Fearless of Love 2 : Destiny in Love part 9

Setelah kemarin-kemarin oik yang terus-terusan ngelihatin shila, kali ini keadaan berganti. Shila yang mulai enggak tahan juga dengan aksi tutup mulutnya oik, mulai usaha buat nanya, apa yang sebenernya terjadi antara oik dan obiet.
"Ik, lo tahu kan rasanya di kacangin, jadi ayolah cerita sama gue lo kenapa ?" tanya shila sambil bisik-bisik takut ketahuan guru.
"Nanti aja ya shil" jawab oik pelan.
"Lo dari kemarin selalu bilang kaya gini tahu enggak, gue bingung"
"Yang ini serius, nanti gue ceritain" shila pasrah, dia pun kembali melanjutkan konsentrasinya. Setengah jam kemudian, bel istirahat berbunyi, shila dan oik memilih untuk tetap di kelas.
"Jadi lo kenapa ?" tanya shila saat kelas udah sepi.
"Gue ngerasa bersalah sama obiet shil"
"Bersalah gimana ?"
"Jadi hari itu gue pergi berdua sama obiet...." oik menjelaskan secara rinci, semua yang terjadi di hari itu. Shila langsung paham apa yang terjadi.
"Sabar ya ik, mungkin obiet cuma lagi butuh waktu buat sendiri aja kok. Gue yakin, obiet enggak nyalahin lo" hibur shila sambil merangkul oik.
"Tapi gue enggak tahan sama caranya obiet ngelihatin gue shil, itu bukan obiet banget, gue enggak ngerti harus ngelakuin apa lagi" mata oik berkaca-kaca. Semenjak hari itu hubungan oik dan obiet emang merenggang. Oik udah berusaha buat minta maaf, tapi obiet terus aja menghindari oik.
"Lo harus ngerti juga perasaannya obiet ik, ini enggak gampang buat dia"
"Iya gue tahu shil, makasih ya, lo bikin gue ngerasa sedikit lega" oik tersenyum.
"Ya udah ayo ke kantin" ajak shila ke oik.
"Hmm, lo sendiri sama riko, udah balikan lagi ?" shila menggeleng sambil tersenyum.
"Kenapa ?" tanya oik bingung.
"Belum saatnya aja, tapi gue sama dia tetep baik-baik aja kok, kita berdua punya target dan kita udah buat prioritas" oik diem, bingung shila lagi ngomongin apa, tapi kemudian dia cuma tersenyum.
"Ya udah ayo kantin" kata oik sambil berdiri.
Kelasnya alvin.
Alvin sama aren lagi suap-suapan di kelas, enggak peduli dengan banyaknya tatapan jealous sampe mupeng buat mereka.
"Tambah lama, masakan kamu tambah enak aja" puji alvin.
"Jadi kemarin-kemarin masakan aku enggak enak nih ?" tanya aren masang muka bt.
"Yaa, jangan ngmbek dong, kemarin enak, kemarinnya juga, tapi tambah kesini, tambah enak, lagian mau rasanya kaya apa, kalo makannya sambil liat senyum kamu semua jadi enak kok" alvin ngegombal, arennya malah ketawa ngakak.
"Kok ketawa ?" alvin garuk-garuk kepala sendiri.
"Haha, abisan si kakak, enggak bakat ngegombal banget. Aku jadi inget dulu, kayanya seorang kakak enggak bakal mungkin deh bisa bilang kaya tadi" aren tersenyum jahil, alvin cuma mesem. Aren tahu, alvin suka malu sendiri kalo di ingetin sikap cuek bin dinginnya alvin dulu.
"Kamu tuh ya, suka banget inget yang dulu. Ren, kapan sih kamu berhenti manggil aku kakak ?" udah berkali-kali alvin minta ke aren buat manggil dia enggak usah pake kakak.
"Itu kan kaya panggilan sayang aku ke kakak, udah jadi kebiasaan" jawab aren.
"Waduh, lo berdua mesra amat ?" riko yang baru datang langsung geser kursi dan duduk di samping alvin.
"Udah tahu mesra, kenapa lo ganggu ?" tanya alvin sewot.
"Karena gue butuh sama lo, ren gue pinjem alvin dulu ya" aren ngangguk sambil cengar-cengir.
"Ada apaan sih ? bantuin lo sama shila lagi ? ogah gue kalo ujung-ujungnya gue dapet bogeman" kata alvin asal.
"Yang ini nyerempet-nyerempet sama shilalah. lo bantuin gue jelasin ini soal ya" riko menunjukkan buku yang dari tadi dia bawa-bawa. Alvin sama aren diem, apa hubungannya shila sama buku kimia.
