Cinta nano-nano part 8

@ kantin sma putra bangsa.

D’orions sama ify dkk minus shilla lagi ngumpul2.

” kak rio loe udah baikan ?” tanya ify.

” lumayan.” jawab rio datar, aslinya dia ngrasa lebih buruk dari tadi pagi.

“ shilla kemana ?” tanya gabriel sambil clingukan.

“ kak iel, loe ada masalah sama shilla ?” agni menyelidiki.

“ setau gue, gue nggak ada masalah sama dia.” Jawab gabriel datar tapi kepikiran juga.” Dia dimana sekarang ?”

“ dikelas kak ! dia nggak mau keluar, terus dari tadi pagi dia Cuma bengong, nggak ngerti mikirin apaan ! kayanya dia lagi bingung kak.” jawab sivia.


“ kenapa sih tu anak ? ada masalah kok nggak mau cerita, kemaren gue sms sampe jempol gue kaku nggak ada yang masuk, gue telphon sampe kuping gue panas dengerin mbak veronika
shillanya nggak jawab, tadi pagi gue jemput kata pembantunya dia udah berangakat duluan.” Gabriel uring2an.

“ sabar aja kali kak ! barang kali shilla lagi nunggu waktu yang tepat buat cerita.” Sivia berusaha nenangin gabriel.

“ iya ! tapi kenapa ?” gabriel ngeyel.

“ kalo kita tau, kita udah ngomong dari tadi.” jawab agni ikutan jengkel.

” ya udah ! tar dia juga ngomong kalo butuh bantuan kita, jangan maksa dia buat ngomong, setiap orang punya privasi, dan bantu dia sebisa kita kalo dia udah mau cerita!” rio akhirnya berpendapat.

” iya deh !” gabriel akhirnya ikut.

’kak rio itu kaya pawang orang deh ! siapa aja bisa lulut sama dia, kak iel yang orangnya keras aja dengan gampangnya dia lulutin.’ Pikir ify kagum+penasaran kenapa rio bisa kaya gitu.

” ke kelas yuk ! udah mau masuk, kasian shilla sendirian !” ajak ify.

” yuk !” jawab agni sambil ninggal kursinya. Mereka semua langsung balik ke kalas masing2.

Jam pulang sekolah.

@ kelas rio.

Kelas udah sepi, udah pada bubar, tinggal d’orions di kelas.

“ bro gue balik duluan ya.” Pamit rio sambil pergi dari kursinya.

“ are you fine, yo ?” tanya alvin yang kawatir liat muka rio makin pucet, rio Cuma senyum dia terusin jalan. Baru sampe samping meja cakka, rio ambruk tapi nggak pingsan, Cuma ½ sadar, utung ditahan sama cakka.

“ eh, yo! loe kenapa ?” cakka mulai kewalahan nahan badan rio dengan posisi yang tidak menguntungkan soalnya dia tadi asal bisa nolongin rio. Alvin bantuin cakka nahan rio dari belakang terus dia dudukin rio ke kursi.

” gue nggak yakin loe bisa pulang yo !” kata gabriel sambil ngulurin minum ke rio.

“ gue nggak papa !” jawab rio dengan sisa2 tenaga.

“ nggak papa kakek loe kiper ?! badan loe lemes banget yo, panas banget lagi.” Bentak cakka.

“ kakek gue udah meninggal, awas loe ngomongin dia, tar malem dikelonin loe, lagian kakek gue kagak bisa main bola.” Jawab rio masih sempet bacanda.

“ terserah loe aja lah ! loe bawa motor apa mobil ?”

“ motor.”

“ gue bawa mobil kok !” jawab gabriel.

“ bagus kalo gitu ! loe bawa motor rio, gue mau telphon agni suruh bawa mobil loe nganterin rio pulang.” Cakka langsung ambil hpnya dan telphon agni.

“ halo ag.” Kata cakka setelah telphon diangkat.

” halo cak, kenapa ?”

” loe nunggu gue dimana ?”

” gue dikelas kenapa ?”

