Cinta Nano-nano Last Part

Setelah kepergian rio ke singapore, ify jalani hari2nya seperti biasa, semangat, ceria, dan pantang menyerah buat kejar impiannya jadi pianist yang hebat, kangen sama rio? itu pasti! Tiap malem ify memejamkan matanya, dia peluk boneka pemberian rio, batinnya selalu teriak,’kak rio gue kangen sama loe.’ Tapi ify nggak pernah liatin sedihnya ke siapapun.

mario haling

Cakka-agni, alvin-sivia, dan shilla-gabriel makin hari makin lengket, kayanya emang mereka udah nggak bisa dipisahkan.

Deva-keke dan ozy-acha juga gitu, mereka saling dukung buat kebaikan satu sama lain. Olivia masih setia nunggu kepulangan ray.

Em..aren sama septian udah jadian, tapi mereka harus long distance, septian nerusin lagi sekolah kedokterannya di aussy, aren juga udah bersedia nunggu septian.

Beberapa tahun kemudian.

shilla, sivia, agni, ify, Ozy, deva, dan olivia udah jadi mahasiswa sekarang, mereka satu kampus lagi di sebuah universitas terkemuka.

Gabriel udah jadi pengacara muda yang disegani.

Cakka udah jadi musisi yang hebat.

Alvin udah memegang peran penting di perusahaan papanya.

Pagi itu di kantin kampus.

” pagi semua..” sapa ify yang baru dateng.

“ pagi pala loe?! Udah jam berapa ini neng! Kebiasaan loe bangun siang nggak ilang2 ya?” samber agni.

“ ye..tadi malem gue garap tugas gue sampe tengah malem sama debo tau nggak?! Ngantuk gue!”

“ cie..debo ni sekarang?” goda sivia.

“ apaan sih? Nggak lagi!”

“ setau gue debo naksir banget sama loe fy! Usul gue kalo loe nggak mau sama die, jangan loe kasih harapan kosong! Berapa cowo yang udah loe bikin patah hati semenjak kak rio pergi?!” ujar shilla. Semenjak rio pergi, ify banyak banget dideketin cowo, tapi nggak satupun yang nyantol di hati dia.

“ 1,2,3,4,ah..kayanya kalo nggak gue yang kegran 8 lebih ada deh!” jawab ify polos.” Hati gue masih utuh punya kak rio.”

“ loe masih sangat berharap kak rio balik ya fy?” tanya agni sehalus mungkin. Ify ngangguk mantab.

“ jujur iya, gue kangen sama kak rio, bertahun2 dia pergi bertahun2 juga nggak ada kabarnya.” kata ify dengan raut sedih.

“ eh, kok jadi mellow gini sih?!” sela sivia biar suasana nggak tambah sedih.” Fy, loe udah baca kabar belom?”

“ kabar apaan?”

“ itu loh, kabar kalo bakal diadakan audisi pianist, siapa yang lolos bakal tampil di konser seorang penyanyi terkenal, sayang gue lupa siapa penyanyinya, tapi ini kesempatan bagus buat loe fy, loe daftar ya!”

“ males! Paling siapa sih?!”

“ eh, jangan salah! Biar gue lupa siapa penyanyinya tapi gue inget kalo tu singer diincer banyak produser, nah ini kesempatan bagus buat loe fy! Loe bisa tarik perhatian tu produser, dan kalo loe beruntung loe juga bisa nyanyi di sana! Opening song lumayan lah!”

” ayo daftar fy! Gue yakin loe pasti masuk.” shilla memberi semangat.

“ iya fy, Kita semua pasti dukung loe!” tambah agni.

” iya deh, daftarnya dimana?” ify akhirnya setuju.

” ini, Gue punya formulirnya buat loe!” sivia menyerahkan secarik kertas formulir ke ify.” loe isi, tar kalo udah loe kasih gue lagi biar gue kumpulin! Audisinya minggu depan.”

“ sip deh!” jawab ify mantab.

Hari audisi.

Ify deg-degan nunggu giliran tampil, semakin deg2an lagi liat begitu banyaknya orang yang berminat dan begitu bayaknya yang memberikan penampilan yang keren banget.

“ gue gugup ni..” kata ify sambil gesek2in tangannya.

“ tenang fy! Loe pasti bisa! Lagunya udah kan?” agni menenangkan.

“ udah!”

Sampai tiba giliran ify perform.

“ heu..” ify menghela napas panjang.

Sebelum main ify memperkenalkan diri.

“ nama saya alyssa saufika umari, siang ini saya akan membawakan lagu takkan terganti.”