"Kimia ? kak shila ?" aren nimbrung, sekaligus mewakilkan pertanyaannya alvin.
"Kalo latarnya gue ceritain, panjang. Pokoknya ini berhubungan deh, menyangkut hidup gue dan shila, jadi ayo cepetan jelasin" kali ini alvin sama aren beneran enggak ngerti, riko yang ngelantur sampe bawa-bawa hidup segala, atau emang mereka berdua yang enggak konek. Tapi melihat wajah serius riko, alvin jadi males juga mau tanya-tanya lagi.
"Ya udah mana yang lo enggak tahu ?" tanya alvin yang sebenernya masih enggak rela waktunya dengan aren di ganggu gitu aja sama riko.
"Semua, dari awal sampai akhir. Lo jadi guru privat gue ya sampai un ?" alvin melotot ke rio.
"Gue minta diajarin vin, bukan di pelototin" kata riko enteng.
"Berani bayar berapa lo ?"
"Buset dah, ren cowok lo perhitungan amat sih sama gue, bilangin dong gue lagi butuh banget bantuannya, demi shila nih" riko beralih ngerayu aren yang jadi makan bekalnya sendiri.
"Ya udah sih kak, bantuin aja, yang ikhlas tapi, pake senyum, sahabat sendiri itu"
"Kok kamu belain dia sih ren ?"
"Hehe, bukan belain kak, cuma bantuin, itung-itung ngasah otak juga kan kak, enggak bakal abis juga ilmu kakak" seperti biasa aren mengeluarkan senyuman dan tatapan mautnya.
"Iya deh iya, gue cuma punya satu syarat ko" riko yang dari tadi udah senyum-senyum merasa di belain aren, langsung padam senyumnya.
"Apaan ?"
"Bikin temen sebangku gue, jadi kaya dulu lagi" kata alvin singkat, tapi riko dan aren paham. Semenjak kecelakaan itu, obiet selalu ngabisin waktunya di ruang musik, dan jadi diem bukan kalem.
"Oh oke, gue setuju. Ya udah ayo cepet jelasin.." alvin pun mulai menjelaskan materi-materi yang di bawa riko.
Ruang musik, pulang sekolah.
Riko masuk ke ruang musik yang udah sepi, cuma ada dia dan obiet. Selain ingin menjalankan syarat dari alvin, riko juga enggak tahan lihat obiet jadi kaya orang stres gitu, mandangin biolanya, kadang di usap-usap, kadang senyum-senyum sendiri.
"Gue duduk ya biet" obiet noleh, dia enggak sadar dari tadi ada riko.
"Duduk ajalah ko" kata obiet sambil berusaha tersenyum.
"Enggak usah senyum, kalo enggak bisa" kata riko jahil, tapi obiet cuma tersenyum lagi.
"Hidup emang aneh ya biet, waktu itu alvin sama aren yang break gara-gara ada rio, terus masalah mereka selesai ada cakka yang krisis pd, enggak berapa lama kemudian, gantian gue sama shila yang berantem sampai putus, dan sekarang lo sama oik yang jadi renggang" obiet menatap riko sekilas.
"Kadang gue mikir, di atas sana iel ngelihat kita penuh masalah ini kaya apa ya, apa dia ngetawain kita, atau senyum dan neriakin semangat buat kita kaya biasanya" sambung riko lagi.
"Gue rasa yang kedua lebih iel banget deh" kata obiet.
"Dan itu yang lagi gue sama yang lain usahain, ngasih senyum dan semangat buat terus bikin ini semua berjalan baik-baik aja, kalo iel aja yang udah enggak ada bisa kaya gitu, kenapa kita yang masih hidup dan di kasih kesempatan buat ngejalaninnya malah berlari gitu aja" obiet menatap riko takjub, enggak nyangka riko bakal ngomong kaya gini.
"Gu..gue enggak ngerti maksud lo" obiet pura-pura enggak tahu dan mengalihkan pandangannya lagi ke biolanya.
"Ayolah biet, ini bukan lo. Kasian oik, lo kacangin terus-terusan, kasian juga sama lo, harus pura-pura jadi orang lain" kata-kata riko barusan nancep banget di hatinya obiet, riko bener. Dia udah mulai enggak nyaman sama perubahannya, ngacuhin oik gitu aja, ngindarin masalah, yang sebenernya bisa di selesaiin dengan kepala dingin.
