Cinta Nano-nano part 20

Keesokan harinya.

@ rumah ify.Ify siap jenguk rio lagi dengan aturan yang ditetapkan rio kemaren, datengnya sore. Sebelum berangkat ify masak puding dulu buat rio.
@ rumah sakit.
Ify langsung ke kamar rio.
“ hallo kak rio..” sapa ify semangat. Tapi semangatnya rada redup liat rio terbaring tak berdaya dengan muka pucat dan agak acakadut.
” hai fy..” sapa rio pelan tapi tetap dengan senyumnya.” sini!” suruh rio pelan sambil nglirik bangku disebelah bednya. Ify ikutin, terus dia duduk sambil ngliatin rio dengan bingungnya.” hhe..loe kenapa? Kok tampang loe jadi bego2 cantik gitu?!” goda rio.
” em, nggak! Penyakit loe kambuh lagi ya?” tanya ify ragu.
” nggak kok! Gue baik2 aja.” jawab rio sambil senyum.
” oh iya kak, gue bikinin puding buat loe.” Kata ify. Seketika raut muka rio berubah jadi ngarep2 takut.
” enak kayanya, gue mau dong.” kata rio sambil tetep usaha senyum. Ify nyuapin puding ke rio, tapi tiba2 rio malah hampir muntah.
“ eh, kak rio, loe kenapa? Loe sakit lagi? Apa puding gue nggak enak?” ify jadi panik sendiri.
” kak rio nggak papa!” sela ray yang tiba2 muncul.” tenang aja kak! Itu puding pasti enak kok, kak rio nggak cerita sama loe ya?” lanjutnya.sambil nglirik sinis ke rio. ify geleng2 bingung.
” apaan ray?” tanya ify.
“ heu..kak rio abis kemoterapi, kakak tau kan efeknya?” jawab ray.
“ iya! kenapa loe nggak cerita ke gue lagi sih kak rio?”
“ hhe..maaf! gue takut loe nggak tega.” Jawab rio sambil nyengir.
“ lain kali loe bilang ke gue!” marah ify.
“ iya.”
“ udah, sini pudingnya buat gue aja! Loe besok bikin lagi ya kak, spesial buat kak rio.” Sela ray terus dia makan sampe abis pudingnya.
“ yah..ludes lagi makanan gue.” Gerutu rio.
“ halah! Kalo loe yang makan sayang, baru nyampe tenggorokan balik lagi.” Jawab ray.
“ hari ini gue mau nginep disini.” Kata ify.
“ nggak usah fy!” jawab rio.
“ emang boleh sama tante avi?” tambah ray.
“ boleh lah! Gue pokoknya mau nemenin loe malem ini.” Jawab ify yakin.
“ gue temenin juga deh kak.” Tambah ray.
“ kak, gue disms yang lain, mereka bilang minta maaf nggak bisa jengukin loe, lagi gila2an latian basket buat besok.”
“ iya, gue ngerti, besok jadi ya?!”
“ oke!”
Malam harinya di rumah sakit.
Tinggal ify sama rio, ray keluar beli makanan, pak putra belum pulang kantor, bu manda masih beres2 di rumah.
“ fy, loe tau nggak?” tanya rio setengah bisik2 sambil lirak-lirik kamar rumah sakit.
“ apaan kak?” tanya ify mulai ngeri.
” katanya di sini ada hantunya.” kata rio lagi dengan raut dan nada pura2 takut.
” kak, gue takut ni.” kata ify yang beneran ketakutan sambil megang tangan rio kenceng.
” katanya, hantunya itu paling nggak suka liat cewe-cowo berduaan, apa lagi pacaran, hantunya itu seorang suster yang meninggal karena diperkosa pacarnya terus bunuh diri lompat dari atap rumah sakit ini, mukanya hancur, badannya barlumuran darah..dan..ada dibelakang loe!!” cerita rio dengan penuh dramatisasi.
” kak rio..” seru ify sambil lompat kepelukan rio.
” tapi untungnya gue bohong.” kata rio lagi seenaknya sambil meluk ify.
” ye..rese loe! Gue takut beneran ngerti nggak?!” omel ify sambil lepasin pelukannya.
” hhuahha..loe lucu deh!” rio ngakak, ify bersungut2.” aw..aduh fy..arghh..” teriak rio kesakitan.
” eh kak, kenapa?” tanya ify panik.
” badan gue sakit.” kata rio sambil megang tangan ify.
” kakak bawa tidur dulu deh! Kalo sakit remes tangan gue aja kak!”
