Cinta Nano-nano part 13

@ ruang osis sma putra bangsa.

Rapat sedang berlangsung dibawah pimpinan rio. Lagi serius kondisi tidak menguntungkan, rio lagi2 ngarasain pusing+mual-mual.

‘sialan ! pake kumat segala lagi, gue mesti ngapain ni?’pikirnya cari akal.

“ oke! Sekarang kalian mantapkan kegiatan kalian perseksi! saya harap bagaimana jalannya acara dan dana serta persiapan yang dibutuhkan selesai hari ini.” Perintah rio biar yang lain sibuk dengan diskusi masing2. setelah rio liat semuanya sibuk dia ngomong ke gabriel, gabriel wakilnya jadi tugasnya batuin yang lain kalo butuh bantuan, kalo lagi nggak ada yang dia Cuma kasih pengarahan.

“ gue kebelakang bentar.” Pamit rio ke gabriel.

“ yo, loe kenapa lagi? Pucet amat muka loe?”

“ Cuma perasaan loe aja kali.” Jawab rio sambil jalan keluar. Rio cepet2 ke kantin.

@ kantin.


Rio lansung duduk di bangku kantin, nunduk, tangan kanannya pijit pelan kepalanya, tangan kirinya pegangin perut yang udah nggak karuan rasanya.’untung udah sepi, kalo rame bisa
diinterogasi macem-macem gue kalo mereka liat tampang gue kaya mayat hidup gini.’ Pikir rio pas liat mukanya di kaca.

“ loh, mas rio kok malah disini?” tanya penjaga kantin.

“ eh, iya bu.”

“ mas rio sakit? Pucet banget mas? Mau ibu kasih obat?”

‘hah obat? Obat gue belum gue minum! Pantesan badan gue rasanya nggak karuan gini.’ Pikir rio.

“ eh, nggak usah bu, ada air putih sama roti nggak bu?”

“ iya sebentar ibu ambil.” Ibu kantin terus ke tempat dia nyimpen roti, dengan tergopoh2 dia nyamperin rio.

“ ini mas, mas rio beneran tidak papa?” tanya ibu panjaga kantin kawatir. Rio Cuma geleng sambil senyum, trus dia makan rotinya terus dia minum obat yang dia bawa di sakunya. Setelah istirahat bentar dan memastikan dia udah baikan, dia balik lagi.

@ ruang osis.

“ dari mana loe? Lama banget?” cegat alvin.

“ dari belakang, perasaan nggak lama-lama banget kok.”

“ loe abis buang air apa angkat barbel sih sampe kringetan gitu?” cakka ikut2an.

“ abis narik becak gue.” Jawab rio enteng.” Semua, gimana selesai belum?” tanya rio dengan suara keras, biar nggak banyak ditanya lagi.

“ dah...” jawab yang lain kompak.

“ bisa dikumpulkan dan nanti saya buat proposalnya, sekarang mari kita tutup rapat kita hari ini.” Lanjut rio. Setelah berdoa mereka bubaran. Rio dibantu gabriel masih tinggal buat rapiin kertas hasil rapat.

“ bro, ada yang loe sembunyiin dari kita?” tanya gabriel sambil beresin kertas2.

“ apaan?” rio pura2 nggak ngerti.

“ gue juga nggak ngerti itu apa, tapi gue rasa ada sesuatu yang loe sembunyiin dari kita aja.”

“ aneh loe!” omongan rio dipotong sama getar hpnya. 1 messege.

From : mama

Rio, mama tunggu di rs!

“ bro, gue mau jemput nyokap gue, udah selese kan?”

“ iya, ni !” jawab gabriel sambil ngulurin tumpukan kertas ke rio.

“ gue duluan yel!” pamit rio sambil ngambil tas terus pergi.

@ rumah sakit.

Di lorong rumah sakit rio dapet sms lagi.

From : mama

Langsung ke ruang dokter budi aja!

Rio langsung ke ruang dokter.

@ ruang dokter.

“ siang dok..” sapa rio ramah sambil duduk di samping mamanya.

