Another Way to Love Part 7

Entah sudah untuk keberapa kalinya, yang jelas melirik jam tangannya udah jadi hobi iel selama kurang lebih satu jam ini. Nasib punya temen super sibuk kaya rio adalah siap nungguin lama setiap janjian. Karena udah terlanjur suntuk, iel pun memutuskan untuk keluar dari kamar rio.
“Kak iel ?” iel terdiam, bukan karena acha memanggilnya, tapi karena sesosok mahluk cantik di samping acha.
“Kak ? hoiii..kak iel !” acha melambaikan tangannya di depan iel.
“Eh.. iya ada apa ? oh ya, lo yang waktu itu kan ya ? masih inget kan sama gue ?” tanpa menggubris acha sedikitpun, iel malah melempar senyumnya untuk cewek tersebut.
“Ren, lo kenal sama kak iel ?” tanya acha bingung.
“Kenal cha..maaf ya kak, gue enggak tahu kalo lo kakak kelas” ujar aren sambil tersenyum, yang bikin iel meleleh.
“Enggak apa-apa, gue belom tahu siapa nama lo ? ren siapa ? rena ? reni ? karen ? iren ?”
“Buset dah kak, lo nanya apa ngabsen ?” timpal acha.
“Kenalin kak nama gue aren” aren menyodorkan tangannya, iel membalas itu sambil tersenyum. Tapi senyum itu langsung padam saat iel ingat bahwa aren udah punya pacar.
“Tadi senyum-senyum sendiri, sekarang malah diem, aneh lo kak. Eh ngapain disini ? emang kak rio udah pulang ?”
“Ya ampun cha, udah sejam gue nungguin kakak lo, tadi dia bilang gue duluan aja kesini terus entar dia nyusul, eh sampe sekarang enggak nongol-nongol itu bocah” gerutu iel.
“Kaya enggak tahu kak rio aja lo kak, eh udah ya, gue sama aren mau ke kamar dulu” pamit acha sambil narik aren ke kamarnya, sementara iel masih aja tetep memasang senyumnya untuk aren. Kalo enggak kebawa gengsi, rasanya iel pengen ikutan acha sama aren aja, biar dia enggak bosen dan bisa terus menikmati senyuman aren.
“Kok masih disini kak ?”
“Lo sendiri ngapain balik kesini ?”
“Gue mau ngambil minuman sama cemilan buat aren..” iel ngekorin acha ke dapur, acha sampe bingung sendiri ngelihat ulah temen kakaknya ini.
“Cha, ehm..itu..si aren, udah punya pacar ya ?”
“Pacar ? kenapa ? naksir lo kak sama dia” goda acha.
“Iya cha, seratus buat lo. Gue suka sama dia, tapi sayang ya udah ada yang punya...”
“Hah ? apaan sih kak, setahu gue dia masih jomblo. Lagian enggak mungkin juga aren punya pacar terus enggak cerita ke gue” kata-kata acha serasa angin surga untuk iel.
“Serius ? lha terus yang waktu itu dia bilang pacarnya siapa dong ?”
“Waktu itu kapan ? kakak kenal aren dimana sih ?” iel langsung menceritakan kejadian tempo hari yang membuatnya bertemu dan langsung jatuh cinta ke aren.
“Masa sih aren bilang gitu ?” komen acha setelah ia mendengar cerita iel.
“Iya acha. Gini aja deh, lo tanyain ya sama aren, entar kasih tahu gue, gue tunggu di kamarnya rio deh, entar lo gue kasih coklat dah” bujuk iel.
“Mau lo ! ya udahlah, tunggu gue di kamar kak rio sana..” iel tersenyum lebar. Acha langsung masuk ke kamarnya, duduk menghadap aren yang sedang sibuk melihat-lihat majalah acha.
“Ren, lo udah punya pacar emangnya ?” tanya acha lansung.
“Kak iel ya ?”
“Hehe, iya, dia penasaran tuh sama lo. Tapi lo beneran udah punya pacar ?”
“Belomlah”
“Terus kenapa bilang gitu ke kak iel ?” aren menatap acha yang terlihat begitu antusias bertanyanya, aren pun menutup majalahnya.
“Kak iel anak vendas kan cha ?” acha hanya mengangguk menjawab pertanyaan aren.
“Kak riko aja suka sewot sendiri sama persahabatan kita, cuma gara-gara kakak lo vendas, dan bisa di bilang vendas itu punya keluarga lo”
“Maksud lo, lo enggak mau ka iel jadi ada masalah sama kak riko ?” tanya acha yang baru mengerti pikiran aren.