” tolong ambilin obat gue!” ify ambil obatnya, dia kasih ke rio, terus diminum. Ify nungguin rio tidur sampe ikut ketiduran.
Keesokan paginya.

Ify bangun gara2 sinar matahari udah cerah masuk ke matanya. Dia liatin seluruh ruangan, ray tidur di sofa.’ Kok jadi gue yang disini?’ pikir ify kaget pas dia sadar dia tidur di bed rio.’
pasti kak rio udah mindah gue!’ pikir ify yakin.
“ woe..” seru rio ngagetin, rio keliatan udah seger, rambutnya masih agak basah abis keramas.
“ kok gue tidur disini kak?” tanya ify polos.
“ semalem gue gendong loe ke tempat tidur, gue kasian liat loe tidur di kursi.” Jawab rio sambil ngeringin rambutnya pake handuk.
“ kok gue nggak tau?”
“ gimana loe bisa tau?! Loe aja tidur kaya kebo gitu!” jawab rio sekenanya.
“ enak aja kaya kebo?!”
“ hhe..beneran deh! Loe lucu banget kalo lagi tidur.”
“ loe nggak ngapa2in gue kan?”
“ ya ampun! Emang gue mau ngapain coba?! Eh, tapi masa loe nggak ngrasain apapun semalem fy?” kata rio penuh arti.
“ apaan?” tanya ify kaget setengah ngeri.
” nggak ada apa2 juga sih! Hhe..” rio nyengir lagi.” rambut gue yang keren rontok dah!” lanjut rio sambil liatin helaian rambutnya di handuk bekas buat ngeringin rambutnya dengan tampang bego.
“ hha..muka loe kaya sapi ompong deh kak.”
“ ye..rese loe! Dasar kebo!”
“ sapi!”
“ kebo!”
“ sapi!”
“ kebo!”
“ sapi!”
“ heh, kebo, buruan mandi sono! Pertandingannya pagi ni!”
“ iya, sapi jelek!” ify terus ngangkut tasnya ke kamar mandi, udah pasti mau mandi.
Setelah beberapa waktu ify keluar dari kamar mandi.
“ heh, loe mandi apa shuting di dalem?” tanya ray jengkel yang udah kalungan handuk.
“ hhe..maaf! namanya juga cewe.” Jawab ify.
“ loe tanggung jawab ni kalo gue telat!” omel ray.
“ kalo loe terusin marahnya tambah lama, bego!” sela rio yang lagi mainan hp ify di tempat tidur.
“ hu..pokoknya loe nanti harus beliin gue batagor di depan sebagai permintaan maaf!” kata ray lagi sambil masuk ke kamar mandi.
“ iya deh!” jawab ify terpaksa.
“ jam berapa tandingnya kak?” tanya ify ke rio sambil duduk di samping rio.
“ ½ 8, berangkat sekarang aja yuk!”
“ naik apaan?”
” guling2! Naik mobil lah!”
” siapa yang nyetir?”
“ gue dong! Udah! Nggak usah banyak tanya! Buruan berangkat!” rio turun dari tempat tidur terus jalan duluan. Ify yang masih dengan bingungnya ngikutin rio.
@ gedung olah raga sma putra bangsa.
Rio-ify langsung ke bans pemain di bagian samping gor.
“ hey..” sapa rio dengan semangatnya.
“ loe jadi dateng bro?” tanya septian.
“ iya dong! Kalian semangat ya! Menang buat pb kita tercinta!”
” dasar sedeng!” jawab gabriel sambil rangkul rio.
” loe kabur dari rumah sakit?” tanya alvin.
” ya nggak lah! Bisa2 rumah sakit nggak nanggung misal gue kenapa2 kalo gue kabur.”
” tapi loe baik2 aja kan?” cakka giliran mengintrogasi.
” ampun dah! Loe liat gue sekarang! Kalo loe nggak tau gue kena leukimia, apa loe bakal nyangka kalo gue sakit?”
” iya gue percaya!” kata cakka lagi setelah liatin rio dari atas sampe bawah.
“ kak, agni, shilla, sivia mana?” sela ify.
“ belom dateng! Paling bentar lagi.” Jawab gabriel. Baru kelar ngomong yang dicari dateng.
“ hai semua..” sapa agni, shilla, sivia.
“ hai..” jawab yang lain.
” hallo kak rio, hai ify, kak rio udah baikan?” tanya sivia.
” udah vi, makasih.” jawab rio.
“ kalian ke bangku penonton dulu sana! Keburu penuh yang depan, maklum ada orang ganteng mau tanding!” suruh cakka narsis.
