kerja kantor gue, keren banget kan ya gue ? haha
Bisa di bilang sekarang hidup gue udah jauh lebih baik, gue udah enggak pernah pake emosi lagi. Yang kurang cuma satu, gue belum dapet bidadari di hidup gue. Mungkin enggak sih, kalo karma playboy gue masih berlaku sampe sekarang ? kalo sempet tolong lo tanyain ke Tuhan ya kapan jodoh gue dateng ? hahaha
Tentang agni,kita masih tetep ngejaga hubungan baik. Dia beneran kaya adek gue sekarang. Dia udah nemuin kehidupannya sendiri, dan gue rasa kita udah enggak bisa kalo harus balikan lagi sekarang. Gue cuma bisa bilang mungkin dia bukan jodoh gue.
 Thanks ya bro for all..
Cakka
***
Vin..
Ini gue lintar. Maaf lima tahun lalu, gue pergi gitu aja. Gue akuin saat itu, gue jadiin beasiswa tersebut sebagai tameng gue. Gue emang enggak pernah bisa kaya lo, enggak pernah bisa ikut bahagia dengan ngerelain kebahagiaan kita sendiri. Gue salut sama lo.
Maaf juga kalo gue biarin nova ngadepin ini sendirian. Inget pembicaraan terakhir kita, waktu gue ngejenguk lo di rumah sakit. Waktu itu nova lagi keluar buat makan, jadi cuma ada gue sama lo doang. Dan lo maksa gue buat janji, janji untuk ngejagain nova. Maaf, gue ingkarin itu.
Tapi gue ngejalanin janji yang satunya, waktu lo nyuruh gue buat ngaku ke nova tentang perasaan gue. Inget kan setelah itu gue ajakin nova ke luar, gue udah bilang sama dia, gue udah jujur sama dia. Anehnya gue enggak pernah bener-bener lega, sampe sekarang.
Makanya hari ini, gue putusin buat balik, waktu kemarin bastian nelpon gue, dan bilang kalo bakal ada peringatan lima tahun kepergian lo. Gue tahu, gue masih utang satu janji sama lo. Ngejagain nova. Gue akan menjaga dia mulai sekarang, jadi apapun gue di hatinya nova, gue akan tetap jagain dia, karena cuma dengan cara ini, gue bisa ngerasa lega, gue bisa ngerasa tenang.
Salam dari anak-anak panti, mereka kehilangan kakak mereka.
Lintar
***
Kak alvin.
Gue berusaha nahan air mata dari tadi, berusaha buat terus tegar dari tadi, berusaha buat buktiin kalo gue baik-baik aja, Tapi gue enggak mau munafik, kalo gue enggak pernah bener-bener bisa balik lagi kaya dulu.
Enggak ada lagi memo-memo yang khusus buat gue, enggak ada lagi kejutan-kejutan kecil buat gue, enggak ada lagi kado di beranda kamar tepat jam dua belas malam saat gue ulang tahun.
Salah kalo gue kangen ? enggakkan. Kakak udah ngasih sesuatu yang enggak bisa gue dapetin dari cowok lain. Isilahnya kaya gini, gue terbiasa makan permen yang rasanya asem manis, tapi saat kakak dateng kakak ngasih gue permen yang rasanya manis, dan setelah kakak pergi, gue enggak pernah bisa nemuin rasa manis itu lagi, sekuat apapun gue ngilangin rasa asemnya.
Lima tahun, yang panjang banget buat gue jalanin. Ada saat-saat dimana gue pengen nyerah, gue pengen pasrah aja, gue capek ngadepin ini semua, tersiksa sama rasa kangen gue ke kakak. Tapi saat itu datang, gue cuma bisa ngebaca memo-memo dari kakak. Catatan yang selalu bikin gue untuk terus semangat dan nemuin motivasi baru.
Kalung ini masih gue pake kak, dan enggak akan pernah gue lepas. Masih ada noda darah yang sama di rantai kalungnya. Dan itu akan selalu bikin gue terkenang akan kakak.