” loe bisa ke kelas gue nggak ? rio hampir pingsan ni, loe kasih tau ifynya disini aja, tar kelamaan, kasian si rio keburu klenger.”

” oke ! gue kesana.” tutt..tutt..tuut..telphonya ditutup sama agni.

@ kelas agni.

” loe berdua ikut gue !” ajak agni sambil narik ify sama sivia sekalian yang lagi nunggu alvin, shilla udah pulang duluan.

” apaan sih ag ?!” protes ify yang ditarik agak kenceng sama agni.

” kak rio hampir pingsan.” jawab agni sambil terus jalan.

” hah ? terus gimana dia sekarang ?” tanya ify kawatir sambil mempercepat langkahnya.

” tar aja penjelasannya.”

Nggak lama dia udah nyampe kelas d’orions.

” kak rio..loe gimana ?” tanya ify panik sambil pegangin pipi rio. darah dari idung rio ngalir lagi.” loe mimisan kak ?!” ify makin panik, dia ambil sapu tangannya dan ditempelin di hidung rio. rio dongak senderan di kursi biar darahnya nggak ngalir terus, tapi masih ngalir juga.” Jangan dongak kak! Tar darah loe bisa nggumpal di otak! Loe kluarin aja.” Suruh ify yang pernah diajarin hal kaya gini sama septian, rio ikutin kata2 ify.

” pake tisu gue kak !” kata sivia ikutan panik liat sapu tangan ify udah basah sama darah, sambil ngulurin tisunya ke rio. Sekarang giliran alvin yang maraton ke kantin ambil es batu buat kompres. Nggak lama alvin balik lagi bawa kantong kompresan isi es.

Lagi2 tisu satu bungkus ples sapu tangan ify kena darah rio, untung masih mempan dikompres.

” loe udah ke dokter belom yo?” tanya gabriel setelah mimisan rio berhenti. Rio Cuma geleng.” kita ke dokter aja sekarang.”

” jangan! gue males ke dokter mending sekarang loe anterin gue balik! kalo besok belom sembuh baru gue ke dokter.” jawab rio dengan sisa tenaganya.

” loe tu emang keras kepala banget yo! Nggak ngerti gue sama loe!” kata gebriel setengah membentak.

“ udah lah yel! Rio udah gede juga gitu!” cakka menenagkan gabriel,” loe kuat jalan nggak?” tanya cakka ke rio.

“ kuat !” jawab rio sambil berdiri, terus dia jalan, baru beberapa langkah udah mau ambruk lagi, kali ini gabriel dengan cepat langsung mapah rio.

“ udah jalan buruan ! apa jangan2 loe naksir ya sama gue ?! jangan ya yo ! kasian ify kalo loe naksir sama gue ! gue juga udah punya shilla.” kata gabriel pas diliatin rio.

“ najong dah !” kata rio pelan.

” makanya jangan sok kuat loe jadi orang !” lanjutnya.

@ parkiran.

Gabriel nyenderin rio di mobilnya, terus dia buka pintu mobilnya. Rio masuk ke mobil.

“ kunci motor loe mana yo ?” tanya gabriel. Rio nyodorin kunci motor yang dia ambil dari saku celananya.” Agni, loe bisa nyetir kan ?” tanya gabriel ke agni.

“ bisa kak !”

“ loe bawa mobil gue ke rumah rio, gue bawa motornya rio, ify loe jagain rio ! via loe udah ditunggu sama alvin.” gabriel ngasih instruksi satu2.

@ rumah rio.

Gabriel mapah rio ke kamarnya.

“ loe istirahat yo ! jangan mikir tetekbengek dulu ! loe nggak pernah sampe kaya gini sebelumnya.” nasehat gabriel.

“ biasanya gue yang ngomong kaya gitu !” jawab rio sambil senyum maksa.

“ sekali2 alih peran kan nggak papa, masak loe mau jadi penasehat terus ?! gue juga capek kali jadi aktor ganteng terus.” Gabriel narsis.

“ maaf gue udah ngrepotin loe semua.”

