Cinta Nano-nano part 12

@ taman.

Rio ngajakin aren duduk di salah satu bangku taman, nggak jauh shilla sama ify nguping pembicaraan mereka.

“ ren, maaf kalo gue terlalu to the point sama loe, apa loe beneran suka sama gue?” rio memulai pembicaraan.

“ iya! Gue beneran suka sama loe, bahkan gue cinta banget sama loe.” Jawab aren agak keras.

Hati ify yang denger dari jauh jadi panas banget. Shilla gandeng tangan ify, shilla tau yang ify rasain saat ini, dia juga tau kenapa ify tadinya nggak mau ikut, ify takut kalo dia nggak sanggup liat rio deket sama cewe lain yang terang2 suka sama rio, tapi ify tetep nggak mau egois.

“ tapi maaf ren, gue nggak bisa bales cinta loe, waktu itu gue nggak ada maksud apapun kecuali nolong loe dan mengurangi rasa bersalah gue ke loe gara2 gue hampir nabrak loe, maaf kalo loe jadi nangkepnya lain.” Rio berhenti ngomong sebentar gara2 liat aren mulai nangis, dia ulurin sapu tangannya.” Buat usap air mata loe! Loe masih sanggup denger penjelasan gue?” aren ngangguk.” Di hati gue Cuma ada 1 cewe, dia ify, cewe yang waktu itu, gue cinta banget sama dia, gue udah janji sama dia bakal setia dan jagain dia apapun yang terjadi, gue tau loe juga cewe, loe bisa bayangin perasaan ify sekarang, kalo dia liat cowo yang paling dia sayang, yang dia cinta banget duduk berdua sama cewe yang jelas2 suka sama cowonya, tapi dia iklas biarin gue jelasin semua sama loe, bahkan dia yang nyuruh gue ke sini.” Lanjut rio pelan2.

“ yo, apa gue salah suka sama loe? Gue salah cinta sama loe? Dan loe tau begonya gue sampe bisa mikir kalo gue bakal iklas loe jadiin yang kedua biarpun loe nggak cinta sama gue?!” Rio kaget denger pangakuan aren.

Air mata ify bener2 nggak bisa ditahan denger pengakuan aren, dia nangis di pelukan shilla.

“ fy maafin sodara gue ya! gue tau loe kuat!” bisik shilla.

“ ren, tapi maaf, gue beneran nggak bisa bales perasaan loe atau terima tawaran loe! Gue laki2 dan gue harus tepatin apa yang udah gue ucapin, dan gue tau loe bakal lebih tersiksa seandainya loe bisa milikin gue tapi loe nggak milikin hati gue! Hati gue seutuhnya punya ify.” Jelas rio.” Gue bersedia kok jadi temen loe, sahabat loe, atau kakak loe, tapi gue mohon loe jangan minta lebih, itu Cuma bakal buat loe sakit hati terus2an ren.”

Ify nggak tahan dan dia keluar, shilla berusaha nahan tapi nggak bisa, akhirnya dia ikutan keluar.

“ aren, gue ijinin loe temenan atau sahabatan sama kak rio, loe juga boleh anggep dia kakak loe.” Kata ify.

“ gue terima tawaran loe.” Jawab aren pelan.” Yo, boleh gue peluk loe?” tanya aren pelan, terus dia liatin mata ify, ify nunduk yang dianggap persetujuan sama aren. Aren peluk rio.

Rio ngelirik ke ify yang lagi nunduk nggak sanggup liat cowo yang dia sayang malah dipelukan cewe lain, kali ini ify bener2 ngrasain yang namanya cemburu, sakit hati yang bener2 sakit. Tangan kanan rio pegang tangan ify buat kuatin ify. Aren lepas pelukannya.

“ makasih fy, makasih yo.” Ucap aren.” Gue permisi.” Pamit aren terus dia jalan.