Nova berhenti menulis sejenak, matanya sedikit berkaca-kaca, kenangan itu kembali berputar cepat di otaknya.
_Flashback_
Nova menunggu dengan cemas di bangku taman, alvin masih belum juga kembali, padahal sudah hampir setengah jam berlalu. Belum lagi air matanya yang entah mengapa begitu susah ia tahan. Akhirnya ia putuskan untuk menyusul alvin ke kamarnya. Nova langsung berhenti dengan perasaan was-was saat melihat begitu banyak orang yang berkerumun di dekat kamar alvin. Dia langsung berlari ke arah kamar tersebut, menerobos orang-orang yang menghalangi jalannya.
Dia tidak bisa berkata apa-apa, tubuhnya langsung jatuh terduduk lemas di lantai. Semua mata di ruangan itu menatapnya lirih, seorang suster menghampirinya.
“Dia sudah pergi” kata suster itu pelan. Nova masih saja tertegun, rasanya kata-kata itu tidak ingin ia cerna. Air matanya turun tanpa terbendung, di tatapnya tubuh putih yang sudah terbujur kaku tersebut.
“Ada ini di genggaman tangannya” suster tersebut menyodorkan sebuah kalung berbandul hati ke arahnya. Dengan tangan gemetar nova meraih kalung tersebut, ada noda darah di rantai kalungnya.
“Apa yang terjadi ?” tanya nova lirih di antara tangisnya.
“Tidak ada yang tahu kapan pastinya, seorang suster melihat pintu kamar ini terbuka, dan ketika ia masuk, ia menemukan tubuh alvin sudah tergeletak dengan bersimbah darah, darah keluar dari hidung, mulut bahkan lubang telinganya. Tapi di tangannya dia tetap menggenggam kalung tersebut” penjelasan suster tersebut semakin mengiris pedih hati nova, dan dunianya menjadi gelap tiba-tiba.
_Flashbackend_
“Kak nova..” nova menoleh ke arah belakangnya, meliha siapa yang menepuk pundaknya.
“Eh iya kenapa ren ?” tanya nova sambil berusaha menghapus air matanya dengan gerakan cepat.
“Kakak bengong sih. Udah belum kak nulis suratnya ?”
“Belum, sebentar lagi ya..” aren hanya mengangguk. Lalu pergi ke arah lain. Nova tersenyum, ia melihat kertasnya, dan mulai menulis lagi.
Kakak tahu, saat itu gue ngerasa sedikit bersalah. Seandainya saat itu kakak enggak mau ngasih surprise ke gue, seandainya saat itu gue maksa buat nemenin kakak ke kamar, seandainya...
Ah..gue tahu kak, kita enggak boleh berharap sama harapan kosong. Kata-kata terakhir kakak yang masih akan selalu gue inget sampe kapanpun.
Makasih ya kak, pernah hadir di kehidupan gue, memberi banyak arti dan warna serta pelajaran berharga buat gue.
With love and big hug..
Nova.
Dalam diam nova membaca lagi suratnya, lalu ia melipat kertas tersebut dan menghampiri yang lain yang sedang menunggunya.
“Suratnya kita taro aja disini ya” usul nova sambil meletakkan suratnya di dekat nisan alvin, kemudian diikuti oleh yang lainnya. Mereka berdiri di tempat mereka masing-masing, menatap ke arah nisan alvin. Lima tahun mereka bertahan bersama, saling menguatkan satu sama lain. Jadi tidak peduli masih ada sepuluh, lima belas, dua puluh atau malah lima puluh tahun lagi, mereka akan tetap seperti ini, saling berpegang tangan bersama menjalani kehidupan mereka.
Layaknya di catatan alvin, berdiri di satu garis lurus, dan saling menjaga agar mereka semua tetap ada di lintasan yang tepat.


Komentar

Postingan Populer