” ganteng dungkul loe rindu?!” kata rio sambil noyor cakka.” Nggak ada gue pasti sepi dah! Hha..” kali ini rio yang narsis.
“ gitu aja ribet gue yang ganteng aja diem kok.” Sela gabriel.
“ ganteng gigi loe ngedance?! Tetep gue yang paling ganteng!” jawab alvin.
“ voting dah! Heh, cewe2 siapa yang paling ganteng?” sela septian.
“ kak rio/cakka/kak iel/kak alvin..” seru ify, agni, shilla, sivia barengan.
“ yah! Sama aja! Gue lupa kalo loe semua pada punya pasangan masing2! Biar adil gue aja deh yang paling ganteng.” Kata septian lagi.
“ huu...” sorak yang lain sambil noyorin septian.
” sakit woe!” marah septian.
” gue ke depan dulu semua! Good luck! Gue yakin kalian pasti menang.” pamit rio terus memberi semangat.
” thanks kak, coba loe ikut main, lengkap deh kita.” ucap irsyad pelan gara2 nggak pd.
” loe itu harus pd! Loe gantiin posisi gue yang bener! Kita semua percaya sama kemampuan loe.” jawab rio.
” tapi gue nggak bisa main sebagus loe!”
” iya! soalnya loe aja nggak percaya sama kemampuan dan diri loe sendiri, satu kuncinya bro, loe menang dulu lawan semua musuh dari diri loe sendiri.” nasehat rio.” berjuang buat kita semua! Give the best for sus!” lanjutnya.
” oke kak! Thanks.” jawab irsyad akhirnya yakin.
“ kedepan yuk! Keburu abis kursinya yang depan.” Ajak agni.
“ yuk! Semangat semua!” jawab ify, sivia, shilla kompakan.
@ smp tunas negara.
Latihan band lagi break. Ray-olivia lagi mojok di belakang drumm.
“ liv, gue boleh tanya nggak sama loe?” tanya ray.
“ boleh, apa tu?” tanya olivia balik.
“ selama loe kenal sama gue, loe udah mikirin gue berapa kali?”
” heh?! Berkali-kali sampe aku juga nggak bisa ngitung dikit-dikit pasti mikirin loe, kalo loe?”
” sekali doang!” jawab ray enteng.
” kok Cuma sekali?” tanya olivia sewot.
” soalnya loe nggak bisa pergi lagi dari pikiran gue.”
“ hhe..ray bisa aja.”
Deva yang dengerin gombalan ray dari samping drumm.’buset dah! Pengen muntah gue, tarnyata oliv sangar-sangar sama aja, leleh juga sama gombalan ray, tapi asik dah ni gombalan, gue salurin ke keke ah!’ pikir deva. Deva nguping lagi.
“ liv, nyokap loe dulu ngidam kopi ya waktu hamil loe?”
“ emang kenapa?”
“ soalnya loe udah buat gue nggak bisa tidur setiap hari gara-gara mikirin loe.”
“ hoekk..cuih..” ceplos deva.
“ heh, ganggu aja idup loe! Pergi sono!” usir ray.
“ yah..lagi asik nonton live telenovela diusir.” Keluh deva, dia pergi dari situ dengan berat hati. Deva pindah di deket acha-ozy pacaran.
“ cha, aku mau tanya sama kamu!” kata ozy.
“ apa?”
“ emang nggak sakit ya?”
“ apanya yang sakit kak?”
“ bidadari kaya kamu dari langit jatuh ke bumi.”
Acha terispu malu-malu seneng.
’ yah! Sama aja! Buaya-buaya beraksi!’ batin deva.
“ cha, loe udah denger berita pagi ini belum?”
“ berita apaan kak?”
“ berita seorang cewe cantik sedang berbahagia karena duduk sama cowo sekeren gue sekarang.”
‘ jiah! Ni bocah mau nggombal apa narsis?!’ pikir deva.
@ sma putra bangsa.
Pertanding sudah dimulai dengan sengitnya. Seru banget. Rio sama agni yang liat sampe gregetan, buat ify, shilla, sama sivia Cuma satu yang mereka tau, sorak pas bola masuk ke ring!
“ cak, alvin kosong...” teriak rio mengkomandoi cakka yang kerepotan mampertahankan bola gara-gara dihadang sama riko terus-terusan, rio kayanya bener-bener pengen turun langsung ke lapangan.
“ cakka, inget temen!!” tambah agni.
Cakka yang kerepotan akhirnya oper bolanya ke alvin, langsung dishoot sama alvin.
“ MASUK!!!!” seru rio sama agni.
“ YE...” sorak penonton yang lain. Permainan dilanjutkan.