Nggak jauh dari panggung, tapi tempatnya emang tersembunyi ada orang yang mengawasi ify.

“ fy, itu loe? Loe cantik banget sekarang.” kata orang itu terus dia terhanyut sama penampilan ify yang main piano sambil nyanyi.

Telah lama sendiri dalam langkah sepi tak pernah ku kira bahwa akhirnya

Tiada dirimu disisiku..

Meski waktu datang dan berlalu sampai kau tiada bertahan

Semua takkan mampu merubahku hanyalah kau yang ada di relungku

Hanyalah dirimu mampu membuatku jatuh dan mencinta

Kau bukan hanya sekedar indah

Kau tak akan terganti..

Tak pernah ku duga bahwa akhirnya tergugat janjiku dan janjimu

Meski waktu datang dan berlalu sampai kau tiada bertahan

Semua takkan mampu merubahku hanyalah kau yang ada di relungku

Hanyalah dirimu mampu membuatku jatuh dan mencinta

Kau bukan hanya sekedar indah

Kau tak akan terganti..

selesai penampilan ify dapet standing applouse dari juri, beberapa juri malah sibuk menghapus air matanya gara2 terharu sama penampilan ify.

” alyssa, keren! Feel lagunya sampe dan mengacak2 hati saya! Waow..lagunya berkesan buat kamu?” tanya salah satu juri.

” iya, lagu ini menggambarkan rindu saya pada seseorang, lagu ini juga lagu pertama yang dia nyanyikan untuk saya.”

” oke! Pantes manis banget! Selamat ketemu di konser!” lanjut juri itu sambil ngulurin kertas.

” saya di terima?” tanya ify memastikan.

” iya! selamat! Ini lagu yang harus kamu bawakan besok, pesanan langsung dari mario.”

’ eh, mario?’ batin ify,’au ah! Bodo!’

“ makasih semua.” Ucap ify terus nyalamin jurinya satu2.

Di luar tempat audisi.

” hore..gue bakal ikut konsernya...” seru ify sambil peluk sivia.

” selamat deh fy!” ucap alvin ikut seneng.

” makasih semua dukungannya! Gue seneng!” kata ify dengan girangnya.

Agak jauh dari situ, sepasang mata liatin mereka.

” kalian masih akrab juga, gue salut sama kalian! satu minggu lagi!” kata orang itu pelan tapi mantab.

Ify latian sekeras2nya buat koser itu, pagi, siang, sore.

Akhirnya hari yang dinanti datang juga.

Ify udah dandan secantik mungkin, gaun putih selutut, rambutnya yang item panjang digerai gitu aja, cantik banget.

” fy, loe cantik banget.” puji shilla.

“ abis! Loe cantik banget-banget fy.” Tambah gabriel. cakka sama alvin Cuma melongo liatin ify sambih berdecak kagum.

“ hhe..makasih! tapi kok gue ngrasa aneh ya?! Masak gue mau duet ma orang yang nggak gue tau sama sekali, kira2 siapa ya tu orang?”

“ iya juga yah! Tapi yang penting loe kasih yang terbaik!” jawab agni.

“ tapi nggak tau kenapa perasaan gue hari ini deg-degan banget.”

“ itu biasa kali fy! Namanya juga mau tampil di konser segede ini.” jawab gabriel.

“ beda! Deg-degan ini campur rasa seneng, sama kaya waktu gue deket sama kak rio, nggak tau kenapa beberapa hari ini gue rasa kak rio deket banget sama gue, gue ngrasain kak rio ada di sini.”

“ jangan ngaco ah! Mungkin karena loe kangen sama rio kali fy, tapi gue tau doa dan cinta rio pasti selalu ada buat loe dan buat kita.” Jawab gabriel lagi.

“ tapi gue serius! Pasti kak rio kalo ada disini dia udah teriak2 nggak jelas! Hhe..”

“ fy, tenang aja ya! Masih ada kita yang dukung loe!” agni memberi semangat.

“ eh, loe udah di panggil fy!” sivia yang mengingatkan ify buat segera ke panggung, udah dipanggil mc.

“ gue naik dulu!” kata ify.

” iya! good luck fy! Kita dukung loe dari depan, kita ke depan dulu ya!”

” oke!” setelah itu ify naik ke panggung dan yang lain menyiapkan diri buat liat pertujukan ify.

@ stage.