“ biar kita anter.” Jawab ify cepet, lagi2 bikin mata rio sama shilla melotot nggak ngerti. “ loe kan udah jemput aren, aturan loe balikin lagi dia ke rumahnya.” Kata ify ke rio.

Rio nganter aren pulang, kali ini didalem mobil ada 4 orang, rio yang lagi nyetir, ify yang duduk disampingnya, sama shilla dan aren yang duduk dijoke belakang.

Setelah nganter aren, rio nganter shilla pulang.

@ depan rumah shilla.

“ kak rio, ify, makasih ya, gue juga minta maaf banget kalian dan hubungan kalian jadi kebawa sama masalah gue.” Ucap shilla tulus dari luar kaca mobil sebelah ify yang kebuka.

“ iya! Nggak papa! Toh kan emang awal masalahnya gue.” Jawab rio.” Kita pamit ya shil, sory nggak sempet mampir, salam buat orang rumah loe ya!” pamit rio. Setelah dia tutup cendela dia jalan.

Di jalan.

Ify Cuma nunduk sambil mainin jarinya, nggak kaya biasanya yang udah bawel setengah mati ngomongin apa aja, apalagi sekarang mobil rio lagi kotor2nya dan berantakan abis. Biasanya ify udah ceramah panjang lebar, kali ini dia diam tanpa kata.

“ sakit banget ya fy rasanya?” tanya rio. Ify Cuma liatin rio bentar terus dia nunduk lagi.” Pasti sekarang hati loe lagi nyut2an, nyeri nggak enak banget, gimana gitu kan?” tebak rio yang 100% bener.

“ emang hati gue kesleo apa?” kata ify pelan.

“ gue tau sekarang loe lagi bingung sama perasaan loe.” Kata rio lagi sambil naro tangannya di kepala ify.

“ kak, loe tau apa yang gue pikirin saat ini ?”

“ nggak! gue kan belom pernah berguru sama deddy corbuzier buat baca pikiran.”

“ apa loe masih tetep nolak permintaan aren buat jadiin dia yang kedua walopun loe nggak cinta sama dia seandainya gue nggak ada disitu ?”

“ menurut loe gimana ?”

“ kak rio..” kata ify sebel.

“ kayanya emang sia2 deh nolak aren, dia cantik, dia juga rela nglakuin apapun buat gue, tapi sayangnya gue udah ngrasa kalo loe itu anugrah terindah yang diberikan tuhan buat gue, masak gue mau gadein itu gitu aja? loe masih percaya sama gue kan?”

“ basi deh gombalan loe!”

“ siapa bilang gue lagi nggombal? Gue tulus tau.”

“ nggak percaya! Gue butuh bukti bukan janji!”

“ ya udah! Terserah loe aja! Emang gue harus buktiin kaya gimana? Everything i do for you dah!”

“ terserah loe juga buktiinnya gimana!”

“ hhe..aneh loe! makan es krim yuk! Biar adem pikiran kita.” Usul rio.

“ boleh! Di depan ada kedai es krim enak banget! Gue sering kesana.” Jawab ify semangat lagi.

“ loe denger es krim semangat banget sih fy? Senengan mana denger kata es krim sama denger kata mario?”

“ enak tau! Cuma orang bego yang nggak doyan es krim, em..buat loe sama es krim, tinggal mood gue aja! Sekarang gue lebih seneng dan lebih mood denger kata es krim.” Jawab ify yang udah kumat bawelnya.

“ jadi mending es krim ni daripada gue?”

“ untuk saat ini sih gitu kak!”

“ rese loe! Aturan kalo loe cinta sama gue, gue salalu berarti dong buat loe, kapanpun, ini malah es krim lagi saingannya.” Rio sewot.

“ aturan darimana tu? Kayanya gue belum teken kontrak buat tu aturan deh?”

“ rese loe!”

“ loe yang rese buat aturan nggak jelas!”

“ rese!”

“ rese!”

“ loe !”

