Kenangan Terindah (CERPEN)

 Di pagi yang cerah ini jam telah menunjukkan pukul 06.15 sekarang aku sedang duduk di taman belakang sekolah.. aku sedang menunggu sahabatku.. mungkin bagi beberapa siswa jam segini masih terlalu pagi.. sebenarnya aku juga begitu.. tapi aku ada jadwal piket hari ini makanya aku datang pagi-pagi sekali bahkan waktu jarum jam masih menunjukkan pukul 06.00 aku sudah berada di sekolah ini.. dan sekarang ini aku sudah selesai mengerjakan piket ya semacam nyapu-nyapu halaman, gitu.. atau apalah yang penting kerja..
“Pagi Fy…” sapa sahabatku yang sedari tadi aku tunggu-tunggu.. namanya Mario Stevano Aditya Haling panggil aja dia Rio.. dan namaku Alyssa Saufika Umari panggil aja Ify..
“Pagi Yo…” sapaku padanya.
“Sorry ya Fy, gue gak nemenin lo piket.. soalnya tadi gue ketiduran..” Ucap Rio.. Rio emang biasa menemani ku piket tapi tadi dia gak nemenin aku.. ya kalian udah pada tau kan karena apa dia gak nemenin aku piket.
“Gak papa kok Yo…” Ucapku sambil tersenyum padanya.
“Thanks Fy.. lo emang sahabat gue yang paling baik…” Ucap Rio sambil menggenggam tanganku..
Aku dan Rio udah sahabatan dari kita berdua SD.. menurutku tak ada seorang sahabat yang sebaik dia dan perhatian seperti dia.. aku sangat menyayanginya bahkan aku merasa rasa sayang aku ke dia lebih dari seorang sahabat.. ya kalian sekarang bisa tebak kalo aku mencintainya.. Rio adalah cinta pertamaku aku mulai menyukai dia sejak aku dan dia duduk di bangku SMP kelas 3.. sampai sekarang.. tapi aku tak tau apa dia mencintaiku atau hanya menyayangiku sebagai seorang sahabat.. aku berharap suatu saat nanti aku bisa menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih dengannya.. sekarang Rio sedang bercanda denganku.. Rio selalu bisa buat aku tersenyum.. saking keasyikkan bercandanya aku gak sadar kalo udah bel masuk..
“Fy, yuk masuk.. udah bel tuh..” ajak Rio.
“Yuk..” Ucapku.. aku dan Rio pun berjalan menuju kelas.. aku dan Rio sekelas dan juga sebangku.. sesampai di kelas ternyata bu Winda baru masuk.. Bu Winda adalah guru yang paling aku idolakan.. Bu Winda sangat baik padaku..
“Alyssa, Mario.. ayo cepat masuk..” Ucap Bu Winda.. aku dan Rio pun masuk ke kelas. Pelajaran pun berlangsung.. seluruh murid-murid termasuk aku dan Rio menerima pelajaran dengan baik sampai waktu istrahat.

----------
@ Kantin
“Fy.. lo mau pesan apa.?” Tanya Rio.
“Aku mau pesan biasa aja.. nasi goreng sama es teh..” Ucapku.. Rio pun segera pergi untuk memesan makananku dan dia.
10 menit aku menunggunya akhirnya Rio datang dengan membawa pesanan ku dan dia..
“Ini pesanannya tuan putri..” Ucap Rio, aku tersenyum.
“Apaan sih yo.. kok tuan putri…”Ucapku.
“Hehehe..” Rio malah nyengir..
Saat kita makan kita masih sempat bercanda-canda.. dan kebiasaan kami sehabis makan langsung nangkring lagi tuh di taman belakang sekolah..
“Fy dah habis makannya.?” Tanya Rio.
“Udah Yo..” jawabku.. sambil berdiri.
“Yuk.. ke taman belakang.” Ajaknya.
“Ayok…” ucapku, sambil berjalan bersama Rio menuju taman belakang sekolah.