” em..saya alyssa saufika umari, pemenang audisi pianist, rasanya saat ini saya bangga banget bisa berdiri di sini, lagu yang akan kami bawakan adalah lagu yang sangat menyentuh bagi saya pribadi, lagu tentang kerinduan seseorang terhadap seseorang yang sangat dicintai, begitu pula saya saat ini, buat seseorang disana, walaupun mungkin kalau dia disini sekarang, bukan teriakan semangat yang dia serukan, tapi saya tau cintanya tidak akan pernah mati, buat orang yang sampai saat ini mengisi hati saya dan mungkin sampai kapanpun, kak, ify kangen, gue kangen sama loe! Dia punya janji, dia akan datang dan berduet bersama saya dalam sebuah big concert, karena dia juga punya mimpi besar untuk menjadi seorang penyanyi, rindu ½ mati untuk mario stevano aditya haling dan untuk anda sekalian disini, semoga penampilan saya hari ini tidak mengecewakan anda sekalian.” kata ify memulai aksinya. Jari-jari ify mulai memainkan tuts piano setelah itu ify mulai bernyanyi.

Aku ingin engkau ada di sini menemaniku saat sepi, menemaniku saat gundah

berat hidup ini tanpa dirimu ku hanya mencintai kamu, ku hanya memiliki kamu

Aku rindu setengah mati kepadamu

Sungguh ku ingin kau tau aku rindu setengah mati

Masuk bait baru, ify angkat suaranya lagi, tapi kali ini dia denger ada orang lain ikut menyanyi, bukan penonton. Suara yang bener2 nggak asing buat ify.’suara itu?!’ pikir ify. Tapi dia berusaha tetep konsen sama piano dan suaranya.

meski tlah lama kita tak bertemu ku slalu memimpikan kamu

ku tak bisa hidup tanpamu

waktu reff akhirnya pemilik suara itu keluar dan naik ke panggung. Disusul dengan riuh sorak penonton.’ Kak rio..’ pikir ify, matanya sudah berkaca2, rasanya pengen langung peluk rio, tapi ini panggung besar. Tatapan rio ke ify pun pengen bilang ’lanjutin fy!’

aku rindu setengah mati kepadamu

sungguh ku ingin kau tau aku rindu setengah mati

aku rindu..setengah mati

aku rindu setengah mati kepadamu

sungguh ku ingin kau tau

ku tak bisa hidup tanpamu

aku rindu..

selesai lagu ify-rio lari buat deketin satu sama lain. Sekarang mereka Cuma berjarak beberapa centi. Tatapan2 speechless dan nggak tau apa yang harus dilakukan bertemu.

Ify liatin rio dari atas sampe bawah, rio tambah ganteng, tambah dewasa dari sebelum dia berangkat, terlihat sangat gagah dengan jas dan celana putih ditambah dengan dasi emasnya, sinar semangat dari matanya lebih terpancar. Air mata ify mulai leleh.

Rio langsung peluk ify kenceng-kenceng. Beberapa waktu mereka meluapkan rasa rindu dan kebahagiaan mereka.

“ hue....” sorak terharu dari gabriel dan yang lain. Penonton lain ikut bersorak dan bertepuk tangan liat live drama di depan mereka.

Setelah memberi hormat ke penonton ify-rio turun panggung.

@ back stage.

Gabriel, cakka, alvin nunggu rio tepat di bawah tangga, di belakang mereka udah berdiri shilla, sivia, agni, deva, ozy, olivia, acha, keke, dan ray . Begitu turun panggung rio langsung diserbu palukan gabriel, cakka, sama alvin.

“ bro, loe balik!!” seru alvin.

“ gue kangen sama loe!!” seru cakka.

” hidup gue ribet nggak ada loe!!” seru gabriel.

“ gue juga kangen kalian semua, bro, mimpi gue buat jadi penyanyi terkenal bakal terwujud, gue juga udah dinyatakan sembuh total dari penyakit gue!” kata rio dengan semangatnya.

“ kita seneng2 yuk sekarang!” ajak cakka.

” tunggu konser gue kelar dong!” jawab rio.

“ tetep aja judulnya sibuk!” gerutu ify.

“ hhe..yang penting kan sekarang gue ada buat loe, satu mimpi gue yang belum terwujud..” jawab rio gantung.

“ apa lagi sih?” tanya ify penasaran.

“ ada deh! Loe siapin dulu diri loe!”

Konser dilanjutkan.

“ oke! Lagu penutup, hits single saya yang pertama, lagu yang sangat berkesan untuk saya, hari ini saya persembahkan untuk semua sahabat saya, buat semua yang mendukung saya. Rindukan dirimu.” Kata penutup rio sebelum menyanyikan lagu penutup.

