Fearless of Love 2 : Destiny in Love part 5

Alvin menendang-nendang bolanya di depan rumah, dia berniat buat ke lapangan yang di deket rumahnya. Tapi langkahnya terhenti waktu ngelihat riko yang lagi celingukan kaya maling di depan rumah shila.
"Ngapain lo ko ?" tanya alvin bingung sambil ikut-ikutan ngelihatin rumah shila.
"Shila enggak mau ketemu gue" jawab riko sambil terus ngelihatin rumah shila.
"Terus, kenapa lo malah berdiri disini dan bukannya usaha ?"
"Udah vin, gue udah ketok-ketok dari tadi, udah ngebel juga tapi enggak ada yang bukain pintu, padahal lihat aja noh, mobilnya shila ada semua" kata riko sambil nunjuk garasi shila.
"Oh. Riko"
"Hmm"
"Kita kaya orang mau maling tahu enggak ngelihatin rumah orang kaya gini"
"Siapa suruh lo ikutan ngelihatin ?" tanya riko sambil mengalihkan pandangannya ke alvin.
"Temenin gue ke lapangan aja yuk, kita ngobrol disana" ajak alvin sambil ninggalin riko dan kembali asik sama bolanya, riko menoleh ke alvin yang mulai menjauh, lalu menoleh lagi ke rumah shila, tapi kemudian dia memutuskan untuk mengejar alvin.
Alvin sibuk sama bolanya, riko cuma duduk diem ngelamun sambil mandangin layar hpnya.
"Ya ampun, gue baru sadar ada lo" kata alvin sambil duduk di samping riko.
"Kan lo yang ngajak gue kesini"
"Haha, iya ya..lo diem aja sih dari tadi" alvin ketawa sendiri sambil ngelihatin riko, terus diem sendiri waktu sadar riko lagi enggak asik buat di ajak ketawa.
"Oke, jadi lo kenapa sama shila ?" tanya alvin sambil masang muka serius, dia enggak pernah dengerin curhat temennya sebelum ini secara serius, lagian dulu-dulu juga temennya enggak ada yang tahan curhat sama alvin yang cueknya minta ampun.
"..." riko hening menatap alvin.
"Tenang ko, gue udah berubah, gue usahain dengerin curhat lo dan ngasih saran yang bermanfaat" jelas alvin.
"Gue juga enggak tahu shila kenapa"
"Lo aja enggak tahu gimana gue ?" timpal alvin.
"Ye, lo serius mau dengerin gue enggak sih ?" tanya riko kesel.
"Iya-iya sori, lanjut dah"
"Shila berubah vin, udah beberapa hari ini, dia enggak bales sms gue, enggak angkat telpon gue, malahan udah beberapa kali telpon gue di reject. Dia juga jadi berangkat sama bokapnya mulu, pulangnya juga jadi nebeng sama lo, di sekolah setiap gue deketin dianya malah ngehindarin gue"
"Itu bukan shila banget ya, gue juga bingung kenapa dia maksa banget mau balik bareng gue" alvin bingung mau ngomong apa, dia udah coba mikir saran yang bagus, tapi dia emang lebih ahli di pelajaran bukan di perasaan.
"Gue harus gimana dong ? gue sayang banget sama shila, gue enggak mau putus gara-gara masalah konyol kaya gini"
"Gini deh ko, gue juga sebenarnya enggak ngerti lo harus gimana, tapi nanti gue coba buat nanya ke shila deh dia kenapa ngejauhin lo, gimana ?" riko tersenyum ke alvin sambil ngangguk-ngangguk seneng, sementara alvin jadi garuk-garuk kepala sendiri.
'kenapa gue jadi ngelibatin diri ya' batin alvin bingung, tapi ngelihat riko yang udah dapat sedikit semangat, alvin jadi semangat juga deh buat bantuinnya.
Kamar alvin, malam.
Alvin bingung sendiri mau ngapain, dia udah nyoba nelpon via, agni sama oik, tapi mereka juga enggak ada yang tahu shila kenapa, yang ada teman-temannya malah pada bingung kenapa alvin jadi peduli sama shila. Alvin juga udah nanyain pendapatnya aren, tapi aren malah nyuruh alvin buat nemuin shilanya langsung. Enggak dapat ide lain, alvin pun memutuskan mengikuti sarannya aren. Enggak sampai dua menit, alvin udah sampai di depan rumahnya shila, tangannya udah ngangkat mau mencet bel, tapi hatinya masih ragu.
'gue telpon aja dah' batin alvin sambil ngambil hpnya di saku celana.
"Halo, kenapa vin ?"
"Shil, gue ada di depan pintu rumah lo nih, bisa keluar enggak ?" tanya alvin polos.