“ loe !”

“ loe !”

“ terserah deh !”

“ udah nyampe, mau turun nggak loe?” tanya rio jutek sambil buka pintu mobilnya.

Mereka masuk ke kedai es krim, bangunannya masih jadul banget. Setelah pesen ify sama rio duduk di meja deket stage kecil yang diatasnya ada piano.

“ kak, loe tau nggak cita2 gue?” tanya ify sambil liatin piano di meja.

“ setau gue loe pengen jadi pianist terkenal, bener nggak ?” tanggap rio sambil ikut liatin piano di meja.

“ kok loe tau?”

“ tar gue bilang gue nggak tau, loe ngambek sama gue gara2 loe kira gue nggak care sama loe.”

“ ya loe tau dari mana?”

“ banyak sumber, termasuk nyokap loe, kapan2 loe main buat gue ya!” pinta rio.

“ iya deh.”

“ loe kalo punya cita2 kejar yang bener, gue juga pengen liat loe konser perdana, dengan bintang tamu penyanyi muda yang sangat berbakat mario stevano aditya haling.”

“ tumben ceramah loe mutu? Tapi belakangnya tetep aja narsis!”

“ hha..loe aja yang nggak pernah meresapi omongan gue! Fy gue boleh tanya sesuatu nggak sama loe?”

belom jadi ify jawab pembicaraan mereka dipotong sama pelayan yang nganterin pesenan. Setelah pelayannya pergi.

“ boleh.” Jawab ify disambung nyuap es krimnya.


“ kalo seumpama gue jadi cowo penyakitan dan nggak bisa diandalin, kalo gue nggak seoke sekarang, gue jadi lebih jelek dari sekarang, loe masih sayang nggak sama gue?” tanya rio
becanda setengah serius.

“ loe mau gue jawab jujur atau jawab yang bikin loe seneng?”

“ kalo bisa yang jujur tapi nyenangin gue!”

“ gue kabur kali dari loe.” Jawab ify becanda tapi nadanya serius. Rio melotot.” Nggak lah! Gue sayang sama loe apa adanya loe, gue janji gue bakal tetep terima loe, kalo gue Cuma mau loe yang perfect dan nggak mau terima kekurangan loe namanya gue nggak cinta tapi Cuma obsesi dan itu artinya gue egois.”

“ jawaban loe asik dah fy! terus apa yang bakal loe lakuin kalo seumpama gue nggak bisa penuhi janji gue buat ngejaga loe, buat selalu ada buat loe, bahkan gue nggak bisa jaga diri gue sendiri lagi, apa yang bakal loe lakuin ?”

“ loe kenapa sih kak? pertanyaan loe dari tadi aneh2 mulu?!”

“ pengen tanya aja sekali2, loe jawab dong !”

“ gue bakal tetep berusaha jadi yang terbaik buat loe, mungkin jawaban gue nggak nyambung sama pertanyaan loe, tapi apa kita bakal tau apa yang bisa kita lakuin di depan?” rio Cuma senyum denger jawaban ify.

“ kak nggak tau kenapa kalo gue liat loe gue pasti inget sapi.”

“ eh, enak aja loe nyamain gue sama sapi?!”

“ beneran deh! Apalagi kalo loe lagi cengar-cengir! Hhi..”

“ mending gue kaya sapi daripada loe kaya kebo, suka pasang tapang bloon walopun aslinya emang bloon, malesan lagi!”

“ enak aja loe katain gue kebo?! Dasar sapi jelek!!”

“ kebo!”

“ sapi!”

“ kebo!”

“ sapi!”

“ bentar kak! Kok lidah gue enak ya panggil loe sapi, gue panggil loe sapi ya? Itung2 panggilan sayang gitu?!”

“ ye..nama bagus2, mario, loe ganti sapi! Ogah! Dasar kebo!”

“ sapi..sapi..wleek..” ledek ify kaya anak kecil.