Berjanjilah wahai sahabatku

Bila kau tinggalkan aku

Tetaplah tersenyum

Meski hati sedih dan menangis

Ku ingin kau tetap tabah menghadapinya

Bila kau harus pergi meninggalkan diriku

Jangan lupakan aku

Semoga dirimu di sana kan baik2 saja untuk selamanya

Disini aku kan selalu rindukan dirimu

Wahai sahabatku..

Rindukan dirimu..

Ify, liatin rio di atas panggung dengan bangganya, cakka-agni, alvin-sivia, gabriel-shilla, deva-keke, ozy-acha, menikmati suara indah rio, sesekali mereka hapus air mata mereka yang jatuh karena ingat memory mereka dulu. Olivia lagi kangen2an sama ray.

“ liv, hati titipan gue masih loe jaga kan?” tanya ray.

“ iya! Gue masih setia jaga hati gue buat loe, loe juga kan?”

“ pasti! Gue kangen banget sama loe liv.”

” gue juga..hicks..hicks..” olivia sesenggukan.

” hey, ceup! Jangan nangis! Gue sekarang nggak bakal ninggalin loe lagi, i love you liv!” ray peluk olivia.

Setelah konser selesai.

Rio ngajak ify dan yang lain ke rumah barunya.

” ini rumah baru gue..” kata rio sambil buka pintu rumahnya.

” wi..keren loe! Ini rumah loe sendiri?”

” iya! hasil gue manggung!” jawab rio.” Ke halaman belakan yuk! Gue mau tujukin sesuatu sama kalian, gue juga udah siapin semua buat kalian.”

Mereka menuju halaman belakang rumah rio.

Di halaman belakang.

Kolam renang yang luas diatasnya banyak lilin yang mengapung, beberapa meja yang sudah tertata rapi dengan cahaya lilin dan hiasan bunga2.

” wi..so sweet banget kak!” ceplos ify.” Nggak nyangka gue! Ckckck..”

“ hhe..duduk yuk semua!” ajak rio, dia rangkul ify dan dia bawa ke salah satu kursi.

Setelah semua duduk.

“ hidup ini emang penuh misteri ya?!” kata sivia yang masih heran dengan semua kejadian yang dialaminya.

“ iya! Dan gue udah belajar banyak dari misteri hidup, kalian tau, nyawa gue pernah hamper melayang, gue bener2 ngrasaain antara hidup dan mati, dan kalian tau, gue bisa denger suara kalian saat itu, terutama loe fy, gue denger suara loe yang terus ngasih semangat ke gue, dan hebatnya gue bisa ketemu sama tante rosa.”

“ loe ketemu nyokap gue yo?” tanya alvin surprise.

“ iya! Dia minta gue balik sama kalian, dia titip salam buat loe vin, tante rosa bilang dia sayang sama loe, tetap jadi anak kebanggannya ya!”

“ pasti! Tarus gimana ceritanya loe bisa sembuh?”

“ gue lanjutin cerita gue dulu, sampai akhirnya gue bisa lepas dari masa itu, nggak berselang lama, gue dapet donor sumsum dari seorang produser terkenal disana karena gue udah balikin semangat hidup anaknya yang hampir bunuh diri gara mamanya meninggal, gue sembuh total dari leukimia, kalian bisa bayangin?! betapa indahnya rencana Tuhan, yang ternyata nggak Cuma sampe disitu, produser itu janji buatin gue album dan jadilah nama mario stevano, sampe gue bisa ketemu lagi sama kalian sekarang.” Cerita rio panjang lebar.

“ ckckck..ternyata Tuhan emang pasti adil sama umatnya!” tanggap ozy.

“ dan loe tau yo? Ify udah nolak puluhan cowo selama loe pergi.” Cerita gabriel.” banyak banget cowo yang udah dia bikin patah hati, Cuma buat loe!”

“ hhe..emang pesona gue nggak ada yang bisa ngalahin!” rio narsis.

“ penyakit yang ini nggak ilang2 ya kak? Narsis loe masih stadium 4,5!” tambah ify.

” ify, gue kangen sama loe! Kangen banget, gue nggak mau pisah lagi sama loe, sekarang gue ada disini buat loe.” kata rio.

“ gue juga! Gue kangen banget sama loe! Gue nggak mau loe pergi lagi, gue mau loe tetep disini sama gue selamanya!”

” fy, apa..apa hati loe masih punya gue? Atau udah ada yang lain?” tanya rio ragu.

“ gue udah cari lagi yang baru buat ngisi hati gue, yang lebih baik dari loe, kaya kata loe dulu.” Kata ify jail.