"Oh, iya, tunggu bentar ya" alvin langsung menutup telponnya.
Dan sekarang mereka duduk berdua di taman, diem-dieman, enggak ada yang mulai ngomong. Alvin sibuk ngorek-ngorek tanah pakai ujung sandalnya, dan shila sibuk mainin jarinya.
"Shil, lo kenapa ?" alvin memutuskan untuk memulai duluan.
"Kenapa gue kenapa ?" shila bingung di tanya alvin tiba-tiba, dia aja masih bingung kenapa alvin ngajak dia ke taman, malam-malam gini.
"Lo sama riko ?"
"Riko ya yang nyuruh ?" shila menatap alvin sambil tersenyum, senyum yang pedih.
"Gue kasian aja lihat riko kaya enggak punya semangat hidup, lo ada masalah ? atau riko punya salah sama lo ?" alvin mulai lancar dan menemukan kata-kata yang pas buat interogasi shila.
"Gue enggak apa-apa kok"
"Kita emang enggak deket shil, tapi kita sahabatan dari tk, gue tahu kalo lo lagi enggak jujur sama gue" shila menatap alvin, alvin benar dia enggak jujur, shila tersenyum pahit, bimbang apakah ia harus menceritakan semua kisahnya ke alvin.
"Lo juga kenapa vin ? kenapa lo jadi perhatian gini sama gue, sama riko ?"
"Karena gue udah berubah jadi lebih baik, tapi lo, lo berubah dan jujur gue lebih nyaman sama sikap lo yang sebelum ini"
"Gue enggak ngerti vin, gue juga bingung.." shila berkata lirih.
"Lo masih sayang kan sama riko ?" shila terdiam mendengar pertanyaan alvin, dan alvin menunggu jawaban shila dengan sabar.
"Lo diem, gue simpulin masih sayang ya ?" tanya alvin lagi.
"Gue enggak tahu.." alvin menatap shila bingung, bingung karena dari tadi shila cuma bilang enggak, bingung karena shila yang duduk di sampingnya bukan kaya shila yang bertahu-tahun ini dia kenal. Shila menunduk, alvin mengalihkan pandangannya ke tempat lain, mencoba mencari objek yang menarik, tapi percuma juga, udah malem, gelap semua.
"Shil, lo kenapa ?" tanya alvin panik waktu denger isakan kecil dari shila, shila cuma menggeleng sambil menatap alvin, padahal air matanya masih jelas mengalir disitu.
"So..sori vin.." desah shila pelan. Alvin nepuk-nepuk pundak shila pelan, tapi tiba-tiba shila meluk alvin dan nangisnya tambah kenceng.
"Shil..shila..." alvin tambah panik, dia nengok kanan kiri, takut-takut ada yang ngelihat mereka dan ngira alvin ngapa-ngapain shila.
"Guu..hiks..gue..enggak..hiks..ngerti harus gimana..hiks.."
"Shil, gue juga enggak ngerti kalo lo enggak cerita, dan kalo lo emang belum siap cerita, gue juga enggak bakal maksa, tapi lo harus inget masih punya kita, yang selalu siap buat bantuin lo, mending sekarang kita pulang aja yuk, lo harus tenangin diri lo" alvin udah pasrah aja di peluk shila, tapi akhirnya shila ngelepasin pelukannya, dan menghapus air matanya sendiri.
"Thanks ya vin, sori gue childish banget ya ? untung enggak ada aren" kata shila sambil tersenyum.
"No problem, ya udah ayo pulang, enggak bagus juga gue bawa anak orang malam-malam gini, nangis lagi" goda alvin ke shila.
"Ayo.." alvin mengantarkan shila, sebenernya bukan nganterin juga sih, rumah mereka emang sejalan kan. Alvin baru mau buka pintu gerbang rumahnya...
BUG ! riko tiba-tiba nonjok alvin keras banget, sampai alvin jatuh.
"NGAPAIN LO PELUK-PELUK SHILA ?! ENGGAK INGET SAMA GUE SAMA AREN !" riko teriak kenceng penuh emosi, alvin tahu sia-sia aja kalo dia balas riko.
"Enggak ada apa-apa antara gue sama shila, gue ngelakuin ini juga buat lo, dan gue masih sayang banget sama aren, terserah lo mau percaya atau enggak" riko udah siap-siap mau nonjok alvin lagi, tapi entah kenapa dia mengurungkan niatnya dan langsung pergi gitu aja.
Kantin, keesokan hari.
"Hah, riko yang mukul lo sampe begitu ?" tanya cakka shock sambil nunjuk muka alvin yang lebam. Alvin cuma mengangguk sekilas.