“ abisin yuk es krimnya keburu sore!”

“ tumben loe inget sore? Biasanya yang loe inget Cuma malem, itu aja gara2 pesenan bonyok gue.”


“ hhe..kemajuan dong!” jawab rio sambil nyengir. ‘makanan penutup gue dirumah udah nunggu! Gue telat minum tu obat bisa nggak tidur gue semalem gara2 badan gue sakit semua.’ Pikir
rio.

Setelah nganter ify pulang, rio langsung pulang.

“ rio pulang semua..” teriak rio.

“ makan kak..” jawab ray yang juga teriak. Rio ke ruang makan sambil lemesin badannya yang dari tadi pegel2.

“ pegel ya yo?” tanya bu manda.

“ dikit ma!” jawab rio sambil duduk.

“ jangan kecapekan makanya!” sela pak putra.

“ rio seharian nggak ngapa2in pa, osis libur, rio nggak ngeband, nggak basket pula.” Jawab rio.

“ nggak ngapa2in jam segini baru pulang, dari tadi pagi Cuma pulang minum obat sama ganti baju.” Sela ray.

“ loe kenapa ikut2an mulu?” tanya rio sewot.

“ lah loe dibilangin orang tua ngeles mulu! Sok kuat loe.”

“ jangan diterusin!” sela pak putra.” Yo, sumsum kami nggak cocok sama kamu.” Lanjut pak putra pelan.

“ tenang pa! Masih ada jalan lain kan?” jawab rio sambil senyum.

“ kamu mau kemoterapi yo?”

“ yah, kalo emang jalannya gitu mau gimana lagi? Semoga rio nggak berakhir kaya kakek dulu deh!”

“ loe nunggu gue sampe gue gedean dikit aja kak! dua tiga tahun lagi! gue donorin deh sumsum gue.”

“ heu..” rio menghela napas panjang.’iya kalo gue masih sanggup tahan!’ batin rio. “kok malah ngobrol ayo makan!”

“ besok kita ke rumah sakit ngatur jadwal kemo kamu.” Kata bu manda.

“ iya !” jawab rio sambil nyuap makanannya. Selese makan obrolan berlanjut.

“ pa, ma, besok ray mau latian ngeband buat festival band smp sejakarta, besok pemilihan ketua osis di sekolah, ray jadi calonnya.”

“ jiah! gayanya yang drummer nasional, dapet kompensasi apa lagi loe dari sekolah?” tanggap rio.

“ biasanya ketua osis nggak boleh gondrong gue boleh dong!” jawab ray bangga.

“ hebat loe bro! Eh, tapi emang loe udah yakin loe yang bakal jadi?”

“ yakin dong! Kalian besok dateng ya pas ray manggung!”

“ iya!” jawab rio, bu manda, dan pak putra barengan.

” Asal nggak malu2in aja!” tambah rio.” Eh, ma, rio baru inget besok ada rapat koordinasi buat pensi, kita ke rumah sakitnya sorean ya! masak ketuanya nggak dateng? Nggak lucu dong!”

“ iya, tapi kamu jangan kecapekan! kamu kan punya hak veto buaat berhentiin rapat.”

“ yah mama! Hak veto juga makenya kan kalo urusannya emang udah kelar.”

“ gue kasian sama loe kak!”

“ kenapa emang?”

“ loe kan paling ogah ke rumah sakit gara2 kakek dulu, sekarang loe musti bolak-balik ke rumah sakit, dan..em..loe punya penyakit sama kaya kakek dulu.” Kata ray pelan.

“ emang udah takdir gue kali bro!” jawab rio enteng.


“ kenapa sampe sekarang loe nggak ngeluh sama sekali sih kak? gue pernah baca tentang penyakit loe dan itu kalo kambuh itu sakitnya luar biasa, kaya ditindes tronton, efek leukimia
itu bisa kambuh dibagian tubuh manapun.”