“Iya cha, waktu gue tahu dia anak vendas dari blazernya, gue udah tahu, kalo gue sama dia, cuma bakal ngeruh-ngeruhin keadaan aja”
“Tapi kalo sekedar temenan enggak apa-apa dong ren, kayanya kak iel suka sama lo”
“Haha, ngaco lo ! gue mau serius un dululah, males ngurusin kaya gitu”
“Hmm, terserah lo deh, asal jangan abis ini, lo minta-minta ke gue buat deketin kak iel ya”
“Oke deh..”
“Ya udahlah, gue mau keluar dulu, tadi cemilannya enggak kebawa” acha beralasan, padahal yang terjadi sebenernya adalah, acha pergi ke kamar rio untuk bertemu iel yang udah nungguin ceritanya dari tadi. Tanpa basa-basi, acha langsung menceritakan semuanya, sementara iel hanya bisa menghela napas, ia tahu, ini tidak mudah.
“Gitu kak katanya aren” ujar acha mengakhiri ceritanya.
“Riko ? hah..susah banget kalo gini caranya gue ngedeketin aren”
“Semangat dong kak, jodoh kan enggak akan kemana”
“Iya tapi kalo aren adeknya riko, gue sama aja kaya mancing perang dunia cha”
“Terserah lo deh kak, gue sih setuju-setuju ajalah. Sekarang gantian bantuin gue dong kak”
“Apaan ?”
“Jangan ketawa ya tapi”
“Iya, apaan ?”
“Kak cakka ngajakin gue ketemuan...”
“Ya udah sih tinggal ketemu aja apa susahnya ?” potong iel yang bikin acha sebal.
“Belum selesai kak, kak alvin enggak ngijinin gue pacaran. Padahal kan kak cakka temennya kak alvin ya”
“Terus gue harus ngapain ?”
“Rencananya sih, gue sama aren mau jalan besok pulang sekolah, terus entar kakak sama kak cakka juga jalan gitu, jadi biar kesannya kita enggak sengaja ketemu”
“Sama aren ?” tanya iel semangat.
“Iya, gimana ?”
“Sip, gampang itu sih, kabarin ajalah”
“Oke. Ya udahlah gue balik  ke kamar, entar aren curiga lagi”
“Makasih ya cha”
“Sama-sama kak”
***
Seperti biasa, hanya ada rio dan shilla di ruang osis kali ini. Sebagai ketua dan wakil, mereka memang jadi lebih sering menghabiskan waktu bersama-sama. Meski sibuk dengan tugas mereka masing-masing, hal ini tetap tidak menghalangi shilla untuk terus memperhatikan raut wajah rio, yang terlihat tegang dan tidak ramah seperti biasanya.
“Lagi ada masalah yo ?” tanya shilla. Rio menatap shilla, lalu ia hanya menggeleng.
“Hmm, lo lupa ya ? gue ini ‘tong sampah’ buat anak-anak di sekolah lho. Gue tahu, mana yang beneran ada masalah dan enggak” shilla menarik kursinya untuk lebih dekat ke arah rio, rio menatapnya sekali lagi. Kata-kata shilla membuatnya tertarik, lagian dia udah enggak tahan juga nahan apa yang dia rasain di hatinya.
“Via sama alvin shil..”
“Kenapa ?”
“Dua malem lalu gue ngelihat via senderan di bahunya alvin, wajar kan kalo gue cemburu ?”
“Inget enggak yo, lo pernah bilang sama gue, kalo via itu orang yang paling ngerti sahabatnya, dan via sama alvin sahabatan kan ? mungkin kemarin, mereka berdua cuma lagi curhat, dan ya via cuma terbawa sama suasana”  
“Gue juga udah berusaha positif think shil, tapi hati gue panas banget”
“Kalo gitu kenapa malam itu lo enggak datengin mereka aja, dan langsung tanya sama mereka apa yang lagi mereka lakuin”
“Gue..karena gue tahu, alvin lagi butuh via saat itu, dia abis berantem sama bokap gue”
“Nah itu lo tahu. Cemburu itu wajar yo, itu namanya lo beneran sayang sama via, tapi kaya yang selalu lo bilang kan, alvin sama via sahabatan, dan lo percaya sama mereka” shilla tersenyum ke arah rio. Sesungguhnya ada beribu alasan dan teori di otaknya, tentang hubungan alvin dan via yang menurutnya memang lebih dalam dari seorang sahabat, tapi shilla benar-benar enggak tega kalo harus melihat rio terpuruk saat ini.
“Entah kenapa, mulai ada rasa ragu yang muncul di hati gue shil..”
“Yo lihat gue..” shilla menarik tangan rio, dan memaksa rio menatap matanya “Lo cukup percaya sama hati kecil lo, karena hati kecil lo, adalah hal yang paling jujur, dan kejujuran itu yang akan ngebimbing lo buat terus maju dan nentuin langkah lo” lanjut shilla lagi.