@ Taman Belakang Sekolah
“Fy duduk disini..” Ucap Rio sambil menunjuk tempat duduk disampingnya. Aku pun berjalan ke situ.. terlihat senyumnya..
“Yo…” Ucapku, Riopun menoleh.
“Kenapa Fy..” Ucapnya.
“Sebenarnya aku pengen banget denger kamu nyanyi pake gitar..” Ucapku.
“Hehehe.. aku pengen banget nyanyi buat kamu tapi jangan sekarang ya Fy..” Ucapnya, aku mengangguk.
“Oke Yo.. aku akan tunggu sampe kamu mau nyanyi..” Ucapku, Rio mengangguk.
Setelah itu.. kami bercanda-canda.. tawa ria terdengar disitu.. aku dan Rio selalu tertawa jika berada di taman ini.. sampai bel masuk pun berbunyi.. aku dan Rio pun segera ke kelas.
Beberapa jam kemudian.. pulang sekolah.
“Fy.. sorry ya gue gak bisa anterin lo pulang.. gue lagi ada urusan nih..” Ucap Rio, aku mengangguk.
“Gak papa kok Yo… tapi jangan lupa ntar malam ya” Ucapku.
“siip Fy… gue duluan ya Fy..” ucap Rio sambil melambaikan tangannya.. aku pun membalas lambaian tangannya..
Aku pun menunggu jemputanku.. dan segera pulang.

_____________ Malam Hari
@ Restoran
“Malam Fy..” sapa Rio yang baru datang…
“Malam Yo…” sapaku balik.
“Udah lama nunggunya Fy.?” Tanya Rio.
“gak kok Yo..” Ucapku.
“Oh iya.. kenapa lo ngajak gue ke sini.?” Tanya Rio.
“Yo sebenarnya aku…” Ucapku terhenti.. aku gugup banget sekarang.. mungkin kalian menganggapku wanita agresif.. tapi aku udah gak bisa nahan perasaanku yang ngeluap.. kalian tau kenapa aku mengajaknya kemari.? Nanti juga pada tau..
“Kamu kenapa Fy.?” Tanya Rio.
“Aku itu sayang sama kamu..’ Ucapku.
“Aku juga sayang sama kamu.. kita berduakan sahabat.” Ucap Rio, sambil tersenyum.
“Tapi aku menyayangimu lebih dari seorang sahabat Yo.. aku cinta sama kamu..” Ucapku, memberanikan diri.
“Maaf Fy.. tapi aku menyayangimu sebagai sahabat.. gak lebih dari itu.. maaf ya Fy..” Ucap Rio.. aku begitu sedih dengan apa yang dikatakan Rio.. tapi aku gak bisa memaksakan perasaannya padaku.. aku berusaha tegar dihadapannya.
“Oh.. gak papa kok yo.. maaf ya aku udah cinta sama kamu..” Ucapku sedih..
“Kok kamu yang minta maaf sih.? Harusnya aku yang minta maaf.. lagian kamu gak salah apa-apa..” Ucapnya, aku mengangguk.
“Oh iya.. kita masih sahabatkan.?” Tanyaku, mengalihkan pembicaraan.. Rio mengangguk sambil tersenyum.. aku pun berusaha untuk tersenyum walau sebenarnya hatiku sakit..