"Emang sebenernya lo kenapa sih sama riko ?" obiet bertanya lagi ke alvin, dia udah usaha nanya alvin kenapa dari tadi pagi, tapi alvin bilang dia mau cerita sekalian ke yang lainnya aja.
"Gue sih enggak apa-apa, yang apa-apa itu shila sama riko" jawab alvin yang malah bikin semua tambah bingung, kecuali aren yang emang udah di ceritain paket lengkap sama alvin.
"Ngomongin shila, lo kenapa semalem nelpon gue nanyain dia ? terus sekarang shila mana ?" agni bertanya ke alvin, via dan oik sekaligus.
"Bentar-bentar sebelum nih salah paham berlanjut lebih jauh, gue jelasin dulu ya,..." alvin pun mulai menceritakan percakapannya dengan riko sampai riko yang mukul dia semalem.
"Shila emang aneh akhir-akhir ini" timpal oik setelah mendengar cerita alvin, sekarang semua mata mengalihkan pandangannya ke oik.
"Iya, dia jadi serius banget di kelas, oke, selama ini dia emang serius, tapi akhir-akhir ini cenderung lebai, semuanya di catat, di apalin, di kerjain, tadi aja pas gue ajak dia ke kantin, dia enggak mau bilangnya mau ke perpustakaan" sambung oik lagi.
"Gue juga ngerasa akhir-akhir ini shila banyak ngelamunnya, tatapan matanya kosong, tapi setiap di tanya kenapa, dia selalu bilang enggak apa-apa" kata via nambahin.
"Kalo riko sekarang mana ?" tanya alvin celingak-celinguk, dia belum ketemu riko dari tadi pagi.
"Gue juga enggak tahu, tadi dia udah cabut dari jam sebelum istirahat, riko kayanya kehilangan semangat hidup banget deh, jadi loyo gitu" kata cakka yang duduk sebangku sama riko.
"Jadi kita harus ngapain dong kak, biar mereka bisa baikkan, sayang banget kalo sampe putus ?" tanya aren.
"Gini aja deh, gue, alvin sama cakka bakal cari riko, nanti biar kita ngobrol sama dia, terus kalian coba deh bujuk shila buat cerita, gue rasa emang ada yang lagi di sembunyiin sama shila" terang obiet sambil menatap teman-temannya.
"Hmm, oke deh, bisa di atur sih..."
"Alvin !!" semua langsung nengok ke arah rio yang manggil alvin kenceng.
"Apaan sih teriak-teriak ?" tanya alvin bingung ngelihat rio yang kayanya acak-acakan banget penampilannya.
"Bantuin gue ngelerai riko, dia lagi berantem !" tanpa pikir panjang, alvin, cakka dan obiet langsung berlari ngikutin rio, sementara via, oik, agni dan aren langsung menuju ke perpustakaan nyariin shila.
Alvin dan cakka berusaha megangin riko yang entah kenapa terlihat emosi banget, obiet dan rio lagi ke ruang guru buat nyari bantuan. Sementara anak kelas dua yang jadi lawannya riko, udah terduduk lemah di lantai, dengan darah yang mengalir dari hidungnya.
"Ada yang jadi saksi mata disini ?" tanya alvin sambil terus megangin riko yang meronta kuat.
"Tadi kak riko lagi jalan, terus gue sama temen gue lagi ngobrol, dan enggak tahu kenapa kak riko langsung narik kerah bajunya temen gue dan di tonjokkin gitu aja" jelas seorang anak yang merupakan teman si korban. Alvin dan cakka menatap riko, ini jelas-jelas bukan riko yang penuh wibawa.
"Lo kenapa ko ?!" tanya cakka setengah teriak.
"LEPASIN GUE, BIARIN GUE PUKUL TUH BOCAH ! APA HAK DIA BILANG KALO GUE UDAH PUTUS SAMA SHILA !!" alvin sama cakka terdiam beberapa saat, tapi hal itu malah memberi kesempatan buat riko untuk ngampirin adek kelasnya yang udah kepayahan, alvin langsung narik seragam riko dan mendorongnya ke tembok.
"WOI SADAR KO ! INI BUKAN LO !LO HARUS TENANG !" alvin teriak juga ke riko.
"SIAPA LO ?! PENGKHIANAT LO !" riko juga teriak dengan wajah sinis.
"Riko" sebuah suara kecil membuat suasana menjadi hening seketika, semua kerumunan menyingkir, memberi jalan untuk shila.
"Gue minta maaf ko, gue minta kita putus" shila berkata lirih, dia langsung berlari gitu aja, semua terdiam kaget denger kata-kata shila, via, agni dan oik lansung ngejar shila. Aren lebih milih buat diam, dia kaget ngelihat posisi alvin sama riko yang siap berantem.
