Cinta Nano-nano part 11

@ lorong rumah sakit.

“ ma, rio nggak kenapa2 kok pake cek2an segala sih ? males banget tau masuk rumah sakit !” gerutu rio.

“ yang penting kamu ikut !” jawab bu manda singkat

“ tapi rio beneran nggak papa!”

“ mudah2an begitu!”

“ heu..”.

@ ruang dokter.

Dengan senyum ramah tapi maksa dokter menyambut rio dan mamanya.

“ silahkan duduk ibu, mario !” suruh dokter dengan nada rada nggak enak.

“ akhirnya kenapa saya dok? nggak papa kan? dokter sih kebanyakan acara!” cerosos rio seenaknya tapi berhenti pas diliatin mamanya.” Hhe..maaf dok !” lanjut rio sambil nyengir. Liat ekspresi rio yang tetep ceria tapi seenaknya sendiri raut muka dokternya jadi tambah nggak enak.

“ gimana hasilnya dok ?” tanya bu manda yang mulai nggak enak liat ekspresi dokternya.

“ silahkan anda baca !” kata dokter sambil ngulurin amplop coklat yang didepannya ada logo sama nama rumah sakit. Bu manda buka pelan2 amplopnya, terus dia baca pelan2 dan baca bukan Cuma sekali buat meyakinkan kalo yang dia baca itu bener. Setelah baca raut muka bu manda berubah jadi sedih, kertas yang dia baca sedikit basah sama air mata.

“ nggak mungkin dok !” tangis bu manda makin pecah tapi masih ditahan.

“ saya juga berharap begitu, tapi hasil tes laboratorium di rumah sakit ini dijamin kevalitannya.” Jawab dokter. Rio jadi bener2 bingung.’ Kok gue kaya liat sinetron ya?!’ pikirnya.

“ ma, mama kenapa nangis ? rio kenapa ma ?” rio ikutan kawatir. Tangan bu manda yang masih gemeteran ngasih kertas yang dia baca ke rio. Rio baca kertas yang bertuliskan namanya itu pelan2. rio nunduk lemes baca kalimat terakhir leukimia stadium 4.

“ ini beneran dokter ?” tanya rio pelan berusaha sekuat mungkin biar dia nggak down buat mamanya. Dokter ngangguk yakin.” Kok bisa?” lanjutnya masih belum bener2 percaya.

“ sampai sekarang belum kami balum tau penyebab penyakit kamu, bisa saja karena gaya hidup yang kurang sehat, radiasi, atau faktor keturunan.”

“ saya masih bisa sembuh kan dok ?”


“ kesempatan sembuh itu pasti ada nak, kamu bisa malakukan kemoterapi dan pencangkokan sumsum tulang belakang, saya akan memberikan obat untuk menghambat pembentukan sel
darah putih di tubuh kamu.” Jawab dokter datar.

“ cangkok sumsum tulang belakang dok ?” tanya bu manda yang akhirnya buka mulut.

“ iya ! kita bisa mengambil sumsum tulang belakang dari keluarga atau orang yang cocok dan kita transplantasikan ke sumsum rio.” Jelas dokter.” Rio, ada beberapa pantangan buat kamu, jangan merokok, minum sembarang obat atau minum minuman keras, jaga makanan kamu dan yang paling penting kamu tidak boleh kecapekan, karena kalau kamu kecapekan sedikit kondisi kamu bisa langsung drop.”

“ kalau soal rokok dan yang lain saya percaya rio bisa jaga dok, tapi urusan kedua saya juga sudah capek nyuruh dia istirahat dok.” Jawab bu manda yang tangisnya mulai reda.

“ ini buat kebaikan kamu sendiri rio, kondisi kamu sekarang tidak sekuat dulu.”

“ saya usahain deh dok ! Masalah kemo, saya pikir2 dulu ya dok, masih mikir efek sampingnya.” Jawab rio sekenanya.

“ ini resep yang harus ibu tebus, dan kalian bisa konsultasi kapan saja.”

“ baik dok ! kami permisi dulu.” pamit rio terus berdiri dari kursinya dan bantuin bu manda berdiri. Spontan mamanya peluk rio dan ngusap lembut kepala rio.

“ rio, mama sayang kamu.” Ucap bu manda sesenggukan.