*Skip*
*Skip*
*Skip*

Seminggu t’lah berlalu setelah kejadian di restoran itu, aku begitu bingung dengan sikap Rio akhir-akhir ini.. Rio itu kayak ngehindar dari aku.. sampe-sampe nyapa aku aja kagak.. menurut aku Rio itu udah berubah 180 derajat dengan Rio yang aku kenal selama ini.. aku ngerasa Rio menganggap aku tak ada.. dan dari 3 hari yang lalu Rio gak masuk sekolah tanpa kabar.. aku jadi semakin bingung dan cemas.. apa gerangan yang terjadi padanya.?
Karena aku begitu cemas.. akhirnya aku memutuskan untuk pergi ke rumah Rio.. tapi rumah Rio kosong.. Aku pun berdiri di depan rumah Rio.. tiba-tiba aku kaget karna ada yang memegang pundakku.. aku pun menoleh,
“Rio…” seruku.. tapi orang itu bukan Rio..
“Eh Ify.. aku Iel..” Ucap kak Iel.. dia kakaknya Rio.
“Sorry kak.. aku pikir kakak itu Rio…” Ucapku.
“Kamu mau tau Rio dimana.?” Tanya kak Iel.. aku mengangguk cepat.
“Sini ikut aku..” ucap kak Iel.. aku pun ikut bersama kak Iel..
“kak kok jalannya ke rumah sakit sih.?” Tanyaku bingung.
“emang kita mau ke rumah sakit..” jawab kak Iel.
“ngapain kesana kak.?” Tanyaku yang semakin bingung.
“katanya mau ketemu Rio..” jawab kak Iel.
“Iya aku mau ketemu Rio..” jawabku.
“Makanya kita ke sana.. kan Rio ada disana..”Jawab Iel.
“Oh..” Responku.. kemudian aku terdiam.. aku merasa perasaan yang gak enak.. aku berfikiran negative tentang Rio.. aku berusaha berfikiran positif tapi gak bisa,.. setibanya di rumah sakit.

@ Rumah Sakit
Sesampainya disana aku melihat keluarga Rio sedang duduk.. tapi aku gak melihat Rio..
“Tante.. Rionya mana.?” Tanyaku pada mama Rio.
“Rio lagi ada di situ..” ucap mama Rio.. sambil menunjuk sebuah ruangan.
“ngapain Rio disitu.?” Tanyaku.. aku mencoba berfikiran positif.
“Sebelumnya maaf ya Fy.. tante gak cerita ini ke kamu sebelumnya.. sebenarnya Rio itu mengidap penyakit kanker paru-paru stadium akhir.. sebenarnya tante dan iel mau ngomong ini sama kamu sejak dulu.. tapi Rio memohon sama tante dan iel agar ngerahasiain penyakitnya sama kamu.. Rio sekarang dalam keadaan kritis Fy..” jelas mama Rio yang telah meneteskan air matanya.. Aku terduduk lemas, aku begitu kaget dengan apa yang barusan aku dengar.. Rio mengidap penyakit kanker paru-paru stadium akhir aku gak tau.. aku begitu sedih.. tanpa terasa aku telah meneteskan air mata.. kak Iel berusaha menenangkanku tapi aku gak bisa tenang sampai seorang dokter keluar dari ruangan Rio.
“Apa ini dengan keluarga Rio.?”  Tanya Dokter.
“kami dok..” Ucap mama, papa, & kakaknya Rio.
“dok bagaimana dengan keadaan sahabat saya.?” Tanyaku cemas. Dokter itu kelihatan sedih.
“Maaf.. kami sudah berusaha.. tapi tetap saja..” Ucap dokter itu.. aku begitu kaget dengan jawaban itu..
“Apa maksud dokter.?” Tanyaku.
“Rio sudah tidak bisa diselamatkan lagi..” jawab dokter itu. Aku dan mamanya Riopun menangis papa dan kak Iel pun sedih..
Aku pun segera masuk ke ruang itu.. ku lihat tubuh Rio yang terbujur kaku.. aku pun menangis sejadi-jadinya…
“Hiks hiks.. Rio… kenapa kamu ninggalin aku secepat ini.. aku masih ingin menjalani hidup ini dengan kamu.. kenapa kamu gak pernah bilang kalo kamu ada penyakit kanker.? … Huwa….” Ucapku masih menangis.. kak Iel berusaha menenangi ku… dan papanya Rio menenangi mamanya Rio.
“Fy udah nangisnya.. aku yakin Rio gak mau liat kamu nangis… kamu harus ikhlasin Rio..” Ucap kak Iel.
“tapi kak.. aku gak siap dengan semua ini..” Ucapku..
“Nih, Rio nitipin ini ke kakak..” ucap kak Iel sambil memberikan sebuah kotak kepada ku.. dan aku pun mengambilnya.. dan segera membukanya.. di dalam kotak itu ada secarik kertas  dan sebuah tape recorder.. aku pun segera membaca tulisan di kertas itu..