"Gue juga enggak ngerti, gue enggak pengen marah sama oik, gue kecewa sama diri gue sendiri"
"Kecewa buat apa ? apapun lo, lo tetep sahabat buat kita, pacarnya oik, enggak akan ada yang bisa ngerubah itu biet"
"Gue juga udah kangen kok sama cerewetnya oik" kata obiet sambil tersenyum.
"Ya udah, mulai besok, enggak ada lagi obiet yang ngindarin oik, lebih milih bertapa di ruang musik, timbang ngumpul di kantin" kata riko sambil menonjok bahu obiet pelan, obiet cuma tersenyum, senyum yang benar-benar miliknya.
"Udah ayo pulang" ajak obiet, yang di ikuti anggukan oleh riko.
Kantin, keesokan hari.
"Oik mana ?" obiet bingung, waktu ngelihat cuma shila, via dan rio aja yang datang.
"Yee, kemarin orangnya ada, lo nya ngilang, oik enggak masuk" timpal rio, obiet mengalihkan matanya ke shila.
"Iya biet, rio bener, oik enggak masuk, gue udah sms tapi pending, di telpon hpnya enggak aktif" jelas shila.
"Wah, lo kelamaan sih biet diemnya, oik sakit kali kepikiran lo terus" celetuk cakka asal, tapi bikin obiet jadi khawatir, dia pun merogoh hpnya dan langsung menghubungi rumahnya oik.
"Selamat siang, ini siapa ya ?" tanya mamanya oik ramah.
"Siang tante, ini obiet.."
"Oh obiet, kenapa ? oiknya kan lagi di sekolah ?" obiet hening denger jawaban mamanya oik.
"Oik sekolah ya tante ?"
"Iya biet, tadi pagi berangkat kaya biasa, emang kenapa ?"
"Ehm, ini obiet lagi sakit jadi enggak masuk dan enggak jemput oik, cuma mau mastiin oiknya sekolah, soalnya hpnya enggak aktif" obiet mikir kilat nyari alasan.
"Oh iya, lagi ulangan kali ya" mamanya oik enggak curiga.
"Mungkin tan, ya udah deh, siang tante" obiet langsung memutuskan telponnya, wajah khawatirnya berubah jadi panik sekarang.
"Kenapa biet ?" tanya agni bingung.
"Kata mamanya, oik tadi pagi berangkat sekolah kaya biasa" jelas obiet, semua langsung jadi sama paniknya kaya obiet.
"Udah-udah positif think dulu, mungkin aja oik telat, terus dia mampir kemana dulu gitu" kata alvin berusaha mencairkan suasana.
"Iya, udah pada ademin diri dulu aja, tipe oik sih bisa jaga diri, via mau minum apa ? gue beliin nih" tawar rio ramah.
"Hmm, kak rio, orang lagi panik masih sempet aja..." celetuk aren, rionya cuma mesem-mesem.
"Ya udah deh, yang lain juga" kata rio lagi, setelah semua menyebutkan pesanannya, rio pun langsung ninggalin meja buat mesen.
"Vi, si rio udah baik banget sama lo lho, masih di gantungin aja ?" tanya agni mengganti topik dari oik ke rio.
"Siapa juga yang ngegantungin dia ?" tanya via balik.
"Kak rio kayanya beneran sayang deh sama kak via, hampir setiap malam kak rio suka gitaran nyanyi-nyanyi enggak jelas sambil kadang-kadang nyebut-nyebut nama kakak" kata aren buka rahasia.
"Tuh vi, adeknya aja udah ngasih sinyal, sinyalnya rio malah kenceng banget" timpal cakka ikutan.
"Apa sih lo semua ?"
"Tinggal lo doang sama rio yang masih sendiri, kan berdua jauh lebih baik" kata shila.
"Lo sama riko emang udah balikan ?" sindir via, muka shila riko langsung merah.
"Ini bukan lagi ngebahas kita, tapi ngebahas lo sama rio" ucap riko diplomatis.
"Kalian kenapa sih ? hati gue cuma buat iel"
"Lo harus mulai realistis vi, lo masih muda" kali ini giliran obiet ikutan.
"Terus ? kalian udah lupa sama iel ?! kalian pengen gue ngelupain iel juga ?! gue cuma sayang sama iel ! gue enggak suka rio !" semuanya bingung ngelihat via jadi mencak-mencak enggak karuan, satu kantin diem ngelihatin via. Via yang risih sekaligus malu, langsung berdiri dan berbalik, dan terkejut melihat rio ada di belakangnya bawa baki, berdiri kaku. Via langsung lari gitu aja, shila dan agni berniat nyusulin via.