“ jadi, udah ada yang lain ya?” tanya rio memastikan dengan kecewanya.

“ tapi sayangnya gue nggak pernah nemuin yang lebih baik dari loe, jadi hati gue masih sepenuhnya buat loe! Gue jaga hati gue baik2 selama loe pergi, gue percaya loe bakal balik lagi buat gue, Cinta gue ke elo dari dulu, sekarang dan sampai kapanpun nggak pernah hilang.” jawab ify.

“ haduh..Bisa2 abis kena leukimia gue kena liver.”

“ kok liver yo?” sela cakka.

“ sakit hati namanya apa kalo bukan liver?!” jawab rio dengan santainya.” Oh iya! ada satu mimpi gue yang belum gue dapetin! Gue pengen dapetin itu malem ini!” kata rio sambil mengambil sesuatu di sakunya. Rio berlulut di depan ify, dia buka kotak perhiasan dari sakunya tadi, cicin emas putih yang idah isinya.

“ alyssa saufika umari, maukah kamu menjadi wanita satu2nya dihati dan hidup aku? Maukah kau menemaniku berjanji setia berdua dihadapan tuhan? kita wujudkan mimpi kita berdua, kita jalani hidup baru sama2, kamu wanita pertama ada di hati aku, sekarang maukah kamu menjadi yang terakhir di perjalanan hidupku?”

Dengarkanlah wanita pujaanku malam ini akan ku sampaikan

Hasrat suci kepadamu dewiku dengarkanlah kesungguhan ini

Aku ingin mempersuntingmu tuk yang pertama dan terakhir

Jangan kau tolak dan buatku hancur ku tak akan mengulang

Tuk meminta satu keyakinan hatiku ini akulah yang terbaik untukmu..

“ k.ka.kak rio, loe serius?” tanya ify hampir speechless saking senengnya. Pipinya udah merah.

“ iya!” jawab rio mantap sambil mengangguk yakin dan tersenyum manis.” Kamu yang aku cari, kamu akhir perjalanan cinta aku, kamu yang bisa menyempurnakan mimpiku, hidupku, semuanya!”

” iya kak! Gu, eh, aku mau! Aku mau jadi pendamping hidup kamu selamanya!” jawab ify, rio pasang cicin tadi di jari manis ify, ify peluk rio.

“ YES! Makasih fy!” rio peluk ify.” aku nggak pernah ngrasaain sebehagia hari ini, jangan panggil kakak lagi dong! Yang lain ya!”

” dasar banyak maunya! Iya rio sayang!”

“ ye..bentar lagi kita resepsi!” seru cakka.

“ kita pesta!” tambah gabriel.

” yah..gue keduluan! Gue nyusul deh!” seru alvin.

“ dulu kita jadian sama2, sekarang kita nikah aja sama2! Hha..” kata rio becanda.

“ udah, makan dulu yuk!” ajak ray yang udah makan duluan dari tadi.

“ hu..rakus bener loe! Kelamaan gaul sama bule ya?” kata ozy sambil noyor ray.

“ kelewatan adegan romantis loe, ray.” Tambah deva.

“ kata2 kak rio tadi gue yang buat.” Kata ray polos sambil tetep asik makan.

Ify langsung melotot ke rio sambil berkacak pinggang.
“ hhe..ify, tapi gue tulus kok! Sumfeh ane zuzur! Berani dicium kebo deh!” kata rio yang udah ancang2 buat lari.sambil garuk2 kepala yang yakin pasti nggak gatel sama sekali
” rio...” seru ify jengkel. Ify sama rio kejar2an keliling halaman balakang rumah rio sambil tertawa puas.

” yah..masih sama aja! Cape deh!” keluh gabriel, cakka, alvin, shilla, sivia, agni, ray, olivia, ozy, acha, deva, dan keke barengan.

”Cinta itu kaya nano-nano ada manisnya ada asamnya, kenapa? Karena kita nggak akan pernah tau rasanya manis kalau kita nggak pernah merasakan asam, dan rasa manis akan jauh lebih manis lagi sesudah kita merasakan asam.”

”Dan, jangan pernah sesali semua yang terjadi di hidup kita, syukurilah! Mau manis mau asam, satu yang harus kita percaya Tuhan pasti punya rencana indah buat kita semua”

Keep our fighting till the end!

Inilah akhir cerita cinta, kaya lagunya glenn fredly, tapi yang ini berujung indah, dan akhirnya mereka semua hidup bahagia selamanya.


--TAMAT--

Komentar

Postingan Populer