“ soalnya gue belom pernah ngrasain ditindih tronton, gimana gue bisa bilang kaya ditindih tronton, loe kok malah tau rasanya bro? Yang gue tau Cuma satu, gue nggak bakal sembuh
kalo gue ngeluh terus2an.” Jawab rio.

“ Apa loe nggak pernah ngrasain sakit?”


“ sakit bro? Banget! Loe taukan kalo penyakit gue ini bisa kambuh dengan berbagai reaksi, kadang kepala gue kaya diremes2, kadang badan gue tiba2 lemes, perut gue mual banget, badan
gue kaya pengen copot semua, paling ringan pegel2, tapi nggak usah dipikirin! Kalo loe nggak ngrasain juga nggak bakal ngerti, tapi jangan sampe deh loe ngrasain!”

“ sabar ya kak! gue yakin loe pasti sembuh!”

“ amin.” Jawab rio.

Keesokan siangnya.

@ smp tunas negara.

Sedang diadakan penghitungan perolehan suara pemilihan ketua osis, ray ditemenin ozy nunggu pengumuman dikantin sambil makan kacang dengan santainya tapi tetep ngarep kalo dia yang jadi. Dan..jeng..jeng.. diakhir perhitungan guru yang menjadi saksi memberikan pengumuman dari speaker.

“ dan akhirnya ketua osis smp tunas negara tahun ini adalah M. Raynald Prasetya, dan pelantikan akan dilaksanakan pada upacara bendera hari senin”

“ siapa tadi bro?” tanya ray yang bener2 nggak denger.

“ M. Raynald Prasetya.” jawab ozy datar, masih nggak nyadar kalo yang dipanggil itu sohibnya.

“ em..” tanggap ray juga datar, nggak nyadar kalo itu namanya.” Hah? Siapa tadi bro? M. Raynald Prasetya? Itu nama gue kan?” kata ray girang setelah sadar kalo itu namanya.

“ oh iya! Selamat bro!” kata ozy girang juga setelah itu dia peluk ray.

“ ray mamen..loe jadi ketua osis bro!” sorak deva yangbaru dateng abis jadi saksi perhitungan. Terus dia peluk ray.

“ kalian berdua gue masukin kabinet gue ya!?” tawar ray belagak kaya presiden.

“ gaya loe bro!” kata ozy sama deva sambil noyor ray.

“ tapi boleh deh! Itung2 berbakti pada nusa dan bangsa.” Tambah deva.

“ heh! Loe mau jadi pengurus osis doang! Bukan mau jadi mentri.” Kata ozy ke deva.

“ biarin! Siapa tau dari pengurus osis gue bisa jadi pengurus negara?!”

“ gue amin aja dah! Sukur kalo tu mimpi kecapaian!” kata ray.

Olivia sama oik dateng ke kantin nyariin ray buat kasih selamat.

“ ray, selamet ya! jaga tanggung jawab loe!” ucap oik sambil nyalamin ray.

“ makasih oik..” jawab ray sambil senyum.

“ selamat ya ray!” olivia ngulurin tangannya.

“ iya oliv, makasih ya!” jawab ray sambil jabat tangan olivia.

“ jangan disalahgunakan kepercayaan yang dikasih buat loe ya ray!” nasehat olivia sambil senyum.

“ beres miss raynald prasetya.” Jawab ray sambil mainin alisnya.

“ hoek...hoek..” deva sama ozy pura2 pengen muntah.

“ apa loe berdua? Ngiri?”

“ najong dah omongan loe!”

Setelah itu semua anak yang ditemui ray ngucapin selamat.

“ bro, pegel tangan gue, gue pinjem tangan loe dong?!” Bisik ray ke ozy.

“ derita loe deh bro!” bisik ozy sambil terkekeh.

@ sma putra bangsa, kelas d’orions.

Cakka, alvin, sama gabriel lagi bicarain pensi sama pelatih basket, rio lagi nyebar pengumuman buat pengurus osis lain.