“ emang aturannya Cuma gue yang boleh ngrepotin loe ? gue kan udah sering ngrepotin loe !” jawab cakka.

“ sukur deh kalo loe nyadar idup loe ngrepotin.” Kata rio sambil nyengir.

“ nggak gitu juga kali !” cakka sewot.

” pulang sono ! gue pengen istirahat.” suruh rio.

” ngusir ni ?!” kata gabriel pura2 ngambek.

“ tadi yang nyuruh gue istirahat juga elo !”

“ kita pulang dulu yo.” Pamit cakka.

“ iya ! loe juga yel ati2 !” jawab rio.

“ gue belom pamit yo !” gabriel jengkel. Rio Cuma nyengir.” Ya udah gue pulang ! ati2 loe ! Cuma berdua sama ify, jangan macem2 loe sama anak orang !” pamit gabriel panjang lebar.

“ pengennya gue macem2, tapi tenaga gue abis ! hhe..” kata rio lagi.

“ gue pulang yo.” Pamit gabriel lagi sambil keluar kamar.

Ditangga dia ketemu ify yang bawa segelas susu coklat anget sama semangkok bubur.

“ wih..enak tu fy !” kata gabriel dengan mupengnya.

“ buat kak rio ni !” jawab ify sambil menghindarkan makanannya dari gabriel.

“ iya deh ! gue pulang dulu !”

“ ati2 kak !” pesen ify.

“ yoi !”

Ify masuk ke kamar rio dan duduk di samping rio yang duduk senderan, bakinya dia taro di meja samping tempat tidur rio.

“ makan dulu kak biar nggak terlalu lemes !” suruh ify sambil nyodorin buburnya ke rio.

“ suapin dong !” minta rio manja.

“ manja banget sih ! sini gue suapin !” kata ify sambil narik pelan bubur yang dia kasih ke rio. Rio makan dengan lahapnya, abis deh satu mangkok bubur.

“ kak loe beneran sakit nggak sih ?” tanya ify heran.

“ ya iya lah ! kenapa ?”

“ masa orang sakit abis satu mangkok penuh dalam waktu singkat?”

“ abis gue laper banget !”

“ laper apa doyan ?”

“ dua2nya sih ! loe masak bubur aja enak fy !” puji rio.

“ ni susunya diminum biar loe kuatan !” suruh ify lagi sambil nyodorin susu ke rio, lagi2 dalam waktu singkat segelas susu abis.

“ susternya enak ya kak kalo orang sakit kaya loe semua ! nggak pake cape2 bujuk buat makan.” Kata ify tambah heran.” Loe tidur dulu gi ! gue tungguin loe sampe tante manda balik.”

“ loe mending sekarang pulang aja ! gue nggak papa sendirian.”

“ iya kalo loe bisa baikan, nah kalo loe mimisan lagi, mau pingsan lagi ?”

” loe mau gue kaya gitu lagi ?”

” ya bukannya gitu ! tapi kan jaga2 gitu !”

Rio diem, perutnya mual lagi, buru2 dia lari ke kamar mandi takut muntah di tempat tidur. Bener aja sampe kamar mandi rio muntah2 lagi. Ify ngurut punggung rio.

” mending loe buruan ke dokter kak !” suruh ify kawatir sambil tetep ngurut punggung rio. tiba2 alvin masuk dengan paniknya.

” loe kenapa yo ?”

” gue nggak papa !” jawab rio lemes, ujung matanya udah berair.

“ mending sekarang loe gue anter ke dokter !” usul alvin sambil mapah rio balik ke tempat tidur.

“ nggak! Gue paling ogah ke dokter!” kata rio sambil tiduran lagi.

“ ify dari tadi juga udah nyuruh kaya gitu kak, bandel banget kak rionya ! emang segitu ogahnya ya ketemu dokter?” sela ify.

“ pokoknya gue ogah ke dokter ! titik !” jawab rio.

“ keras kepala banget ni anak !” alvin mulai hopeless.” kalo ada apa2 sama loe gimana ?”

” loe berdoa aja biar gue nggak kenapa2 !” jawab rio seenaknya.