“ siang yo..” jawab dokter sambil nulis sesuatu.” Gimana?”

“ gimana apanya dok?” tanya rio becanda.

“ ya keadaan kamu sekarang? Nggak kambuh kan?”

“ panjang umur deh ni penyakit dok, barusan juga kepala saya kaya abis digebukin, perut saya kaya abis naik rollercoaster 16 kali, obatnya bikin ketergantungan ya dok?” tanya rio seenaknya, masa harus bohong sama dokter.

“ iya, kamu lupa minum obatnya?” tanya dokter lagi.

“ dikit dok!”

“ heu..” dengus mamanya.” Nggak Cuma lupa lagi dok, saya yakin kalo rio juga belum makan apalagi istirahat.” Dokternya geleng2. rio malah nyengir.

“ ini jadwal kemoterapi rio, saya harap keluarga dapat mendukung dan bukan hanya keluarga tetapi juga orang-orang disekitarnya, efek samping kemoterapi bukan hanya beberapa berubahan fisik dan rasa sakit yang luar biasa tapi mungkin juga perubahan psikis.” Kata dokter sambil ngulurin kertas.” Minggu depan kemoterapi pertama kamu.” Lanjut dokter.

“ oke dok! Saya pasti dateng deh! Nggak usah kangen sama saya dok, tenang saja!” canda rio.“ sudahkan dok?” tanya rio.

“ iya!”

“ kami permisi dokter.” Pamit rio.

@ mobil

Bu manda liat kertas yang dikasih dokter tadi, disana tertulis apa itu kemoterapi, cara, dan efek sampingnya, buat bagian terakhir bu manda baca dengan berkaca-kaca. Di halaman paling belakang baru jadwal kemoterapi rio.

“ yo, kalo mama bisa mama mau gantiin posisi kamu sekarang, mama bersedia penyakit kamu dipindah ke mama.” Kata bu manda pelan.

“ sayangnya rio yang nggak bakalan rela ma! Rio sanggup tahan sesakit apapun itu, tapi rio nggak pernah bisa tahan liat mama nangis apa lagi sampe rio liat mama ngrasain sakit yang rio sering  rasain akhir-akhir ini.” Jawab rio sambil senyum.

“ kalu begitu kita berbagi, mama mohon kalo kamu ngrasain sakit kamu bilang ke mama, kamu boleh peluk mama sekanceng2nya buat melampiaskan sakit kamu.”

“ kaya anak kecil dong rio?”

“ buat mama kamu masih tetep rio kecil mama yang bandel dulu.”

“ yah, ray jadi bayi mulu dong ma?” canda rio. Tiba2 hp rio bunyi. Alvin calling..

“ iya vin? Kenapa?” tanya rio setelah angkat telphonnya.

“ loe sekarang dimana yo? Gue lagi di rumah loe ni, ray bilang loe lagi jemput nyokap loe?” kata alvin dari ujung telphon.’untung ray nggak ngomong!’ batin rio.

“ itu loe tau gue dimana, ngapain?”

“ loe buruan balik! Kita ke rumah septian sekarang! Pak duta bilang pertandingan abis semesteran.”

“ hah? Cepet bener vin?”

“ gue juga nggak ngerti, makanya loe buruan! Biar mulai besok kita bisa latian.”

“ iya! Gue udah di depan komplek ni.” Tutt..tutt..suara telphon ditutup.

“ siapa yo?” tanya bu manda.

“ alvin ma.”

“ mau pergi lagi?”

“ iya! Bentar doang, janji makan malam rio udah ada di ruang makan.” Nggak lama mereka nyampe di rumah rio.

“ ma, tolong bilang ke alvin, rio tunggu di mobil.” Kata rio pas mamanya mau turun. Nggak lama alvin keluar dari rumah dan masuk ke mobil terus mereka ke rumah septian.

Di jalan.

“ yo.”

“ hmm..”

“ loe pernah ke taman langit nggak sekarang?”

“ beberapa hari yang lalu gue kesana cari angin, kenapa?”

“ kirain loe lupa sama tu tempat khayalan tingkat tinggi kita.”

“ hha..ya gue inget lah! Waktu kita alay, main layangan abis itu kaya orang abis cari rumput, hha..gue masih inget loe yang masih punya angka 11 diidung!”

“ loe aja kali sama adek loe nggak usah ngajak2 gue!”

“ yang ngajakin gue kan loe!”

“ loe tau apa yang paling gue inget waktu kita tk?”

“ apaan?”

“ nyokap kita bujuk kita buat nyanyi sampe pusing sendiri, karena waktu itu ray masih bayi jadi loe dititipin sama nyokap gue dan yang bikin gue paling inget loe udah dandan keren2 taunya loe dangdutan, dan yang bikin gue bingung kenapa abis itu malah cewe2 mau kasih bekal sama buku ceritanya ke elo?!”

“ hha..masih inget juga loe, berarti seumur idup gue, gue liat loe terus2an dong.”

“ dengan kata lain, sampe pengen muntah gue liat loe mulu, tiap hari jadi saingan gue ganteng2an, tapi nggak papa sih, tiap hari juga gue yang menang.”

“ narsis loe!”

“ biarin! Gue seneng ini!”

“ sivia hebat ya vin?”

“ emang! Dia runner up perempuan terbaik yang pernah gue temui, soalnya juaranya tetep nyokap gue, dia udah balikin diri gue balik ke alvin yang dulu, yang tiap hari disayang oma dan nggak doyan bikin gara2, dia cantik, lucu, imut, baik, sabar, lembut, jago masak lagi! satu lagi, gue berasa jadi cowo terganteng sedunia kalo deket dia!”

“ Nggak nyambung!”

“ kan tadi gue bilang, yang penting gue seneng! Nah, buat gue ify juga hebat bro, dia bisa naklukin hati loe, yang gue tau sebenernya jauh lebih dingin dari sikap gue dulu, nggak ada orang ngerti dalemnya hati loe, semua orang ngganggep loe itu orang yang logis, realistis, lebih suka main pikiran daripada perasaan, susah nembus perasaan loe, apa lagi baca pikiran loe, gue yang sohib loe dari orok aja sampe sekarang masih nggak ngerti!”

“ dan ify bisa nembus semua, bahkan udah ngacak-acak pikiran sehat gue.”

“ iya, makanya sekarang loe tambah sedeng!”

“ hhe..emang gitu ya? Udah nyampe ni.” Kata rio sambil markir mobilnya. Terus mereka turun.

“ ketuk pintunya vin!” suruh rio ke alvin yang jalan duluan. Alvin ketuk pintunya. Nggak lama ada yang bukain pintu.

“ sore, mau cari siapa ya?”

“ ini mbok jum, ya?” tanya rio ramah.

“ iya mas, mas ini siapa ya? mau cari mas septian ya?”

“ saya rio, mbok, ini temen saya, alvin, kita ini temennya septian, kita mau cari septian. Septiannya ada mbok?”

“ mas septiannya lagi pergi sama mbak ify den.” Jawab mbok jum.

“ udah lama mbok?” tanya alvin.

“ dari tadi siang, kayanya juga sebentar lagi pulang mas.”

“ ya sudah mbok, saya telphon septiannya dulu.” Rio langsung telphon septian.

“ hallo yan, loe dimana sekarang?” rio langsung nerocos begitu telphon diangkat.

“ kak rio, gue ify, loe kalo telphon jangan nerocos dulu dong!” ternyata ify yang angkat.

“ septian dimana fy? Loe sekarang dimana?”

“ septian lagi ke toilet, gue lagi makan sekarang di deket rumah septian, ada pesen apa loe mau manjer telphonnya?” belom sempet rio jawab.” Jangan ditutup! Septian udah balik.”

“ hallo yo, kenapa?” septian ngambil alih telphonnya.

“ loe bisa pulang sekarang nggak? Gue ada perlu penting sama loe.”

“ iya! Bentar lagi gue balik, gue abisin makanan gue bentar ya?! tanggung!”

“ iya! Buruan! Gue tunggu.” Rio tutup telphonnya.