“ bro, gue tadi dapet pesen dari pak duta buat cari pelatih basket buat kita lomba nerusin por sejakarta kemaren, kita maju ke nasional.” Alvin memulai pembicaraan.

“ serius loe? Nasional?” gabriel memastikan dengan muka girang.

“ iya! Sekarang siapa pelatihnya?” jawab dan tanya alvin lagi.

“ satu orang yang selalu buat gue kesengsem sama permainan basketnya, gue dulu pernah dibantai abis2an sama sekolah dia, dia kakak kelasnya rio.” Cakka menanggapi.

“ siapa?” tanya alvin sama gabriel barengan.


“ loe masak nggak inget yel? Loe masih inget kapten basket smp tunas negara sebelum rio nggak? Setau gue rio aja kalah telak one on one sama dia, namanya septian kalo nggak salah.”
Jawab cakka.

“ yah, itu juga gue tau dan gue lagi pikirin, tapi setau gue dia lagi di aussy deh!”

“ nggak! Dia udah balik, tepatnya lagi balik.” Sela rio yang udah selese sama tugasnya.

“ udah yo? Loe kenapa? Abis maraton loe?” tanya gabriel ½ kaget liat rio yang agak pucet+keringetnya banyak banget.

“ iya! Loe kira ini sekolah Cuma segede lapangan basket?” jawab rio sambil ngelap kringetnya pake sapu tangannya.” Kalian tadi ngapain ngomongin septian?”

“ kita, tepatnya alvin, disuruh pak duta nyari pelatih basket, nah kita kepikiran kalo minta septian jadi pelatih kita, diakan super jago kalo basket.” Jawab cakka.

“ boleh tu!” tanggap rio semangat.”terus gimana?”

“ ya kalo septiannya ada, kita minta sama dia buat jadi pelatih kita, kan enak juga punya pelatih seumuran, jadi ngerti sama kita, siapa ya yang bisa kasih tau dia?”

“ gue! Gue kan sekarang lumayan sering ketemu sama dia, Emang gue belom pernah cerita kalo septian itu bffnya ify?”

“ belom! Tapi itu sih urusan loe, deal ni kita minta ke septian?” alvin memastikan.

“ deal!” jawab gabriel, cakka, rio kompakan.

“ besok gue kerumah dia.” Tambah rio.” Tar sore jangan lupa rapat, tinggal beberapa minggu ni pensinya.”

“ iya pak ketua !” jawab alvin, cakka, gabriel.

“ kita manggung kan?” tanya cakka ngarep.

“ maunya gimana?” tanggap rio.

“ iya dong!” jawab alvin, gabriel, cakka semangat.

“ oke ! kita manggung!” rio ikutan semangat.” Latiannya abis tes semester II ya?!”

“ oke!” jawab gabriel.

Sorenya.

@ ruang musik smp tunas negara.

Pak chiko lagi ngumumin susunan band.

“ sekarang bapak bacakan personilnya, vokal deva dan olivia, gitar iley dan nyopon, bass ozy, keyboard acha, dan drumm ray.”

Ray, ozy, sama deva malah sibuk bisik2 sendiri.

“ bro kok loe nggak ngomong kalo acha ikutan?” tanya ozy.

“ ya mana gue tau?! Loe manfaatin aja deh !”

“ bro, kok gebetan loe pada ikutan semua, gue bakal dicuekin ni?!” deva ikutan nimbrung.

“ makanya loe cari cewe yang banyak, bisa disini, bisa dirumah!” suruh ray.

“ gue tipe cowo setia kali! Nggak kaya loe! gue tinggal nembak keke, tapi besok aja kalo ozy udah sukses dapetin acha.” Deva nyengir.

“ sekarang latian dimulai!” perintah pak chiko yang membuat obrolan ray, deva, ozy terputus.

Komentar

Postingan Populer