” kayanya emang dunia mulai kebalik ! dari tadi pada tukeran peran mulu deh !” ceplos ify, biasanya kalo rio sama alvin kan yang ngotot rio dan yang jawab seenaknya alvin, hari ini kebalik.

” fy, loe udah telphon tante manda belom ?” tanya alvin.

” udah ! katanya lagi di jalan, kak alvin loe tau tempat kompresan nggak ? badan kak rio tambah panas terus tu.” ify balik kawatir.

” haduh, gue juga nggak tau tu ! kenapa tadi loe nggak sekalian tanya ?”

” gue lupa !”

” sekarang mau loe gimana yo ?” tanya alvin yang mulai males ngadepin rio yang kaya anak kecil.

” gue mau istirahat aja !”

” ya udah ! loe tidur ! gue sama kak alvin nungguin loe diluar, kalo loe butuh kita loe tinggal panggil !” kata ify lembut. Ify sama alvin keluar kamar dan rio tidur.

Nggak lama bu manda, mamanya rio pulang. Dia langsung cari ify dengan paniknya.

” rio gimana fy ?”

” dia lagi tidur tante, tadi dia muntah2, di sekolah tadi dia mimisan.” Jawab ify dengan nada sedih.” Tadi mau dibawa ke dokter dia nolak tante.”

“ rio takut sama dokter, apalagi sama alat perawatan rumah sakit.” tante manda malah cerita. Alvin sama ify Cuma liatin penasaran pengen critanya berlanjut.” dulu waktu kecil dia sering tante bawa nungguin kakeknya yang kena leukimia dan sering dirawat dirumah sakit bahkan sampai meninggal di rumah sakit, mungkin karena itu dia trauma, eh, tante kok malah curhat, tante masuk dulu ya !”

” iya tante.” jawab ify sama alvin kompakan.

” orang kaya kak rio itu punya trauma? Masa loe nggak tau kak, loe kan sohibnya dari kecil?”

” yang gue tau Cuma rio ogah ke rumah sakit dari dulu!” jawab alvin. Nggak lama tante manda keluar lagi.

” rionya tidur, panasnya masih tinggi, kalian mending ganti baju dulu !” usulnya.

” alvin disini aja tante, siapa tau nanti tante butuh alvin ?!” jawab alvin.

” ify pulang dulu tante.” jawab ify.

” iya ! ati2 ya fy !” pesan tante manda. Ify cium tangan tante manda terus pulang.

@ rumah ify.

Deva lagi ngobrol sama cewe yang belum ify kenal.

“ eh, ada tamu! Siapa dev?” tanya ify ke deva.

“ ini keke kak, tetengga sebelah.” jawab deva sambil kedipin sebelah matanya.

“ o..jadi ini, pantes! Emang cantik! Hhe..saya ify, kakaknya deva.” Ify ulurin tangannya.

“ keke kak! Kak ify cantik banget!” puji keke balik.

“ hhe..makasih, ya udah! Kakak ke kamar dulu ya, ada tugas.” Pamit ify terus ke kamarnya. Deva sama keke lanjutin ngobrol.

” kamu sekolah dimana sih ke?” tanya deva.

” smp bina nusantara.”

” o..jauh amat?”

” kan deket sama kantor mama, jadinya berangkat sama pulangnya juga tetep gampang, deva, keke belum ngerti daerah sekitar sini terus balum punya temen disini juga, hari minggu deva mau temenin keke keliling komplek nggak?”

” mau banget! Nanti gue kenalin sama temen gue deh!”

“ yang bener?”

“ iya! Beneran, gue kan ganteng jadi nggak pernah bohong!” deva narsis.

“ nggak nyambung deva! Kamu itu lucu banget ya, hhi..” puji keke diterusin ketawa kecil yang bawa deva melayang jauh tinggi ke langit yang biru.

@ rumah shilla.


Gabriel masih mencari kejelasan ke shilla, kali ini dia datengin rumah shilla. Tok..tok..tok.. gebriel ketuk pintu rumah shilla. Bibi inah atau yang biasa dipanggil bi nah, pembantu
rumah shilla bukain pintu.