“ mbok, kita mau nunggu aja.” Kata rio ke mbok jum.

“ iya mas, silahkan masuk!”

@ rumah cakka.

Ray sama deva bener2 nganter ozy ketemu cakka buat berguru. Mereka berempat lagi meeting sekarang.

“ kalian ngapain kesini? Kalo ray gue ngerti dia mau ketemu oliv, nah, loe berdua ngapain?” Tanya cakka.

“ pertama, ada yang salah sama teori loe, gue nggak mau ketemu oliv hari ini, kalo ketemu namanya bonus, terus gue mau jawab pertanyaan loe, gue udah putus asa temen gue yang satu ini, namanya ozy, dia naksir sama cewe, adek kelas gue, tapi buat deketin aja nggak berani, gue udah nurunin ilmu gue tapi nggak mempan, kali ini gue akui loe masternya playboy, loe ajarin dia ya!?” terang ray panjang lebar.

“ heh? Maksud loe gue acarin dia jadi playboy? Itu emang udah bakat orok kali, gue juga nggak pake belajar!”

“ siapa bilang gue nyuruh loe ngracunin dia?! Gue mau loe kasih dia petunjuk cara dapetin cewe!”

“ lah?! Cewenya kaya gimana?” tanya cakka ke ozy.

“ cantik lah!” jawab ozy singkat.

“ bego! Maksud gue dia gimana tipenya? Buat gue Cuma ada tiga tipe cewe, yang pertama, kita kejar dia lari, kita kejar-kejar dia tapi dia malah menghindar mulu, kita kasih sinyal susah nangkep, tipe ini buat gue paling nyenengin, ada tantangannya, yang kedua, kita diem dia kejar, cewe model ini kalo buat gue bagusnya Cuma buat mainan, apaan? Cewe kok nggak gengsi kejar-kejar cowo, atau kita kejar dia pasrah, ini tipe paling lucu, mau tapi malu! Nah tu cewe yang mana? Tar kalo udah ketemu, baru gue kasih cara deketinnya.”

“ yang jelas nggak mungkin yang nomer dua.” Jawab ozy.

“ terus?”

“ kayanya yang ketiga lebih dia deh!” ray ikutan nimbrung.

“ hmm..berarti loe harus maju duluan.”

“ itu dia masalahnya!” sela deva.

“ kalo di depan cewe nyali gue ilang kak!” tambah ozy.

“ heu..payah loe! Loe gue adepin cewe gue atau oliv keder idup loe!”

“ gue aja keder tu kak! terus loe ada solusi nggak?” sela ray.

“ masalahnya kalo kaya gini bukan soal cewe, tapi soal kepdan loe! Loe mesti pd dong! Loe ada nopenya nggak?”

“ ada.”

“ pinjem hp loe!” pinta cakka, ozy ngulurin hpnya.” Siapa namanya?”

“ acha.” Jawab ozy. Cakka ngutak-utik hp ozy.

“ gue smsin! Nggak pake nolak, sms nggak liat muka aja takut!” dia kirim sms ke acha.

To : acha.

Hi acha, sory ganggu, aku ozy, Kenal kan?

*

From : acha.

Oh, kak ozy? Kok tau nopeku?

“ heh? Loe tau nopenya darimana?” tanya cakka ke ozy.

“ dari ray, dia yang minta ke acha.” Jawab ozy. Cakka geleng-geleng sambil bales sms acha.

To : acha

Aku tau dari temenku,

nggak ganggu kan?

“ ni gue balikin! Loe lanjutin deh smsannya! Sekarang loe bisa pulang, loe kalo ada masalah atau perkembangan boleh lapor ke gue.” kata cakka sambil balikin hp.

“ kak, Cuma gitu doang?”

“ iya! Loe aja yang bego! Ozy itu palingan Cuma ngrasa nggak enak gara2 belom kenal banget, kalo smsan ginikan lama-lama enak ngobrolnya, lah dia Cuma ragu buat mulai, kalo udah terlanjur, kan dia pasti ngrasa nggak enak buat cuekin sms balesannya.” Terang cakka.

“ iya juga ya!” kata deva sama ray barengan.