PRIT...PRIIT..PRIIIITT...peluit wasit menghentikan pertandingan babak ke 3.
”Kedudukan 6-5 untuk sma budyawacana..” seru mc yang merangkap komentator pertandingan.
” yah..satu point lagi.” kata agni gregetan.
Waktu istirahat habis pemain balik ke lapangan lagi. Permainan tambah seru lagi, bola dengan cepat pindah-pindah tempat. Pemain dari dua tim kerja keras buat bangun serangan dan nahan serangan lawan.

Kali ini cakka berebut bola lagi sama riko, sengit banget, cakka berusaha sekuat-kuatnya buat mempertahankan bola, dia ngoper,’sial pada dikepung semua!’ pikir cakka. Dia cari celah keluar dari kepungan riko,’ itu dia!’ pikir cakka pas liat celah. Cakka hampir berhasil keluar dari
kepungan riko tapi tiba-tiba..BRUKK..cakka tersungkur, kakinya nggak sengaja kejegal kaki riko.
Wasit menghentikan pertandingan sementara, pemain putra bangsa ngerubungi cakka.
” aduh..semoga engkel cakka nggak kumat.” kata agni cemas.
” engkel cakka lagi trouble?” tanggap rio.
” iya! kemarin dia bilang engkelnya sakit.” jawab agni sambil liat ke lapangan dengan harap-harap cemas.” cakka, mudah-mudahan loe nggak papa! Kita nggak ada cadangan lagi ni.”
’ oh iya! nggak ada cadangan!’ pikir rio.
@ lapangan.
“ cakka, loe gimana? Bisa main lagi nggak?” tanya alvin kawatir.
“ bisa!” jawab cakka sambil berdiri.” Arggh..” erang cakka kesakitan terus dia jatuh lagi.
” ganti!” sela wasit.
’ mampus! Gue nggak bisa maksain cakka, tapi kita bisa di d.o kalo nggak keluarin cadangan.’ Pikir alvin.
” bagaimana?”
” bentar sit!” jawab gabriel.” cak, loe beneran nggak bisa main?” tanya gabriel pelan.
” sorry, kaki gue nggak bisa di ajak kompromi, kayanya engkel gue kumat.” jawab cakka sambil meringis kesakitan.
” gimana?” tanya wasit lagi.
’ argghh..ni wasit pengen gue ulek kali?!’ pikir alvin bingung.
“ pertandingan harus segera dilanjutkan!” kata wasit lagi.
” lima menit sit!” gabriel nawar ke wasit biar dikasih break.
“ tiga menit!” jawab wasit.
Liat keributan di lapangan rio lagi ke bans pemain, agni sama ify udah mau cegah tapi rio keburu menghilang.
Di lapangan.
Cakka udah ditandu keluar lapangan. Sekarang tinggal alvin, gabriel, lintar, sama irsyad bingung cari pemian cadangan, sampe mereka mikir ’tamat kita kena d.o!’
” satu menit lagi! Kalau pemain pengganti tidak segera masuk, tim putra bangsa kami nyatakan gugur!” kata wasit sambil liat ke stopwatchnya. Tim putra bangsa akhirnya tertunduk pasrah mendengar wasit menghitung mundur.
” 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3..”
” stop! Saya penggantinya!” seru rio yang udah lengkap dengan seragam basket sekolah sambil lari ke tengah lapangan. Sudah pasti yang lain tercengang abis-abisan.
Rio deketin pemain putra bangsa yang lain.

” ayo main! Malah terpesona!” ajak rio dengan semangatnya. Yang lain nurut dengan berat hati.” Loe semua main aja yang bener kaya biasanya! Anggep aja loe semua nggak tau gue kena leukimia, gue jamin gue nggak bakal kenapa-napa!” kata rio lagi sesaat sebelum pertandingan
dimulai lagi. Ide bodoh yang harus diikutin.
Pertandingan dimulai.
Ify, sivia, shilla yang masih nonton nggak bisa sorak-sorak lagi, pikiran mereka sekarang lebih ke keadaan rio. agni nemenin cakka di ruang pmi.
“ kak rio, nekat banget sih loe.” Kata ify cemas.
“ fy, tenang ya! Kak rio pasti tau sama keadaan diri dia sendiri.” Shilla menenangkan.
” dia itu kalo udah nekat sesakit apapun nggak dia rasain shil.” jawab ify makin panik.
” kita berdoa biar kak rio baik-baik aja.” sivia menengahi.
Kembali ke lapangan.