Riko tertawa pahit, pandangan matanya nanar, alvin, cakka dan aren menatap riko iba, semua yang ada di situ juga gitu, enggak ngerti apa yang terjadi.
"Ko..riko.." panggil alvin yang udah bisa ngontrol emosinya.
"Ada apa ini ? bubar semua !" tiba-tiba pak joe datang bersama obiet dan rio.
"Riko ikut saya ke kantor, dan tolong bawa dia ke uks" kata pak joe sambil nunjuk korbannya riko tadi. Riko berjalan pasrah, menunduk tanpa semangat, tidak peduli akan semua mata yang memandangnya.
"Lama banget sih ?" tanya cakka ke rio sama obiet.
"Tadi guru-guru lagi pada rapat, kita jadi harus nungguin dulu" jelas rio.
"Riko kenapa ?" tanya obiet.
"Tadi shila tiba-tiba datang dan mutusin riko gitu aja" jawab alvin, rio dan obiet langsung kompak natap alvin dan cakka.
"Iya kak beneran, mereka putus" arenlah yang menjawab.
"Lho ren, kok kamu ada disini ?" alvin baru sadar aren berdiri di sampingnya.
"Udah dari tadi kak, jaga-jaga takut kakak kebawa emosi" jelas aren sambil tersenyum.
"Enggak kok, enggak akan. Sekarang kita ke ruang guru aja yuk, ngelihat riko" ajak alvin ke teman-temannya yang lain sambil menggandeng aren.
Halaman belakang.
Agni ngajak via, oik dan shila kesini. Dia pikir shila lagi butuh ketenangan sekarang. Mereka cuma terdiam, bisu oleh keheningan masing-masing. Shila tidak menangis, tidak ada air mata yang menetes, hanya tatapan matanya yang rapuh, menunjukkan betapa shila berusaha untuk menutupi ini semua.
"Shila, kalo mau nangis, nangis aja" kata via lembut sambil ngelus-ngelus pundak shila.
"..." shila masih terdiam, dia hanya tersenyum.
"Lo bukan shila yang gue kenal, shila yang gue kenal enggak kaya gini" timpal oik lembut juga.
"Lo shila yang ngajarin gue buat selalu jujur sama perasaan gue, shila yang selalu lembut dan pengertian" kata agni nambahin.
"Makasih ya.." jawab shila lirih. Enggak berapa lama kemudian alvin, aren, rio, cakka dan obiet datang.
"Riko gimana ?" tanya shila pelan.
"Kak riko di skors seminggu kak, tadi kak riko langsung pulang gitu aja" jawab aren yang langsung duduk di deket shila. Shila kembali terdiam, semua juga ikutan terdiam. enggak tahu mau ngomong apa. Mereka cuma pasrah ngelihat shila yang keadaannya kacau banget, enggak kalah kacaunya sama riko.
Rumah via.
Via menatap rio, yang lagi sibuk nyatet dari catatannya via. Via yang masih ngerasa bersalah sama rio, mutusin buat minjemin catatan pelajaran bu winda yang enggak bisa rio ikutin. Via tahu rio baik, rio yang selalu buat bikin via ketawa, rio yang selalu berusah ngehibur via. Tapi via enggak bisa bohong, kalau iel masih mengisi hatinya, dan akan selalu mengisi hatinya.
"Vi, gue grogi nih kalo lo lihatin gue terus" ujar rio jahil.
"Mulai deh, siapa juga yang ngeliatin lo"
"Mulai apa ? mulai suka sama gue ? hehe..eh gue haus nih, enggak di kasih minum ?" tanya rio santai tanpa basa-basi. Via cuma tersenyum, dan masuk ke dapur rumahnya, enggak berapa lama kemudian via keluar membawa baki berisi es sirup dan beberapa potong brownies.
Rio meneguk abis minumya, tapi melihat potongan brownies coklat, rio cuma tersenyum pahit.
"Di makan dong yo, bikinan gue tuh" kata via nawarin, rio cuma tersenyum.
"Iel aja suka banget" kata via lagi, rio menatap via. Udah beberapa kali, setiap ngobrol via ngebandingin dia sama iel. Rio ragu-ragu, mengambil satu potong brownies, menggigitnya dan mengunyah cepat, brownies itu terasa terlalu pahit, pikir rio.
"Enak kan yo ?"
"E..enak banget vi" jawab rio masih memasang senyumnya.
"Kok muka lo malah pucet ? enak enggak sih ?" tanya via curiga melihat muka rio.
"Serius enak banget" jawab rio semangat sambil memasukkan sisa potongan brownies di tangannya dengan gaya lahap, via cuma bisa tersenyum melihat hal itu.

Komentar

Postingan Populer