"Udah gue aja" kata rio sambil naro bakinya dan lari ngejar via.
Via bingung mau kemana, tapi kemudian dia mendapati pintu ruang osis yang terbuka lebar dan sepi. Dia pun langsung masuk ke situ, ruangan yang selalu berusaha ia hindari sebelumnya, ruangan tempat dia bilang ke iel tentang perasaannya, ruangan yang di penuhi senyuman semangat iel saat rapat pensi dulu, semua berpusar di otak via, tanpa terasa air matanya menetes perlahan.
"Butuh sapu tangan ?" rio menyodorkan sebuah sapu tangan, tapi tangan via menampiknya.
"Udah enggak apa-apa. pakai aja, gue tahu kok lo butuh, lagian itu masih bersih, higienis" celetuk rio asal sambil menyelipkan sapu tangan itu dengan paksa di tangan via.
"Tolong jangan terlalu baik sama gue yo" kata via lirih, rio cuma tersenyum sambil duduk di sebuah kursi.
"Gue baik karena emang gue orang baik vi" kata rio sambil ngajak via duduk di sampingnya.
"Gue serius yo"
"Gue juga, gue emang ehm...gue..emang..gue...sayang..sama lo.." ucap rio terbata-bata, via enggak kaget, dia enggak bisa bohong kalo dia juga ngerasain sinyalnya rio.
"Tapi bukan berarti gue bakal maksa lo jadi cewek gue vi, gue tahu enggak akan ada yang sanggup gantiin iel, dan gue juga enggak akan pernah bisa gantiin iel, karena gue rio bukan iel" sambung rio lagi, via hanya mendengarkan.
"Gue tulus pengen temenan sama lo, tolong lihat niat gue yang cuma mau jadi sahabat lo, gue enggak akan nuntut lebih dari itu kalo hal itu cuma bisa bikin lo sedih" via tertegun, dia tahu cowok di sampingnya ini terlalu baik, tapi via bahkan tidak bisa mengendalikan hatinya sendiri, semuanya masih tentang iel, bukan rio.
"Maafin gue yo"
"Buat apa ? buat cinta gue yang masih belum lo terima ? tenang aja vi, gue itu sabar kok orangnya, siap dah gue nungguin lo sampai kapanpun juga" rio kembali ngasal, tapi itu udah bisa bikin via tersenyum. Enggak berapa lama kemudian, shila, agni, riko, cakka, obiet, alvin dan aren datang nyusulin mereka.
"Via sori, tadi kita beneran enggak maksud buat..."
"Enggak kok shil, gue yang lagi sensi" via memotong kata-kata shila lalu memeluknya diikuti oleh agni.
"Kita enggak akan pernah lupain iel vi" timpal obiet. Rio yang merasa bahwa mereka lagi butuh waktu privat buat ngenang iel, mutusin buat keluar, sebenernya dia pengen ngajak aren, tapi melihat tangan aren dan alvin yang terus-terusan nempel, rio jadi mengurungkan keinginannya.
"Gue ngunjungin makam dia sesering gue ngunjungin makam nyokap gue" sahut alvin, aren hanya mengangguk, dia selalu menemani kegiatan rutin duaminggu sekalinya alvin itu.
"Gue masih berharap nemuin dia duduk di samping gue" ujar riko.
"Setiap gue main basket, gue selalu berharap dia yang ngasih operan bola ke gue buat gue shoot" sambung cakka. Via memandang teman-temannya, dia merasa malu sendiri.
"Sori, gue udah egois" kata via lirih, semuanya menggeleng kompak.
"Enggak vi, kita semua kangen semua iel, kita kan udah janji ngadepin ini sama-sama" balas agni sambil tersenyum.
"Iya, gue tahu, iel pasti enggak pengen lihat gue kaya gini. Lho, rio mana ?" via dan semua baru menyadari kalo rio udah enggak ada di ruangan ini.
"Kapan tuh anak perginya ?" tanya alvin entah kepada siapa.
"Aren, maaf ya, kalo gue udah nyakitin rio"
"Enggak lah kak, kak rio pasti ngerti kok, dia juga bukan model orang yang ngambekkan" kata aren sambil tersenyum.
"Nanti gue ke rumah lo deh, gue bawain kue coklat, buat dia"
"Kak, maaf. Sebenernya kak rio enggak suka kue coklat, lebih tepatnya enggak suka coklat" semuanya menatap aren, enggak ngerti apa yang aren omongin barusan, terutama via.

Komentar

Postingan Populer