“ kalo gitu kita pulang dulu kak, thank you so much kak!” pamit ozy sambil senyum2.

@ ruang tamu rumah septian.

Rio sama alvin duduk nungguin septian.

“ mereka tadi dimana yo?” tanya alvin ketimbang diem.

“ sekarang lagi makan.”

“ ify sama septian deket banget ya yo? Kok loe nggak cemburu?”

“ loe sekarang banyak nanya ya?”

“ daripada gue sesat di jalan.”

“ banyak nanya juga idup loe tetep sesat, hha..”

“ mau jawab nggak?”

“ iya! Ify sama septian itu sohib dari kecil, rumah depan itu dulu rumahnya ify sebelum pindah ke komplek kita, kaya kita gitu lah, tapi bedanya kalo mereka dibilang pacaran itu normal, walopun sekarang jangan, kalo gue udah cape bilang amit-amit dibilang hombreng sama loe.”

“ hha..ogah juga gue sama loe! Najong tralala dah!”

“ eh kayanya udah pulang tu.” Kata rio pas denger suara motor.

Nggak lama septian masuk nenteng helm, ify ikutin dengan bawaan yang super banyak.

“ hhe..nunggu lama ya? sory deh! Ada apa kalian ke sini?” kata septian sambil duduk di kursi depan rio.

“ darimana aja kalian?” rio malah balik nanya.

“ shopping!” jawab ify sambil duduk di samping rio.

“ abis dirampok duit gue sama cewe loe yo!” sela septian jengkel.

“ loe kan kalah taruhan bola sama gue, janji loe ditepatin dong!” jawab ify.

“ itu udah ngrampok namanya, rese loe! Udah biarin ify ngoceh sendiri, loe berdua ada perlu apa?” septian balik ke alvin sama rio.

“ ya ampun fy, loe taruhan bola?! Emang cewe maha aneh loe! Pusing juga gue mikirin loe!” kata alvin sambil geleng-geleng.

“ gue gibeng loe mikirin ify!” sela rio.

“ jiah! Berasa cinderella dah gue direbutin sama kalian.” Sela ify kepdan.

“ kepedean dah idup loe! Gue juga bingung gimana critanya rio mau sama loe?!”

“ kalian mau bahas gue apa yang laen?” akhirnya ify menengahi.

“ oh iya! Gue lupa! Loe yang ngomong deh vin!”

“ gini yan, tim basket sma putra bangsa butuh pelatih basket.” Alvin memulai topik pembicaraan yang sebenernya.

“ terus?” tanggap septian.

“ kita pengen loe jadi pelatih kita.”

“ hah? Gue? Nglatih kalian?”

“ iya! Ternyata yang kagum sama permainan basket loe bukan Cuma gue doang, temen2 gue juga.” Jawab rio.

“ gue aja kalah sama rio.”

“ nggak! Gue tau waktu itu loe nggak bener2 maen!”

“ lha terus gue ngapain waktu itu? Nyuci piring?”

“ ya loe nggak ngerahin kemampuan loe sebenernya gitu!”

“ hhe..loe ngrasa ya? abis waktu itu gue liat loe masih pincang, e..masih nekat, coba waktu itu gue menang? nggak bakal abis tu pertandingan, pasti loe mau maen sampe loe menang.”

“ sekarang loe mau nggak?”

“ boleh deh! Kapan mulai latian?”

“ besok!” jawab alvin-rio kompak.

“ hah? Besok? Cepet bener? Emang buat apa? Kapan?”

“ loe kaya wartawan dah! Iya, besok, buat maju ke tinggkat nasional bulan depan.” Jawab rio.

“ hah? Bulan depan? Sarap loe!”

“ emang kenapa?” tanya alvin sama rio kompak.

“ loe berdua baru kemaren sore maen basket? Gitu aja pake nggak ngerti!”

“ aslinya ngerti sih! menurut gue juga waktunya buat event segede itu emang kurang.” jawab rio polos.” Yang penting loe besok nglatih kita di sekolah!”