” eh, mas gabriel ! cari non shilla ya ?”

“ iya bi, shillanya ada ?” jawab dan tanya gabriel ramah.

“ aduh..maaf mas, mbak shillanya lagi nggak mau diganggu.” Jawab bi nah dengan nada sedih+menyesal.

“ ya udah bi, saya pulang dulu ! salam buat shilla bi !” kata gabriel kecewa. Terus dia pulang dengan langkah gontai.

Di dapur rumah shilla.

Bi nah nemuin shilla yang nunggu di maja makan.

” mbak, mas gabrielnya sedih banget keliatannya, bibi jadi nggak enak mbak !” lapor bi nah.

” haduh, maaf ya bi, biar shilla yang nanggung deh !” jawab shilla.

” ya udah mbak ! bibi mau masak lagi.”

Malam harinya di rumah ify.

Ify mutusin buat ke rumah rio besok, dia inget tugas bu winda yang harus dikumpul besok, setiap anak yang tidak mengumpulkan tugas akan dianggap alfa di pelajaran bu winda, udah gitu besok ada ulangan fisika.

Keesokan paginya.

@ rumah rio.

Jarum jam dikamar rio menunjukkan pukul 6. rio bertekat tetep sekolah hari ini, pas dia bangun dan mau mandi kepalanya berat banget.

“ ayo dong ! semangat mario !” rio memberi semangat ke dirinya sendiri padahal dari suaranya aja udah nggak semangat.

Setelah mandi dan ganti baju, rio berdiri di depan kaca buat pastiin tampangnya nggak kaya cucian, tapi kepalanya makin kaya diremes2. dia nggak kuat dan pingsan.

@ ruang makan rumah rio.

Mama-papa ray dan ray lagi sarapan.

” kakak kamu nggak sekolah ray ?” tanya papa ray.

” nggak tau.” jawab ray pelan.

” kamu ajak sarapan dulu sana !” suruh bu manda. Ray langsung ke kamar rio.

@ kamar rio.

“ kak..kak rio..loe disuruh sarapan sama mama !” teriak ray dari luar kamar. Tok..tokk..ray ketuk pintu,” kak loe masih tidur ?” nggak ada jawaban.” Kak gue masuk ya ?!” ray buka pintu. Dia kaget banget liat rio pingsan. Dia lari dan coba bangunin rio, dia pukul2 pelan pipi rio.” Kak bangun kak !” kata ray panik.

“ mama..papa...kak rio pingsan !” teriak ray bingung.

Buru2 papa-mama rio naik ke kamar rio. mereka bertiga gotong royong ngangkat rio ke tempat tidur lagi.

“ minyak ma !” papa rio meminta minyak ke mama rio. Setelah botol di tangan, dia usapin sedikit di bawah hidung rio, dan nggak lama rio bangun.

“ rio ke dokter ya ?!” tawar bu manda kawatir.

“ nggak usah ditawarin kali ma ! percuma ! langsung bawa aja !” sela ray.

“ kamu bangun pelan2 ! papa papah kamu ke mobil.” kata papa rio snewen sambil bantuin rio bangun,’ nggak biasanya rio sampe pingsan.’ Pikir papa rio.” Ray kamu bantuin papa jagain kak rio !” lanjutnya.

” udah jam ½ 7 ni pa.” jawab ray.

“ nggak papa ! nanti mama ijinin kamu sama kak rio ke sekolah.” kata bu manda.

” ray nggak sekolah ni ma ?” tanya ray memelas sambil bantuin papanya mapah rio dari kiri rio.

” nggak ! kamu nggak kasian apa sama kakak kamu ?”

” ya kasian lah ! ini ray tolongin.” mereka sekeluarga ke rumah sakit.

Di rumah sakit.

Dokter ngusulin rio buat cek lab lengkap. Tadinya di suruh opname tapi langsung ditolak mentah2 nggak pake tawaran banding sama rio. setelah selesai pemeriksaan total.