Mata shilla dan mata rio bertatap-tatapan cukup lama, tanpa rio sadari, jantung shilla berdegup kencang dengan hebatnya. Rio menatap mata itu, menyerap kata-kata shilla, dan kesejukan mengalir di otak dan darahnya, perasaan aneh yang tidak pernah rio tahu sebelumnya.

Sesuai seperti apa yang telah iel dan acha rencanakan. Sepulang sekolah hari ini, mereka berempat bertemu di sebuah mall. Aren sebenernya ingin menolak, karena ia betul-betul tidak ingin menambah  masalah lagi antara vendas dan vailant, tapi karena bujukan dan paksaan acha, aren pun menyetujui itu. Cakka langsung mengajak acha buat makan di sebuah kafe dan iel tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk jalan berdua sama aren.
“Kenapa ya cha, alvin enggak suka gue deketin lo ?”
“Enggak tahulah kak, emang kakak enggak nanya langsung ke kak alvin ?”
“Dia aja ogah-ogahan gitu kalo gue mau ngobrol tentang lo. Lagian lo kaya enggak tahu alvin kaya apa sih cha..”
“Setahu gue, kak alvin cuma bilang kalo gue masih kecil dan belum saatnya buat pacaran, jadi ya gitu deh”
“Jadi kesempatan buat gue ketutup nih ?” tanya cakka melas.
“Hah ? apaan sih kak”
“Ayolah cha, emang sms-sms gue setiap hari ke elo kurang jelas apa ?”
“Maaf kak, lagian gue masih mau serius belajar buat un dulu”
“Ya udahlah, gue juga enggak pengen hubungan gue sama alvin jadi renggang, kita jalananin aja cha, mau gimananya sih, terserah nanti”
“Iya kak. Lagian bener kata kak alvin, gue masih kecil, gue masih harus lebih serius sama sekolah gue dulu”
“Iya-iya gue ngerti..” ujar cakka sambil mengacak-ngacak rambut acha yang tergerai rapi. Acha enggak bisa ngapa-ngapain kecuali pasrah. Acha enggak mau munafik kalo dia tertarik sama cowok ganteng di depannya ini, tapi acha juga enggak pengen ngecewain alvin, karena acha tahu dengan jelas, kakaknya itu, udah ngalamin banyak kekecewaan di dalam hidupnya dia. Sementara itu, aren dan iel cuma jalan-jalan tanpa tujuan yang jelas.
“Lo adeknya riko ya ?”
“Iya..”
“Tapi bukan berarti kita enggak bisa temenan kan ?”
“Gue cuma enggak pengen nambahin masalah kak”
“Iya ta...lari ren !” aren bingung, kenapa tiba-tiba iel narik tangannya dia dan ngajak aren lari. aren cuma bisa pasrah dan mengikuti iel, iel mengajaknya masuk ke balik pintu tangga darurat.
“Ada apaan kak ?”
“Sstt..” iel meletakkan telunjuknya di bibir aren. Keadaan menjadi hening untuk beberapa waktu.
“Apa lo enggak sadar, kalo tadi ada anak pake blazer vailant yang ngelihat kita dan mereka ngikutin kita” jelas iel, yang membuat aren langsung paham, kemudian matanya tertumbu pada iel.
“Harusnya kakak enggak pake blazer kakak, dengan kaya gitu, mereka enggak akan curiga”
“Maaf ren, gue lupa..” ujar iel yang baru sadar, kalo blazer itu masih melekat di badannya.
“Enggak apa-apa kak, harusnya gue yang minta maaf, makasih, kakak udah ngajak gue lari karena gue enggak sadar sama sekali” iel hanya membalas ucapan tulus aren itu dengan senyumnya. Aren berdiri, mengecek keadaan dari kaca yang ada di pintu, sementara diam-diam, iel terus memperhatikan wajahnya aren.
“Kak, kayanya mereka udah enggak ada deh, kita keluar yuk..” tanpa sadar aren menarik tangan iel, iel yang reflek karena kaget menahan tangannya, membuat aren mengalihkan wajahnya ke arah iel, dan iel menatap wajah aren.
Aren menatap mata itu, melihat senyuman yang menawan yang terlukis di bibir iel. Iel pun melakukan hal yang sama, menikmati wajah cantik dan senyum aren yang indah.

Entah apa yang ada di pikiran alvin saat ini. Dia sendiri tidak ingin mengerti, buatnya hidup adalah hidup yang cukup dijalani, bukan sesuatu yang harus di penuhi oleh sejuta impian dan cita-cita. Bukannya alvin tidak mempunyai cita-cita, dia hanya tidak ingin banyak berharap. Buatnya, hidup telah banyak tidak berpihak padanya.