Pertandingan kembali dimulai, masih sengit, bermenit-menit nggak ada bola masuk, pindah-pindah bola terus-terusan, yang pastinya nguras energi pemain, termasuk rio yang main dengan semangatnya dan pasti dengan kerennya, dari tadi dia juga nggak pasrah, diem aja, masih aja ngedrible bola sana-sini, rebutan, sesekali ngoperin bola ke temennya yang lain. Kali ini dia berhadapan dengan riko.
” yo, gue tau keadaan loe, tapi jangan harap gue kasih kemurahan sama loe dilapangan!” kata riko sambil usaha ngrebut bola dari rio.
” bagus deh!” kata rio setelah berhasil lepas dari kawalan riko, dia shoot dan...
” MASUK...three point untuk putra bangsa.” seru komentator.” 8-6 untuk putra bangsa..”
Bersamaan dengan selesainya komentator ngomong, wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.
“ YEE....” sorak pendukung putra bangsa merayakan tim kebanggaan mereka.
Alvin, gabriel, irsyad, lintar, sama septian datengin rio.
“ yo..” sapa gabriel ke rio yang lagi nyalamin pemain tim lawan.
“ hmm..” jawab rio tanpa noleh ke gabriel soalnya lagi senyum ke penonton yang kasih selamat ke mereka.
“ loe nggak papa?” tanya alvin sambil rangkul rio.
“ muka gue pucet nggak?” rio balik tanya.
“ nggak sih.” Jawab alvin agak ragu setelah liatin muka rio.
“ berarti gue nggak papa!” jawab rio yakin.” Makasih ya, akhirnya gue bisa basket lagi.”
“ loe kelewat nekat tau nggak? Untung loe nggak papa.” omel septian.
“ yang penting kita menang!” jawab rio asal.
Cakka dengan dipapah agni balik ke pinggir lapangan tempat yang lain ngumpul.
“ gimana kaki loe cak?” tanya rio.
“ nggak papa, loe beneran nekat ya yo?!”
“ halah! Dikit doang, gue main nggak ada 20 menit.”
“ kak rio...iihh...” kata ify tiba-tiba dengan jengkelnya sambil pukulin lengan rio.
“ heh, sakit fy! Loe kenapa sih?”
” ngapain loe tiba-tiba main? Gue kawatir tau nggak sama loe? Gimana kalo ada apa-apa sama loe?”
” yang penting gue sekarang nggak kenapa-napa kan?”
” udah, tar loe cepet balik yo! Istirahat!” jawab septian.
“ iya! Yel besok loe kumpulin anak osis! kita meeting buat matengin rencana kita, terus kita besok survey tempat, mumpung kondisi gue lagi oke ni.”
“ tapi yo..” jawab gabriel ragu.
“ udah! Tenang aja! Gue bakal baik-baik aja kok, ini pensi impian kita, bakti gue terakhir sebagai ketua osis ni!”
Semua yang denger melotot.
“ tenang! Gue bukan mau mati kok, tahun depan kan gue udah berhenti jadi ketos, makanya ini yang terakhir gitu loh!”
Terdengar panggilan untuk tim juara segera menaiki pondium. Alvin, sang kapten tim memimpin diikuti gabriel, cakka, rio, lintar, dan irsyad.
Penyeragan piala.setelah penyerahan piala mereka bersorak sama-sama.
” Yey...” sorak semua pemain, septian, dan seluruh pendukung putra bangsa.
“ yo, loe nggak Cuma nylametin kita dari d.o tapi juga ngasih kemenangan buat kita.” Kata gabriel girang.
“ tapi loe jangan buat kita nyesel udah seneng-seneng ni! Loe harus tetep baik-baik aja!” tambah alvin.
“ iya! Kalo loe kenapa-napa mending tadi kita kena d.o!” tambah gabriel.
” ya ampun! Gue nggak papa! Masih stabil kok kondisi gue!” jawab rio mulai jengkel.
Aren datengin mereka.
“ hay semua..selamat yah!” ucap aren sambil senyum.” Rio, loe keren banget! Gimana keadaan loe? Sory gue nggak sempet jenguk loe.”
“ iya, makasih, gue udah baikkan kok, nggak papa lagi! Santai aja!”
“ ehhem..” cakka mendehem liat septian mulai merah mukanya lengkap dengan dada kembang-kempis.
“ hhe..sory yan! Gue nggak malak kok!” kata rio sambil garuk-garuk kepala.“ gue balik dulu! Kalo mau cari gue di rumah jangan di rumah sakit!” pamit rio sambil gandeng ify.
“ kita duluan!” pamit ify.

Komentar

Postingan Populer