“ ma, mama boleh nangis sepuas mama sekarang, tapi rio minta setelah ini mama jangan nangis, gimana rio bisa kuat ngadepin semuanya kalo mama yang selalu jadi semangat rio aja nggak kuat ? mama mau janji sama rio buat kasih semangat kesembuhan rio ?” kata rio pelan.

“ iya yo, mama janji ! tapi kamu juga harus janji sama mama kalo kamu bakal sembuh !”

“ pasti rio bakal sembuh ma, satu lagi, mama Cuma boleh kasih tau keadaan rio sekarang ke papa sama ray, jangan kasih tau ify atau siapapun juga ya ma.” Pinta rio pelan.

“ mereka punya hak buat tau, rio.”

“ tapi rio nggak mau mereka sedih dan nganggep rio nggak bisa ngapa2in, rio nggak bisa bayangin ancurnya mereka kalo mereka tau keadaan rio sekarang.” Jawab rio sambil nunduk.

“ iya mama janji ! sekarang kita tebus obat kamu yuk !” ajak bu manda sambil senyum.

“ hayu..” jawab rio semangat.” Permisi lagi ya dok, maaf jadi tempat drama keluarga deh ruangan dokter.” Kata rio sambil nyengir.” Jangan kapok ketemu saya ya dok! Bakalan sering ketemu kayanya kita dok! hhe..” bu manda sama dokter yang tadinya tegang senyum lagi denger kata2 rio barusan, walopun senyum2 miris.

“ jangan telat minum obat ! jangan kecapekan !” pesan dokter.

“ siap dokter ! boleh jewer deh kalo saya sering kumat !” jawab rio seenaknya.

@ rumah rio.

Ray sama pak putra yang kebetulan pulang agak sore lagi nonton tv sambil nungguin rio sama bu manda balik. Nggak lama rio muncul diikuti bu manda yang matanya masih sembab.

“ mama sekarang boleh cerita ke papa sama ray! boleh nangis juga deh! tapi jangan sampe kedengeran rio! Dan kalo bisa jangan! kalo loe, ray, apapun yang loe denger nanti loe nggak boleh nangis! Malu2in cowo nangis! Rio ke kamar dulu, pengen mandi, gerah banget ni.” kata rio santai sambil senyum. Setelah itu rio ke kamarnya.

Bu manda cerita semuanya ke ray dan pak putra soal keadaan rio sekarang termasuk kesepakatannya sama rio. Kontan mereka kaget, sedih banget.

“ mama nggak bohong kan ?” tanya ray dengan suara serak.” Pasti mama bohong, kak rio aja biasa2 aja kok !” kata ray.

“ mama bisa rasain kalo sebenernya kak rio lagi hancur banget tapi dia coba kuat buat kita semua.” Jawab bu manda, air matanya nggak bisa ditahan lagi dan nangis di pelukan pak putra.

“ ray pengen ke kamar kak rio !” kata ray sambil berdiri.

“ jangan ray! biarin kakak kamu luapin emosinya dulu, papa yakin dia bakal lebih tersiksa kalo dia nutupin terus perasaannya gara2 dia nggak mau liat kita tambah sedih.” Larang pak putra.

“ ray ke kamar dulu.” Pamit ray. Terus dia masuk ke kamarnya yang Cuma sebelahan sama kamar rio.

@ kamar rio.

Abis mandi rio duduk di ujung tempat tidurnya sambil liatin bungkusan yang isisnya beberapa botol dan beberapa bungkus obat yang dia pegang di tangan kiri, tangan kanannya pegang amplop hasil cek labnya. Pikirannya dipenuhi banyak pertanyaan, tuhan apa salah kalo sebenernya saat ini saya takut banget sama penyakit ini yang bisa ngambil nyawa saya kapan saja?apa
salah kalo sekarang saya ngrasa kalo saya udah nggak ada artinya, saya bakal
Cuma jadi orang yang ngrepotin banyak orang? Hal yang paling saya benci dari dulu! Ngrepotin orang lain!

Mama, papa, ray apa rio masih sanggup buat banggain dan bahagiain kalian? Buat jadi yang terbaik buat kalian?

D’orions..heu..apa gue masih bisa jadi cheersleader kalian?gue nggak bisa tinggalin band apalagi basket! Apalagi kalo gue inget pelantikan ketua osis dan nama gue disebutin dengan hebohnya, tanggung jawab yang sekarang gue ragu bakal gue selesein sebaik2nya!

Ify..gue kawatir banget sama loe sekarang! gue sayang banget sama loe, gue cinta sama loe! Loe cinta pertama gue, dan mungkin jadi yang terakhir buat gue, Gue nggak mau lepasin loe, gue nggak mau
kahilangan loe! Gue takut fy, takut banget! Apa gue masih sanggup buat penuhi
janji gue ke loe buat selalu jagain loe apapun yang terjadi? Berapa lama lagi gue bisa penuhi janji gue buat selalu di samping loe? Apa gue harus lepasin loe buat kebahagiaan loe?

Sesuatu yang dia tahan dari tadi akhirnya leleh juga.

‘minimal nggak ada yang liat kalo gue lagi hancur apalagi nangis !’ pikir rio sambil usap air matanya. Dia liat jam diding kamar yang bentuknya bola basket, jam ½ 7 waktunya makan malam. Dia siap2 dan pastiin kalo matanya nggak sembab, untungnya emang nggak. Dia turun bawa obatnya.’lama bener ya gue merenung?!’ pikirnya.

@ ruang makan.

Pak putra, bu manda sama ray udah siap di meja makan sambil nungguin rio. Mereka liatin rio yang tetep seperti biasanya, semangat, mereka liatin rio dengan tatapan yang susah diartikan.

“ kenapa? Kok liatinnya gitu banget? Rio tambah keren ya? Atau tambah ganteng malah?” tanya rio pura2 nggak ngerti sambil duduk di kursinya dan naro obatnya di depannya.

“ kepdan loe !” ceplos ray.” Gue salut sama loe kak ! loe hebat !” lanjutnya.

“ hha..baru tau loe? Akhirnya loe sadar juga!”

“ emang urat pd loe kepanjangan ya? baru dipuji gitu aja kesenengan!” ray sewot.

“ iya kali! Sampe darah putih gue juga kebanyakan! Hhe..” becandaan rio kali ini bikin nggak enak makan yang lain.” Ups..maaf deh ! keceplosan, makan yuk ! tar pada sakit semua lagi.” Rio makan dengan enaknya, yang lain juga jadi ikutan enak.

Setelah selese makan.

“ yo..” panggil pak putra pelan, rio menghentikan kegiatan barunya, minum obat, dia liatin papanya.

“ hmm..” jawab rio pelan.

“ kamu kemo ya nak !” suruh pak putra hati2. rio nunduk.” Gimana yo ?”

“ pa, kasih rio waktu mikirin itu ya !?” jawab rio pelan.


“ iya! papa tau kamu udah dewasa buat nentuin jalan kamu yo, kami bakal dukung semua keputusan kamu, tapi ini buat kamu juga yo! Penyakit kamu nggak main2, tadi mama sama
papa habis tes darah buat cari tau apa sumsum kita cocok buat kamu, dan kalo nggak bisa nggak ada jalan lain buat kamu kecuali kemoterapi.”

“ heu..” rio menghela napas panjang.” Rio ijin keluar sebentar, cari angin.” Pamit rio pelan, dia selesein minum obatnya terus dia pergi.

“ hati2 yo!” pesen bu manda.

Di taman langit tempat yang dituju rio.

Taman langit itu tempat pribadinya rio sama alvin waktu kecil, dia sama alvin yang sering kesini, tempatnya nggak jauh dari rumahnya.

Taman langit itu padang alang2, kalo siang angin bakal bertiup kenceng, tapi kalo malem malah nggak banyak angin, kenapa dibilang taman langit, itu nama kesepakatan rio sama alvin, soalnya waktu mereka kecil, di tempat ini mereka bisa ngrasain kalo langit itu deket banget sama mereka, kaya di dongeng yang sering mama mereka bacain.

Rio juga nggak ngerti kenapa perasaannya bawa dia ke tempat itu. Rio tiduran di rumput sambil liat bintang dilangit yang lagi banyak2nya.

“ udah berapa lama gue nggak kesini ya? alvin masih inget tempat ini nggak ya?” rio ngomong ke dirinya sendiri. Rio atur napasnya biar dia tenang, dia stel lagu dari ipodnya, dia nggak milih lagunya, asal main aja, dia merem minta jawaban dari tuhan. Macem2 lagu diputer, dan nggak sengaja semua lagu itu ngasih inspirasi ke rio. Hatinya makin yakin pas denger suaranya sendiri sama alvin waktu kecil, waktu alvin lagi terpuruk2nya sama kematian mamanya, jangan menyerah. Rio nyanyi2 kecil.

Tak ada manusia yang terlahir sempurna

Jangan kau sesali sgala yang telah terjadi

Kita pasti pernah dapatkan cobaan yang berat

Seakan hidup ini tak ada artinya lagi

Syukuri apa yang ada hidup adalah anugrah

Tetap jalani hidup ini melakukan yang terbaik

Tuhan pasti kan menunjukkan kebesaran dan kuasanya

Bagi hambanya yang sabar dan tak kenal putus asa..

“ gue tau! gue bakal lanjutin hidup gue! Rio bakal tetep jadi rio yang dulu! Gue bakal tetep berusaha jadi yang terbaik buat kalian semua yang gue sayang dan sayang sama gue.” Tekat rio mantab. Setelah itu rio pulang.

@ rumah rio.

Rio langsung katemu ray.

“ bro, ada yang lupa gue omongin sama loe !” kata rio samangat sambil duduk di kursi drumm ray.

“ apaan ?”

“ loe jangan sampe ngomong kesiapapun tentang penyakit gue! Terutama sama ify dan ke temen2 gue.”

“ tadi mama udah bilang! kenapa? Cepat atau lambat mereka juga pasti tau kak! Kalo mereka nggak tau siapa yang bakal jagain loe kalo nggak ada gue, mama, atau papa?”

“ gue bisa jaga diri gue! Gue juga tau cepat atau lambat mereka bakal tau, apalagi kalo gue udah kemo, pasti fisik gue bakal ada perubahan, tapi mudah2an gue tetep ganteng deh! Eh, tapi pasti tetep ganteng, gue mah diapain aja ganteng! tapi buat saat ini gue balom mau ngasih tau mereka, ngerti nggak loe ?”

“ loe mau kemoterapi kak ?” tanya ray memastikan.

“ iya! Gue juga belom bosen idup.” Jawab rio sekenanya.

“ syukur deh kalo gitu !” kata ray agak seneng.

“ gue tidur dulu bro! Loe jangan ngeluh ya kalo gue repotin !” rio jalan keluar kamar ray.

“ iya! Asal loe nggak sering2 aja ngrepotin gue!” jawab ray sambil benerin tidurnya.

Keesokan harinya pas jam istirahat.

@ kantin sma putra bangsa.

Seperti biasa d’orions dan ify dkk yang sudah lengkap sama shilla lagi kumpul2.

“ gimana hasil lab loe yo?” gabriel memulai pembicaraan. Sontak rio kaget.

“ eh..em..biasa kok.” Jawab rio gugup.

“ biasa gimana?” ify ikutan mengintrogasi.

“ ya gue nggak papa!” jawab rio bohong.

“ sukur deh kalo gitu.” Kata alvin.’sukur2 gimana dan darimana bisa disukurin?!’ pikir rio.

“ aren gimana shil ?” tanya rio mengalihkan perhatian biar dia nggak kebanyakan bohong..

“ aren kayanya masih sedih dan patah hati banget deh kak! soalnya kita kemaren nggak berhasil ngejar aren.” jawab shilla sedih.

“ heu..loe bisa temuin gue sama dia nggak?” tanya rio lagi.

“ emangnya kakak mau ngapain?” tanya shilla lagi.

“ yang jelas gue nggak mau nembak dia!”

“ jawab yang bener kali kak !” sela ify.

“ iya! Gue pengen jelasin semua ke dia, waktu itu niat gue tulus Cuma mau nolongin dan rasa bersalah gue aja sama dia, shil, gue nggak nyangka kalo dia ngganggep itu lain, sampe dia jatuh cinta sama gue lagi.” Jelas rio.

“ kak, aren itu masalahnya kalo udah suka sama cowo dia bakal cinta banget sama tu cowo, susah buat dia lepasin gitu aja!” sela agni sambil lirik ke cakka.

“ loe kebanyakan tebar pesona sih yo!” timpal alvin.

“ gue nggak tebar pesona juga pesona gue udah mabur kemana2.” Jawab rio.

“ cakka mamen..loe kan dulu cowonya, loe punya sesuatu nggak yang buat dia ilfil sama cowo?” tanya gabriel.

“ itu juga masalahnya, kalo dia udah cinta sama cowo, semua hal yang dilakuin cowo itu bakal sah2 aja di mata dia, dan dengan gampangnya dia maafin tu cowo, gue playboy aja dia nggak marah!” jawab cakka.

“ kenapa sekarang loe bisa jauh sama dia ?”

“ itu gue yang jauihin dia!”

“ gue nggak setuju kalo cara kak cakka dipake lagi! Kasian aren, dia udah cukup stres dulu patah hati sama kak cakka.” Sela shilla.

“ masak anak smp patah hatinya segitunya sih?” alvin ikutan nimbrung.” Biasanya 1-2 hari udah kelar acara mellow2nya.”

“ orang nyatanya gitu.” Tanggap rio.” Shilla, Loe tar anterin gue ke rumahnya, loe juga ikut fy! Males gue jelasin berkali2.” Suruh rio.

“ loe aja deh kak! gue percaya sama loe.” Jawab ify.

“ nggak! Loe harus ikut! Loe kemaren yang suruh gue jelasin ke aren kan?” kata rio tegas. Skak mat ! mau nggak mau ify harus ikut.

@ smp tunas negara.

Ray dari tadi Cuma diem, nggak bawel dan nyeplos aneh2 kaya biasanya, jam istirahat juga dia nggak ke kantin, satu yang dia pikirin, rio. Ozy sama deva juga jadi bingung, kali ini masalah sama kakaknya apa masalah patah hati lagi.

“ loe kenapa lagi ray? Ada masalah sama kak rio lagi? Atau sama oliv?” tanya ozy mengintrogasi.

“ gue nggak papa! Gue sama kak rio atau sama oliv baik2 aja kok.” jawab ray.

“ tapi kok loe dari tadi diem? Sakit gigi loe?” tambah deva.

“ lagi nggak mood aja! Ngomongin yang lain aja deh! Loe sama acha gimana zy?”

“ belom ada kemajuan sama sekali.” Jawab ozy.

“ hah..itu mulu jawaban loe tiap hari! Cepetan keburu diambil orang!” kata ray mulai semangat.

“ gue beneran nggak yakin sama diri gue!”

“ kayanya gue hampir nyerah sama loe bro! Gue bawa loe ke pakarnya cewe mau?” tawar ray.

“ siapa?”

“ kak cakka! Kakaknya oliv, menurut gue dia itu masternya playboy walopun sekarang dia insap, segala bentuk cewe udah pernah dia taklukin, dari yang lembut sampai yang tomboy blasteran judes, gue yakin kalo loe belajar sama dia, nggak nyampe satu minggu loe udah dapetin si acha.” Terang ray.

“ kayanya perlu dicoba tu !” tanggap deva.

“ nggak ah ! ngapain pake gituan segala?”

“ ya makanya loe maju dong! Setau gue ini yang dinamakan krisis pd bro !” jawab ray.

“ ya udah deh! Bawa gue ke kak cakka aja!” ozy akhirnya pasrah.

Sore harinya.

Rio bawa mobil swift merah kesayangannya buat temuin aren, ify sama shilla udah di dalem mobil. Setelah shilla nunjukin rumah aren, rio turunin mereka di taman deket rumah aren.

“ loe berdua tunggu di sini! pasti bakalan susah bujuk aren buat mau ketemu sama gue kalo ada kalian, tar gue bawa aren ke sini.” Jelas rio.

@ rumah aren.

Tok..tok..tokk..rio ketuk pintu rumah aren. Nggak lama ada ibu2 yang seumuran sama bu manda bukain pintu.

“ sore tante..” sapa rio ramah sambil senyum dan sedikit bungkukin badannya.

“ sore, siapa ya?” tanya ibu2 itu agak kebingungan.

“ saya temennya aren tante, arennya ada?”

“ ada! Mau ketemu?”

“ iya tante, saya rio.”

“ sebentar saya panggilkan, masuk dulu!”

“ saya tunggu disini saja tante, urusannya nggak lama kok.” Ibu2 itu masuk ke rumah, nggak lama aren muncul sendirian.

“ sore ren..” sapa rio sambil senyum.

’ngapain dia senyum kaya gitu segala sih? Bikin nggak bisa marah!’ pikir aren.

“ s..sore..” jawab aren gugup.

“ sory gue ganggu loe! Sekarang loe ada waktu nggak? Gue pengen jelasin semua ke loe.”

“ jelasin aja!”

“ tapi nggak disini, nggak enak sama nyokap loe! Ditaman depan gimana?”

“ boleh deh.”
bersambung...

Komentar

Postingan Populer