“Maaf vin, udah lama ya ?” alvin hanya menggeleng, via tidak menggubris itu, dia ikut duduk di samping alvin, ikut diam memandangi air danau yang tenang, yang tampak tanpa gejolak apapun.
“Semalam gue mimpiin nyokap gue vi..” ujar alvin lirh, via mengalihkan wajahnya ke alvin. Hanya saat berbicara tentang mamanyalah, alvin terlihat lebih manusiawi.
“Bagus dong, pasti lo lagi kangen berat ya..”
“Kangen banget vi. Menurut lo, kalo nyokap gue enggak meninggal saat ngelahirin gue, apa bokap gue enggak bakal negbenci gue ?”
“Lo ngomong apa sih vin, nyokap lo udah tenang disana. Dan gue rasa enggak ada orang tua yang bener-bener ngebenci anaknya”
“Bokap gue selalu benci sama gue, selalu. Gue bahkan enggak heran kalo bokap gue enggak pernah ngegendong gue saat gue masih bayi..” via menatap alvin dengan ekspresi bingung, alvin hanya tersenyum sekilas.
“Nyokap gue meninggal, dua jam setelah ngelahirin gue, karena pendarahan hebat. Dan seminggu setelah itu, gue tinggal di rumah oma, sama oma, bukan sama bokap gue. Sampe saat umur setahun tiba-tiba bokap gue mutusin buat nikah lagi, saat itu gue enggak ngerti apa-apa, enggak tahu apa-apa. Sampe saat gue umur empat tahun, oma gue mulai sakit-sakitan, dan akhirnya bokap jemput gue. Gue masih inget, saat itu gue lari ke arah mobil bokap gue, rasanya gue pengen meluk dia, tapi apa yang gue dapet vi ? dia bahkan enggak mau lihat mata gue, dan itu pertama kalinya, gue sadar kalo bokap gue benci sama gue...” alvin menghela napasnya sejenak, via menggenggam tangan alvin. Di mata via saat ini, orang yang sedang duduk disampingnya bukanlah alvin si jagoan melainkan seorang anak yang rindu akan kasih sayang.
“Sampai di rumah, gue ngerasa marah banget sama nyokap gue, mamanya rio. Tapi entah kenapa, gue enggak bisa ngebenci rio sedikitpun, apalagi acha, gue sayang banget sama dia. Seiring waktu, bokap gue udah sering ngehukum gue, dan nyokap gue selalu siap sedia buat ngelindungin gue, saat itulah gue baru sadar kalo rasa marah gue ke nyokap, enggak ada gunanya” lanjut alvin lagi. Via sudah sering sekali mendengarkan curhatan alvin tentang masalahnya dengan papanya, meski alvin bisa dibilang termasuk tertutup untuk masalah seperti ini. Tapi baru kali ini, via melihat gurat kesedihan yang dalam dan tampak jelas serta nyata di wajah alvin.
“Sabar ya vin, gue tahu lo kuat, gue tahu lo bisa buktiin suatu saat nanti, kalo alvin itu hebat” hibur via tulus, hanya sebaris kalimat itu yang mampu diucapkannya, dia sendiri merasa getir mendengar cerita alvin.
“Makasih ya vi, udah mau nemenin gue”
“Kapanpun vin..”
“Lo tadi balik bareng rio ?”
“Iya, enggak tahu kenapa, dia minta gue buat nungguin dia pulang”
“Apa dia cemburu sama gue ?”
“Cemburu buat apa ?”
“Kedekatan kita vi, gue tahu enggak seharusnya gue lebih sering berdua sama lo, ketimbang lo sama rio, apapun yang terjadi, rio lebih berhak atas lo dibanding gue” via merasa hatinya sedikit perih mendengar kata-kata alvin tersebut.
“Gue yang paling berhak atas diri gue vin, dan gue cuma mau nemenin lo doang”
“Kita harusnya mulai ngejaga jarak vi, gue enggak akan masuk di antara lo sama rio, gue enggak akan ngancurin hubungan dua orang yang sangat berarti buat hidup gue. Mulai sekarang, lo harus lebih sering sama rio ketimbang sama gue vi..” ingin rasanya via menolak permintaan alvin, tapi ia tidak mau tampak konyol dan membuat alvin curiga.
“Iya vin gue tahu..” alvin tersenyum mendengar jawaban via.
‘maafin gue vi, gue cuma enggak mau keegoisan gue bikin rio atau siapapun sakit atas ulah gue’ ucap alvin dalam hati di balik senyumnya.

Komentar

Postingan Populer