“ kapan hasilnya keluar dok ?” tanya papa rio.

” dua hari lagi, sekarang saya beri obat dulu untuk memulihkan kondisinya.” jawab dokter.

” ngapain pake cek2an segala sih ?! orang rio aja Cuma masuk angin !” sela rio seenaknya, dia masih pringas-pringis kesakitan campur ngeri abis disuntik. Dokternya Cuma cengar-cengir nggak enak denger omongan rio, mau mengemukakan prediksi kalo rio mengidap sesuatu pasti bikin shock dulu sebelum ada bukti.

” loe diem aja deh ! tau apa sih loe ?!” kata ray

” paling nggak yang gue tau lebih banyak dari yang loe tau !” jawab rio nyolot.


” satu..dua..” bu manda ngancem, biasanya kalo rio sama ray melakukan kesalahan termasuk berantem dan setelah mamanya ngitung sampe tiga mereka belom berhenti pasti langsung
dijewer. Seketika mereka berdua diem.

” terima kasih dok, kami permisi dulu.” pamit papa rio terus mereka ke apotek nebus obat. Setelah pemeriksaan kondisi rio jadi lebih jauh baik, dia udah biasa sekarang.

” kak rio..” kata ray sambil numpangin tangannya di pundak rio.

” hmm..”

” loe udah sembuh kak ?” tanya ray heran.

“ kayanya sih gitu.” Jawab rio juga bingung.

“ kok aneh ? obatnya aja belom loe pegang.” Ray makin bingung.

“ gue juga nggak ngerti ! mungkin gara2 trauma malah gue sembuhnya cepet kali ya ?!”

“ iya kali !”

“ kalian malah arisan ! mau pulang nggak ?” sela papa rio.

” mau ! ayo buruan !” jawab rio semangat, dia jalan keluar rumah sakit duluan. Yang lain Cuma geleng2 liatin rio, tadi dia berangkat kesini selecek cucian yang belom desetrika, sekarang udah semangat lagi.

@ kamar rio.

Rio liatin hpnya. 5 new messege. Dia buka satu2 terus dia bales satu2.

From : alvin

Loe kenapa bro ?

*

To : alvin

Collapse ! hhe..

Tapi udah oke sekarang.

-

From : gabriel

Are u fine sob ?

*

To : gabriel

Kalo sekarang gue fine ! :)

Gimana shilla bro ?

-

From : cakka

Lo masih idup kan bro ?

*

To : cakka

Tuhan tadi sms gue,

Rio kamu tenang saja!

Kamu saya panggil sehabis sahabat kamu, cakka.

Hhe..kidding sob !

-

From : ify

Kak rio, lo gimana ?

Lo baik2 aja kan ?

Cepet sembuh dong !

I miss u soo..:(

*

To : ify

Gue baik2 aja !

Ini gue udah sembuh :)

Gue Cuma disuruh istirahat sama dokter.

Miss u 2 fy..^^


Nggak lama ada balesan.

From : cakka.

Sialan lo ! hha..

Gue abis si semprot bu winda.:(

*

To : cakka

Makanya lo kalo sekolah yang bener !

Wkwkwk..

-

From : alvin

Tumben loe pingsan yo ?

Lo udah ke dokter ?

*

To : alvin

Emangnya keren gitu collapse sering2?

Gue udah ke dokter.

*

From : alvin

Hha..bisa aja loe bro !

Gue lagi ulangan bu winda ni,

Iel sialan ! cabut duluan dia.

*

To : alvin

Lo lirik aja bu winda klepek2 vin ! hha..

Good luck deh !

*

From : alvin

Udah nggak mempan !

Bu winda udah canggih,

Udah di design buat jadi guru profesional.

Emangnya bu dila dulu !? hha..

Thanks sob !

-

From : gabriel

Sampe tadi pagi masih ngadat mesinnya sob ! :(

*

To : gabriel

Yang sabar sob !

Keep fight till the end ! hha..

Abis bales sms terakhir, rio ketiduran, efek obat yang dia minum tadi.

Komentar

Postingan Populer