“ yah! Gue nggak punya sopir dong!” keluh ify yang dari tadi diem nggak ngerti.” Kak rio, loe kok curang ngajak septian segala?! Gue tar pulang sama siapa?”

“ bis belom punah kan?!” jawab rio enteng.

“ yah..bayar dong gue?”

“ kalo loe mau diturunin sembarangan, nggak bayar nggak masalah.”

“ loe rese ah! Biarin deh! Lumayan sambil ngeceng+washing eyes!”

“ emang sabun yang bagus buat mata apaan?” tanya rio sok polos.

“ cowo keren lah.” Jawab ify seenaknya.

“ oke! Loe tabung dah tu cowo keren! Tar kalo udah banyak loe jadiin pemeran! Dasar kebo!” jawab rio ketus.

“ hhe..loe lucu deh kalo ngambek, apalagi kalo lagi cemburu gitu, nggak kok sapiku!“

“ ye..siapa yang ngomong kalo gue cemburu? Nggak ada!”

“ halah..yang bener?”

“ iya! loe mau pulang nggak?” jawab rio sok cuek.

“ nggak, gue mau nunggu mama kesini.” Jawab ify

“ ya udah, kita pulang dulu.” Pamit rio.

“ iya! Ati2!” jawab septian. Alvin sama rio pulang.

Keesokan harinya

@ smp tunas negara.

Ozy berangkat sekolah dengan riang gembira.

“ hai ray...hai..deva...” sapa ozy super ramah sambil naro tas.

“ kesambet apaan lagi loe?” tanya ray heran.

“ gue semalem smsan dong sama acha..” cerita ozy girang dengan genitnya.

“ iya dah! Suka2 loe, ngeri gue deket2 loe sekarang.” Jawab deva. Bel masuk berbunyi.

sepulang sekolah.

Ify, sivia, sama agni nunggu bis di halte deket sekolah, gara2 anak2 d’orions langsung basket. Shilla di jemput sama supirnya.

“ gue jadi inget waktu awal2 kita sma sering nunggu bis kaya gini, akhir2 ini kita di anter jemput sama kak rio, kak cakka, sama kak alvin, kak iel juga, cowo yang awalnya musuh buat gue sama agni dan cowo pujaan sivia yang awalnya Cuma mimpi dapetin pangeran es, seorang alvin jonathan sindunata, eh, taunya cair juga tu es, shilla juga dapetin pangerannya dan nggak kerasa bentar lagi kita kelas dua.” Kata ify sambil inget2 kenangan mereka berempat.

“ semoga kelas 2 kita satu kelas lagi! Amin.” Sambung agni.

“ semoga hubungan kita sama kakak2 d’orions langgeng. Amin” tambah sivia.

Tiba2 ada motor cagiva merah berhanti di depan mereka, yang ngendarai pake helm fullface jadi nggak kliatan, tapi pake baju putih abu2 juga. Setelah berhenti orang itu lepas helmnya.

“ riko..” sapa agni agak surprise.

“ iya! Lagi pada nunggu bis ya?” tanya riko basa-basi.

“ iya.” Jawab agni sambil ngangguk pelan.

“ boleh gue anter loe pulang, agni?” tawar riko, agni liat2an sama ify dan sivia, pengen tanya gimana, ify sama sivia jawab dengan tatapan terserah loe.

“ loe berdua nggak papa gue tinggal duluan?” tanya agni memastikan. Ify sama sivia geleng sambil senyum.

“ oke, ko! Gue mau, itung2 berhemat waktu dan biaya.” Agni memberi kepastian sambil senyum.

“ ya udah! Naik!” suruh riko, agni langsung nangkring.” Kita duluan ya!” pamitnya sambil pake helm. Setelah itu mereka pergi

Ternyata riko sama agni sejak perkenalan itu, mereka jadi sering ngobrol, dan tanpa diketahui agni, riko punya niat buat bikin agni jatuh cinta sama dia.

Beberapa menit setelah agni dianter pulang sama riko, bis yang ke arah komplek ify dan sejalur juga sama rumah sivia dateng, mereka naik terus pulang.

Komentar

Postingan Populer