“ Dear, Alyssa saufika
Fy, sebelumnya maaf ya aku bohongin perasaan aku.. sebenarnya aku juga cinta sama kamu.. aku sayang sama kamu lebih dari sekedar sahabat.. tapi aku gak mau kamu semakin cinta sama aku dan gak bisa relain aku..
Dan maaf juga ya sifat aku berubah sama kamu tiba-tiba, itu semua aku lakuin biar kamu benci sama aku Fy.. agar saat kamu tau aku pergi tuk selama-lamanya kamu bakal tersenyum bahagia bukannya menangis.. aku mohon kamu maafin aku..
Oh iya.. kamu kan pernah bilang kalo kamu pengen denger aku nyanyi pake gitar.?  Kalo iya putar aja recorder ini.. udah dulu ya Fy.. sekali lagi maaf ya.. dan terima kasih atas semua yang telah kau beri padaku..

Salam Persahabatan

  Mario Stevano”

Aku menangis membaca tulisan itu.. aku baru tau kalo ternyata Rio juga cinta sama aku.. tapi kenapa aku tau itu semua saat Rio udah gak ada.?.... Aku pun memutar tape recorder itu.. terdengar suara Rio.

“Hy Ify… pasti lo mau denger gue nyanyikan.? Pasti ia.. Fy gue bakal nyanyiin lagi ini khusus buat lo.. mungkin saat lo denger ini gue udah gak ada lagi.. kalo iya gue minta lo jangan nangis ya Fy.. gue gak suka lo nangis,, jujur Fy lo itu cantik loh kalo senyum.. oke mulai aja nyanyinya.. (Kalian juga harus nyanyi ya..)

‘Berjanjilah wahai sahabatku..
Bila ku tinggalkan kamu.. tetaplah tersenyum
Meski hati sedih dan menangis…
Kuingin kau tetap tabah.. menghadapinya

Bila… ku harus pergi
Meninggalkan dirimu..
Jangan lupakan aku….

Semoga dirimu disana…
Kan baik-baik saja..
Untuk selamanya..
Disini akukan selalu Rindukan Dirimu…
Woowo.. Wahai Sahabatku..’

Fy udah denger aku nyanyikan.. meski aku udah gak ada sama-sama kamu lagi.. kamu akan tetap ada di hatiku.. Oh iya Fy… aku kasih bonus deh dua lagu.. itu lagu yang pertama dan sekarang aku bakal nyanyi lagu yang kedua..

‘Aku yang lemah tanpamu
Aku yang rentan karena
Cinta yang tlah hilang darimu
Yang mampu menyanjungku

Selama mata terbuka
Sampai jantung tak berdetak
Selama itu pun
Aku mampu tuk mengenangmu

Darimu...
Kutemukan hidupku
Bagiku...
Kau lah cinta sejati

Ooh...

Bila yang tertulis untukku
Adalah yang terbaik untukmu
Kan kujadikan kau kenangan
Yang terindah dalam hidupku
Namun takkan mudah bagiku
Meninggalkan jejak hidupku
Yang tlah terukir abadi
Sebagai kenangan yang terindah

ooh’

Gimana fy.? Suara aku bagus gak.? Hehehe.. maaf ya aku hanya bisa nyanyi’in lagu ini.. aku sengaja nyanyi’in lagu ini agar persahabatan kita kan jadi kenangan yang terindah dalam hidup kamu dan aku.. udah ya Fy, aku mohon kamu jangan nangis lagi..” Suara dari tape recorder itu pun habis.. aku berusaha tersenyum untuk Rio.. karena itu adalah permintaan terakhir Rio padaku.

“Yo suara kamu bagus kok.. aku senang banget bisa mengenal kamu sebagai sahabat aku.. dan perlu kamu tau mungkin kamu udah gak sama-sama aku lagi.. tapi kamu akan selalu ada di hati aku.. You Always In My Heart Rio.. dan kamu akan jadi KENANGAN TERINDAH yang aku Rindukan dalam hidup aku selamanya..” Ucapku.. aku pun tersenyum..

-The End-

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer